Cara Menjadi Penyiar Radio dan Manfaatnya bagi Pengembangan Karier

Cara Menjadi Penyiar Radio dan Manfaatnya bagi Pengembangan Karier


Ingin menjadi penyiar radio? Jika Anda berminat menjadi presenter radio, ikuti tips berikut ini tentang cara Cara Menjadi Penyiar Radio.

Menjadi penyiar radio akan membuat Anda banyak teman, koneksi, jaringan, dan berpeluang menjadi pembawa acara (MC), presenter televisi, podcaster, dan lancar berbicara di depan umum (public speaking). 

Di radio mana pun Anda menjadi penyiar, menaati kaidah siaran dan profesional dalam pekerjaan Anda, akan membuat Anda memiliki banyak peluang dalam karier lainnya.

5 Aturan yang Harus Diikuti Setiap Presenter Radio

Ada beberapa aturan radio yang tidak diucapkan yang harus diikuti oleh setiap penyiar/presenter. 

Misalnya, Anda harus selalu tahu apa yang Anda bicarakan. Membaca naskah secara membabi buta dapat menyebabkan masalah, seperti pembawa berita ABC7 yang membaca tanggal yang salah.

Kami memiliki beberapa saran yang harus Anda coba. Berikut adalah 5 aturan kami dalam siaran radio:

1. Persiapkan Sebelumnya

Lakukan persiapan. Mencoba menyulap terlalu banyak hal sekaligus dapat mengakibatkan kesalahan. Susun waktu Anda dengan mempersiapkan sebelumnya sehingga Anda dapat menghasilkan pertunjukan terbaik.

2. Jadilah Otentik

Jadilah diri sendiri. Berbicara dengan suara asli, alami, natural. Orang-orang suka mendengarkan presenter yang terlihat asli. 

Banggalah dengan siapa Anda dan dari mana Anda berasal. Anda mungkin tidak menarik bagi semua orang, tetapi setidaknya Anda otentik dan disiarkan dengan percaya diri.

3. Bicara dengan Satu Orang

Penyiar harus membayangkan pendengar itu satu orang, ada di depan. Ini akan memengaruhi gaya dan cara berbicara di depan mikrofon studio.

Terlibat dengan pendengar Anda dengan menyajikan acara Anda seperti Anda sedang berbicara dengan seorang teman. 

Misalnya, “Saya harap akhir pekan Anda menyenangkan! Kami memiliki beberapa lagu keren yang akan segera hadir, jadi pantau terus!”.

4. Memiliki Sesuatu untuk Dikatakan

Siapkan materi siaran! Tidak ada yang mau mendengarkan orang yang membosankan. Sebagai kepribadian radio, Anda harus memiliki sesuatu untuk dikatakan. Jadilah bersemangat di udara untuk terlibat dengan pendengar Anda.

5. Acara Pemeriksaan Udara

Setelah Anda menyelesaikan siaran, kembali dan dengarkan apa yang dikatakan. Apa yang berjalan dengan baik dan apa yang tidak? Atasi masalah ini saat berikutnya Anda mengudara.

Baca Juga: Teknik Dasar Siaran Radio

Bagaimana Presenter Radio Terkenal Dimulai

Kita semua harus mulai dari suatu tempat. Presenter radio terkenal dulunya tidak dikenal, jadi menarik untuk melihat bagaimana mereka masuk ke industri radio dan jalan yang mereka ambil.

Misalnya, produser rekaman terkenal Inggris John Peel mendapatkan pekerjaan radio pertamanya di WRR (AM) di Dallas. 

Meskipun tidak dibayar, itu membuatnya memulai industri, kemudian pindah ke stasiun yang lebih besar di KLIF sebagai koresponden resmi Beatles (yang sangat besar selama tahun 60-an).

Howard Stern masuk ke radio dengan cara yang sama. Pada tahun keduanya di Universitas, ia mulai bekerja di stasiun radio kampus WTBU sebagai disc jockey yang tidak dibayar. Menyajikan berita, memutar rekaman, dan mewawancarai tamu. Dia datang sejak saat itu.

Terkenal karena The Howard Stern Show, dia sekarang menjadi salah satu tokoh paling terkenal di industri radio. Baik Howard Stern dan John Peel memiliki kesamaan. Mereka memulai di suatu tempat mereka bisa mendapatkan pengalaman.

Menjadi Presenter Radio untuk Stasiun Lokal Anda

Radio lokal atau radio komunitas adalah tempat sebagian besar tokoh radio terkenal memulai. Baik di stasiun lokal, perguruan tinggi, atau radio komunitas mereka, jadi Anda juga harus melakukannya.

