Tips dan Pengertian Public Speaking: Membangun Percaya Diri dan Berani

Tips dan Pengertian Public Speaking: Membangun Percaya Diri dan Berani


Publis Speaking merupakan bagian dari komunikasi. Berikut ini tips dan pengertian public speaking, termasuk cara mengatasi gugup.

Pengertian Public Speaking

Public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang.

Contoh public speaking antara lain pidato, ceramah, sambutan, presentasi, briefing, berbicara di forum diskusi, dan siaran radio.

Public speaking diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi "berbicara di depan umum" atau "berbicara di depan banyak orang". Siaran radio termasuk public speaking karena berbicara kepada pendengar yang banyak.

Public speaking adalah proses mengomunikasikan pesan atau informasi kepada audiens. Hal ini biasanya dilakukan di depan audiens yang besar, seperti di sekolah, tempat kerja, dan bahkan dalam kehidupan pribadi kita. 

Tips dan Pengertian Public Speaking: Membangun Percaya Diri dan Berani

7 Tips Public Speaking

Berbicara di depan umum hanyalah percakapan yang sama dengan banyak orang. Berikut ini 7 Tips Penting untuk Berbicara di Depan Umum:

1. Ketahui Materi Anda (Rencana, Rencana, dan Rencana)

Semakin luas pengetahuan Anda tentang apa yang Anda bicarakan, presentasi Anda akan semakin baik. Ini hanya logika. Seperti setiap hal lain di dunia ini jika Anda dapat berlatih dan mempersiapkan presentasi Anda dengan cukup, Anda akan menjadi ahli dalam hal itu. 

Pengulangan adalah bapak pembelajaran. Jadi cobalah untuk mengetahui lebih banyak tentang topik tersebut dan bersiaplah untuk menjawab pertanyaan apa pun. Hal lain yang harus selalu Anda ingat adalah bahwa berbicara di depan umum yang baik sangat intuitif dan bahwa hal-hal yang tidak terduga akan terjadi. 

Anda tidak bisa membiarkan mereka membuang Anda. Jadi berlatihlah sampai Anda siap untuk apa pun. Katakanlah mikrofon berhenti bekerja atau seseorang menuduh Anda memberikan informasi palsu… apa yang akan Anda katakan atau lakukan?

Ini adalah beberapa hal yang perlu diingat selama proses perencanaan Anda. Anda “berbicara” karena Anda ahli di bidangnya. Baik itu presentasi kelas kecil atau presentasi yang sangat kritis kepada dewan direksi perusahaan Anda. 

Satu-satunya alasan Anda berbicara dan yang lainnya tidak adalah karena ANDA tahu lebih banyak tentang subjek atau situasi daripada mereka. Anda adalah ahlinya. Anda memegang kendali. 

Cobalah untuk mewujudkan pola pikir ini dan gunakan untuk lebih percaya diri dan bertanggung jawab saat Anda berbicara.

Tips public speaking yang pertama ini juga termasuk cara mengatasi gugup. Jika Anda siap, menguasai materi atau topik pembicaraan, Anda tidak akan gugup. Percayalah!

2. Baca & Nilai Audiens Anda

Untuk menjadi pembicara publik yang baik Anda harus mampu beradaptasi dengan situasi yang berbeda. Anda harus mampu berbicara dan berperilaku berbeda dalam situasi yang berbeda. 

Misalnya, jika Anda berbicara di pesta pernikahan, nada dan gaya Anda "harus" jauh berbeda dari yang Anda katakan jika Anda berbicara di rapat dewan perusahaan.

Itu sebabnya Anda harus belajar bagaimana memahami pemicu sosial ini. Anda harus mengenali audiens Anda dan membentuk presentasi Anda sesuai dengan itu. Anda perlu belajar membaca yang tersirat.

Berikut adalah beberapa titik awal yang harus dicari:
  • Berapa kelompok usia mayoritas audiens Anda?
  • Apakah audiens Anda sebagian besar terdiri dari laki-laki atau perempuan atau adakah jumlah yang sama?
  • Apakah ada sebagian besar pasangan atau orang lajang di antara penonton?
  • Jenis pekerjaan apa yang dimiliki orang-orang di audiens Anda?

Survei cepat tentang audiens Anda ini akan membantu Anda membentuk presentasi Anda agar lebih sesuai dengan ruangan. Ini membantu Anda terlihat lebih berwibawa dan membuat presentasi Anda mudah diingat. 

Misalnya, jika Anda melihat ruangan itu penuh dengan orang-orang yang mengenakan kaus Toronto Maple Leaf, Anda dapat membuat lelucon kecil sebelum memulai seperti “Presentasi saya agak lama tetapi karena banyak dari Anda adalah penggemar Toronto Maple Leaf dan telah dengan sabar menunggu 48 tahun untuk Piala Stanley yang belum datang. Saya yakin kamu akan baik-baik saja”

3. Biasakan Diri Anda dengan Ruangan

Selalu datang lebih awal ke tempat presentasi Anda dan buat diri Anda nyaman dengan lingkungan sekitar Anda. 

