Pengertian Musik dan Lagu serta Perbedaannya

Pengertian Musik dan Lagu serta Perbedaannya


Apa itu musik? Apa itu lagu? Berikut ini pengertian musi dan lagu serta perbedaan keduanya.

Pengertian Musik

Musik adalah suatu susunan nada atau suara dalam urutan, kombinasi yang menghasilkan bunyi yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan, serta susunan nada yang mengandung irama, lagu dan keharmonisan dalam suatu melodi yang dapat berpengaruh terhadap emosi dan kognisi.

Musik hadir sebagai bahasa yang dapat digunakan untuk berkomunikasi yang mendatangkan kepuasan dan perasaan-perasaan tertentu terhadap nilai-nilai budaya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musim diartikan sebagai: 

(1) Ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan; 

(2) Nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan  keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Kata musik itu sendiri berasal dari sebutan untuk dewi-dewi dalam mitologi Yunani Kuno, Muse, yang bertanggung jawab terhadap perkembangan seni dan ilmu pengetahuan. 

Kata musik dapat didefinisikan sebagai seni mengorganisasi kumpulan nada- nada menjadi suatu bunyi yang mempunyai arti. 

Menurut Kamtini (2005:60), musik adalah bagian dari kehidupan dan perkembangan jiwa manusia”. 

Definisi lain musik merupakan kekuatan dasar yang sangat efektif untuk menenangkan dan mendatangkan inspirasi bagi banyak orang (Ortiz dalam Baidah, 2010). 

Alunan suara nada- nada yang disusun berdasarkan irama tertentu dapat membantu pembentukan pola belajar, mengatasi kebosanan, dan menangkal kebisingan eksternal (Ortiz dalam Baidah, 2010).

Musik adalah karya cipta berupa bunyi atau suara yang memiliki nada, irama dan keselarasan. 

Musik yang dimainkan menjadi komposisi terpadu dan berkesinambungan dapat memberikan pengaruh terhadap emosi dan kognisi. 

Musik adalah karya cipta berupa bunyi atau suara (Jamalus dalam Ismanadi, 2008 : 11), baik suara yang dihasilkan oleh ucapan manusia maupun suara dari alat tertentu (Bonoe dalam Ismanadi).

Lagu adalah bagian dari karya musik dan musik adalah salah satu bagian dari karya seni.

Pengertian Lagu

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian lagu ada beberapa macam: 

(1) ragam suara yang berirama (dalam bercakap, bernyanyi, membaca, dan sebagainya); 
(2) nyanyi-nyanyian perjuangan; 
(3) film yang menjadi dasar cerita film kebangsaan lagu resmi negara tertentu.


Lirik Lagu

Selain unsur musik, nada, tema, lirik juga menjadi unsur penting dari keindahan sebuah lagu. Bahkan tidak jarang lirik juga dapat mempengaruhi perasaan orang yang mendengarnya.

Lirik adalah rangkaian kata yang membentuk lagu biasanya terdiri dari beberapa bait dan bagian refrain atau chorus.

Lirik lagu memiliki dua pengertian, dalam Moeliono (2007 : 628) dijelaskan sebagai berikut, lirik lagu sebagai karya sastra dalam bentuk puisi yang berisikan curahan hati, sebagai susunan sebuah nyanyian. 

Untuk menggunakan sebuah lirik seorang penyair harus pandai dalam mengolah kata-kata. Kata lagu memiliki arti macam-macam suara yang berirama (2007:624). 

Lirik lagu merupakan hasil dari gabungan seni bahasa dan seni suara, sebagai karya seni suara yang melibatkan warna suara penyanyi dan melodi.

Dari pendapat yang sudah dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa lirik lagu merupakan sebuah karya seni gabungan dari seni suara dan bahasa yang puitis, menggunakan bahasa singkat dan memiliki irama serta bunyi yang dipadupadankan dengan kata-kata kias juga melibatkan suara penyanyi dan melodi.

Lirik lagu merupakan ekspresi seseorang dari dalam batinnya tentang suatu hal baik yang sudah dilihat, didengar maupun dialami.

Setiap pencipta lagu selalu menyampaikan makna dan pesan yang terkandung dalam lirik lagu disetiap baitnya. 

Lirik lagu memiliki bentuk pesan berupa tulisan kata-kata dan kalimat yang dapat digunakan untuk menciptakan suasana dan gambaran imajinasi tertentu kepada pendengarnya sehingga dapat menciptakan makna-makna yang beragam sehingga lewat lirik lagu, seorang pencipta lagu dapat berkomunikasi dengan para pendengarnya.

Apa perbedaan kata "musik" dan"lagu"? 

Musik adalah alunan instrumen yang membentuk gabungan nada, sedangkan lagu adalah musik yang memiliki lirik sehingga bisa dinyanyikan. 

Dengan kata lain, lagu memiliki suara vokal sedangkan musik hanya instrumennya saja.

Demikian Pengertian Musik dan Lagu serta Perbedaannya yang dirangkum dari berbagai sumber.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post