Pengertian dan Jenis-Jenis Pembawa Acara

Pembawa acara atau pewara adalah sebutan bagi orang yang memandu sebuah acara. Master of Ceremony (MC) dalam bahasa Indonesia disebut pewara. Berikut ini Jenis-Jenis Pembawa Acara.

Pengertian dan Jenis-Jenis Pembawa Acara


SETIAP acara, event, atau kegiatan pastinya memerlukan seseorang untuk memandu atau memimpin jalannya acara. Pembawa acara di radio disebut penyiar.

Seseorang itu disebut pembawa acara atau pemandu acara. Jadi, pembawa acara adalah orang yang memandu jalannya sebuah acara, seperti seminar, dikusi, peringatan, perayaan, dll.

Pembawa acara memerlukan skill atau keterampilan berbicara di depan umum yang disebut public speaking.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Jenis-Jenis Pembawa Acara

Berikut ini jenis-jenis pembawa acara.

1. MC (Master of Ceremony)

MC adalah sebutan bagi orang yang memandu jalannya sebuah acara off air, seperi konser musik, lomba, peringatan, perayaan, dll.

Dalam kamus bahasa Inggris, MC artinya:
  • Seseorang yang bertindak sebagai tuan rumah pada acara formal, membuat pidato penyambutan dan memperkenalkan pembicara lain.
  • Seorang performer yang melakukan program hiburan yang bervariasi dengan memperkenalkan performer lain kepada penonton.

2. Pembawa Acara (PA)

PA adalah orang yang memandu jalannya acara resmi, formal, seremonial, misalnya pelantikan, juga acara wisuda, acara kenegaraan. 

PA digunakan dalam acara yang menggunakan protokoler atau keprotokolan sesuai dengan UU No. 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan. PA merupakan salah satu kelengkapan upacara.

Acara Resmi adalah acara yang diatur dan dilaksanakan oleh pemerintah atau lembaga negara dalam melaksanakan tugas dan fungsi tertentu dan dihadiri oleh Pejabat Negara dan/atau Pejabat Pemerintahan serta undangan lain. 

3. Host

Secara bahasa, host artinya tuan rumah. Dalam kamus bahasa Inggris, host artinya "orang yang menerima atau menjamu orang lain sebagai tamu; bertindak sebagai pembawa acara di (suatu acara) atau untuk (program televisi atau radio)."

Host adalah sebutan dalam bahasa Inggris bagi orang yang menjadi pembawa acara di radio, televisi, dan podcastm seperti talkshow. Pembawa acara radio (penyiar) dan televisi (presenter) juga disebut host.

4. Penyiar

Penyiar adalah orang yang membawakan acara atau program siaran di radio. Penyiar disebut juga radio announcer, radio host, radio personality, dan Radio DJ (Disk Jockey).

5. Announcer

Announcer adalah pembawa acara orang yang bertugas mengumumkan (to announce) beragam informasi di sebuah “audio land” supermarket, pameran, bazar, atau pemandu di arena balapan.

Orang yang mengumumkan petinju atau pegulat yang akan bertarung juga disebut announcer. Announcer juga sebutan bagi penyiar radio, yaitu radio announcer.

6. Presenter

Presenter adalah orang yang membawakan acara di televisi. Di Indonesia, presenter identik dengan penyiar televisi (TV Presenter). Penyiar radio juga disebut presenter, yaitu Radio Presenter.

7. Moderator

Moderator adalah orang yang memimpin, mengatur, dan memandu jalannya diskusi, dialog, debat, seminar, workshop, atau lokakarya.

Dalam sebuah acara diskusi atau seminar, misalnya, ada dua pembawa acara, yaitu MC dan moderator. MC memandu acara secara keseluruhan, sedangkan moderator khusus memandu jalannya diskusi.

Demikian pengertian dan Jenis-Jenis Pembawa Acara.

Anda ingin mahir menjadi pembawa acara, penyiar, MC, podcaster? Yuk, ikuti Kursus RBS.

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post