Ini benar-benar dapat menenangkan saraf Anda dan karenanya memberikan dampak positif pada presentasi Anda. Ketika Anda sampai di tempat tersebut, Anda harus bertanya pada diri sendiri:

Seberapa besar ruangannya? Seberapa keras Anda harus? Berapa banyak orang yang akan ada?

Uji mikrofon dan peralatan lainnya untuk memastikan semuanya baik-baik saja. Ini akan membuat Anda lebih nyaman dan akan memberi Anda kepercayaan diri. Juga seperti poin sebelumnya, ketika orang-orang datang mencoba menebak kepribadian mereka. 

Jika mereka masuk dan tertawa dan berbicara, Anda harus membentuk presentasi Anda sehingga Anda dapat mencocokkan kegembiraan mereka dan jika mereka datang dengan sangat serius dan tenang, Anda harus membentuk presentasi Anda agar tidak membuat mereka kewalahan.

4. Bangun Rasa Percaya Diri

Ketakutan berbicara di depan umum pada dasarnya adalah dua ketakutan yang terpisah; Satu bahwa Anda akan membodohi diri sendiri dan dua bahwa seseorang akan mengolok-olok penampilan Anda, pakaian, dll. 

Jadi, untuk mengatasi ketakutan pertama, latih presentasi Anda untuk menunjukkan di mana ia keluar seperti air. Antisipasi apa yang akan Anda katakan selanjutnya dan coba hafalkan dialog Anda.

Adapun menjadi lebih nyaman di kulit Anda pada hari presentasi:
  • Pakailah pakaian terbaikmu
  • Sepatu terbaikmu
  • Parfum terbaikmu
  • Dapatkan potongan rambut baru dan/atau bercukur.

Ini mungkin tampak dangkal bagi sebagian orang, tetapi ini dapat membantu. Jika Anda merasa menarik dan segar, Anda akan jauh lebih tenang dan kepercayaan diri ekstra penting untuk berbicara lebih baik.

5. Santai dan Ubah Perspektif Anda

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda sendiri untuk menjadi lebih baik dalam berbicara di depan umum hanyalah mengubah perspektif Anda tentang apa sebenarnya berbicara di depan umum.

Coba ingatkan diri Anda bahwa berbicara di depan umum hanyalah percakapan dengan banyak orang, bukan hanya satu orang. Ini sebenarnya bukan ilmu roket. 

Kebanyakan orang baik-baik saja berbicara dengan satu atau dua orang tetapi menghasilkan 10 atau 15 dan mereka kehilangan akal. Bayangkan saja Anda sedang berbicara dengan sekelompok teman Anda setiap kali Anda berbicara di depan umum. Teman-teman Anda ingin Anda “berhasil” dalam menyampaikan ide-ide Anda.

Cobalah mengambil tempat seorang anggota audiens untuk sesaat menonton pembicara berbicara. 99% dari waktu Anda tidak ingin pembicara berhasil? Semakin alami Anda berperilaku, semakin baik presentasi Anda. Jadi tarik napas dalam-dalam, tenang dan jangan stres. Segalanya akan baik-baik saja!

6. Konsentrasi

Ketika Anda akan melakukan pidato atau presentasi, cobalah untuk fokus hanya pada apa yang akan Anda katakan. Jangan berpikir tentang mengacaukan atau seperti apa penampilan Anda. Fokus saja pada mulut Anda dan kata-kata yang keluar.

Terlalu banyak orang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyempurnakan sesuatu sebelum mereka benar-benar melakukannya. Alih-alih menunggu kesempurnaan, jalankan dengan apa yang Anda lakukan, dan perbaiki di sepanjang jalan ... Paul Arden

Fokus ini tidak hanya akan membantu presentasi Anda menjadi lebih baik, tetapi Anda juga akan merasa lebih santai dan percaya diri karena Anda akan mahir berbicara dalam pidato Anda kepada audiens.


7. Hadir dengan Pasti


Presentasi terbaik adalah presentasi di mana pembicara yakin dengan apa yang mereka katakan dan mereka menguasai ruangan dan suasana. Jadi, kuatkan dan tindak lanjuti pesan Anda dengan bahasa tubuh.

Pikat mata audiens Anda dengan tangan Anda dan telinga mereka dengan suara Anda.

Demikian tips dan pengertian public speaking. Intinya, public speaking adalah berbicara di depan orang banyak. Anda harus menguasai materi agar percaya diri. Sampaikan pidato singkat, fokus, dan tidak ngalor-ngidul! 


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post