Lamar pekerjaan di stasiun radio kecil, meskipun di belakang layar dan sukarela. Stasiun mencari orang yang berpengalaman. Jika Anda baru mengenal industri radio, cobalah dan menonjol. 

Misalnya, Adam Pacitti berusaha keras untuk mendapatkan pekerjaan impiannya di industri media dengan menyewa papan iklan untuk mengiklankan dirinya.

Ini mungkin tampak sedikit berlebihan, tetapi berhasil! Mendaratkannya sekitar 60 tawaran pekerjaan. Sama seperti pendekatan kreatif Adam, Anda harus memikirkan cara terbaik untuk menampilkan diri. 

Berlatih Menjalankan Stasiun Radio Anda Sendiri

Sering dikatakan bahwa meniru adalah bentuk sanjungan yang paling tulus. Dengarkan pembawa acara radio yang Anda sukai, salin sebentar, lalu kembangkan gaya unik di acara Anda sendiri.

Jika Anda tidak memiliki acara di stasiun lokal, buatlah sendiri! Dengan Radio.co Anda dapat menyiarkan langsung dan mengotomatiskan acara ketika tidak ada orang di sekitar. 

Gunakan itu sebagai alat untuk melatih keterampilan Anda dan pamerkan ke stasiun komersial besar yang mencari bakat.

Tidak perlu peralatan mahal atau pengaturan yang rumit. Anda dapat memulai stasiun radio Anda sendiri dari rumah dalam hitungan menit. Inilah semua yang perlu Anda ketahui untuk mengudara dalam waktu singkat.

Podcasting juga cara bagus untuk berlatih siaran radio. Anda akan terbiasa berbicara di depan mikrofon.

Kembangkan Koneksi Profesional

Tidak ada satu rute ke industri radio, tapi itu membantups jika Anda mengenal orang yang tepat. Kembangkan koneksi Anda dan bangun reputasi profesional.

Beberapa presenter radio paling sukses, seperti Nick Grimshaw dari BBC Radio 1, memiliki karir yang panjang karena jaringan dan branding mereka sendiri. Misalnya, Grimshaw mempersembahkan acara di Radio ICON di Universitas Liverpool, yang membuatnya bekerja di Radio BBC.

Memulai karir di radio pelajar atau lokal dapat memberi Anda keterampilan dan reputasi yang dibutuhkan untuk membuka peluang yang lebih besar. 

Stasiun radio kecil memungkinkan Anda mengembangkan koneksi profesional dan mengasah keahlian Anda sebelum pindah ke hal-hal yang lebih besar dan lebih baik.

Tetap Perbarui Tentang Industri Radio

Industri radio selalu berkembang. Apa yang mungkin menjadi standar satu menit dapat berubah menjadi sesuatu yang lain. 

Coba dan terus perbarui dengan mengikuti sebanyak mungkin pakar industri.

Untuk pembaruan berita tertentu, coba gunakan peringatan Google. Atur kata kunci dan dapatkan pembaruan rutin, misalnya, jika Anda mencari pekerjaan sebagai presenter tambahkan "Pekerjaan Radio Presenter" atau "Pekerjaan Host Radio".

Anda dapat melakukan hal yang sama untuk mesin pencari lain seperti Bing atau Yahoo!.

Tips Menjadi Presenter Radio yang Hebat

Dapatkan pengetahuan yang Anda butuhkan untuk menjadi presenter radio dengan Kursus Great Radio Presenter. 

Teknik akses yang digunakan stasiun besar untuk meningkatkan jumlah pendengar mereka dengan belajar dari DJ terbaik dunia. Dalam kursus Anda akan mendapatkan belajar:
  • Pendengar Anda: Teknik untuk memahami pendengar Anda dan cara agar mudah diingat.
  • Konten Anda: Metode jitu untuk menjamin ide-ide hebat menonjol.
  • Persiapan: Bagaimana merencanakan acara Anda dan memilih konten yang relevan untuk audiens Anda.
  • Menjadi Host: Pahami cara membuat pendengar Anda tetap terlibat.
  • Suara Anda: Bersikaplah autentik dan menarik untuk membuat pendengar tetap ketagihan.
  • Amplifying Shows: Cara membuat konten Anda online untuk menarik audiens yang lebih besar.

Demikian cara menjadi penyiar radio dan manfaatnya bagi masa depan karier Anda. (Sumber)

RKSB membuka peluang bagi Anda untuk menjadi penyiar radio, MC, dan Podacster. Ikuti Kursus Penyiar Radio RBS!

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post