Pengertian Radio Komunitas dan Perannya bagi Pemberdayaan Masyarakat

Pengertian Radio Komunitas dan Perannya bagi Pemberdayaan Masyarakat

Radio Komunitas (Rakom) atau community radio masih ada. Masih eksis. Jangan tanya profit atau kondisi keuangannya karena radio komunitas ada bukan untuk bisnis, tapi untuk kepentingan komunitas.

Radio komunitas itu non-profit. Ia berbeda dengan radio komersial atau radio swasta yang merupakan media bisnis dan berorientasi profit.

Fokus yang khas dari radio komunitas adalah membuat audiens/khalayaknya sebagai protagonist (tokoh utama), melalui keterlibatan mereka dalam seluruh aspek menejemen, produksi programnya serta menyajikan program yang membantu mereka dalam pembangunan dan kemajuan social dikomunitas mereka. (Atie Rachmiatie, 2007). 

Pengertian Radio Komunitas

Di Indonesia, Radio Komunitas dalam UU Penyiaran disebut Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK). Statusnya "setara" dengan jenis lembaga penyiaran lainnya --Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) dan Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB), dan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) (Pasal 1).

Dalam UU Penyiaran dijelaskan, pengertian Lembaga Penyiaran Komunitas atau pengertian radio komunitas adalah lembaga penyiaran radio yang berbentuk badan hukum Indonesia, didirikan oleh komunitas tertentu, bersifat independen, dan tidak komersial, dengan daya pancar rendah, luas jangkauan wilayah terbatas, serta untuk melayani kepentingan komunitasnya.

Ditegaskan, Lembaga Penyiaran Komunitas diselenggarakan:

a. tidak untuk mencari laba atau keuntungan atau tidak merupakan bagian perusahaan yang mencari keuntungan semata; dan

b. untuk mendidik dan memajukan masyarakat dalam mencapai kesejahteraan, dengan melaksanakan program acara yang meliputi budaya, pendidikan, dan informasi yang menggam-barkan identitas bangsa.

Lembaga Penyiaran Komunitas juga merupakan komunitas nonpartisan yang keberadaan organisasinya:

a. tidak mewakili organisasi atau lembaga asing serta bukan komunitas internasional;
b. tidak terkait dengan organisasi terlarang; dan
c. tidak untuk kepentingan propaganda bagi kelompok atau golongan tertentu.

Lembaga Penyiaran Komunitas didirikan atas biaya yang diperoleh dari kontribusi komunitas tertentu dan menjadi milik komunitas tersebut.

Lembaga Penyiaran Komunitas dapat memperoleh sumber pembiayaan dari sumbangan, hibah, sponsor, dan sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

Lembaga Penyiaran Komunitas dilarang menerima bantuan dana awal mendirikan dan dana operasional dari pihak asing.

Lembaga Penyiaran Komunitas dilarang melakukan siaran iklan dan/atau siaran komersial lainnya, kecuali iklan layanan masyarakat. 

Peran Radio Komunitas 

Sebagaimana peran pers atau media massa pada umumnya, radio komunitas berperan menyampaikan informasi, edukasi, hiburan, dan kontrol sosial.

Karakteristik sekaligus pembeda dengan radio komersial atau media pers pada umumnya, stasiun radio komunitas melayani komunitas geografis dan komunitas yang diminati. 

Radio komunitas menyiarkan konten yang populer dan relevan dengan audiens lokal tertentu, tetapi sering diabaikan oleh penyiar komersial atau media massa. 

Stasiun radio komunitas dioperasikan, dimiliki, dan dipengaruhi oleh komunitas yang mereka layani. Mereka umumnya nirlaba dan menyediakan mekanisme untuk memungkinkan individu, kelompok, dan komunitas untuk menceritakan kisah mereka sendiri, untuk berbagi pengalaman dan, di dunia yang kaya media, untuk menjadi pencipta dan kontributor media.

Di banyak bagian dunia, radio komunitas bertindak sebagai kendaraan bagi komunitas dan sektor sukarela, masyarakat sipil, lembaga, LSM dan warga negara untuk bekerja dalam kemitraan untuk tujuan pengembangan masyarakat lebih lanjut, selain penyiaran. 

Sebagian besar undang-undang tentang radio komunitas telah memasukkan frasa seperti "manfaat sosial", "tujuan sosial", dan "keuntungan sosial" sebagai bagian dari definisi radio komunitas. 

Radio komunitas biasanya adalah stasiun atau saluran radio nirlaba jarak pendek yang melayani kebutuhan informasi masyarakat yang tinggal di wilayah tertentu, dalam bahasa dan format yang paling disesuaikan dengan konteks lokal. 

Kelebihan Radio Komunitas

Karena radio komunitas biasanya dijalankan oleh sukarelawan dengan menggunakan teknologi berbiaya rendah, radio komunitas cenderung mudah mendapatkan waktu tayang gratis atau murah. 

Ini menawarkan kesempatan untuk kontribusi oleh orang-orang yang suaranya tidak banyak terdengar di radio nasional – mis. perempuan dan pemuda “biasa” – yang bisa sangat memberdayakan. 

Radio komunitas menjangkau sebagian besar wilayah yang dicakupnya, karena pendengarnya cenderung tertarik pada isu-isu lokal. Ini juga merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan komunitas yang bahasa utamanya bukan bahasa nasional resmi.

Penyediaan informasi dan keterampilan telah mendapatkan popularitas dalam upaya memberdayakan komunitas dengan Radio Komunitas sebagai alat yang unik dan efektif. 

Radio komunitas berperan sebagai jalan untuk komunikasi partisipatif dan sebagai alat yang relevan baik dalam pembangunan ekonomi maupun sosial.

Radio komunitas dapat memainkan peran penting di tingkat akar rumput untuk pembangunan pedesaan. Misalnya, masalah kemiskinan, pertanian, ketimpangan gender, pendidikan, masalah sosial antara lain bisa menjadi fokus program. 

R=adio pedesaan efektif dalam meningkatkan pembagian informasi pertanian oleh pedesaan terpencil. komunitas pertanian. Radio dalam hal ini menyediakan seperangkat teknik komunikasi partisipatif yang mendukung upaya penyuluhan pertanian dengan menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi langsung dengan kelompok tani dan pendengar. 

Siaran radio komunitas dapat membuat perubahan signifikan dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam hal "literasi media". 

Melalui pelatihan keterampilan media dan akses ke siaran radio, radio komunitas memfasilitasi sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas. 

Pertukaran informasi, jaringan kelompok, penyediaan keterampilan dan pelatihan dan ini tidak diragukan lagi merupakan elemen kunci dalam mengembangkan komunitas. 

Sekali lagi, fasilitas radio untuk komunitas memfasilitasi promosi kesadaran kelompok masyarakat dan fasilitas di daerah tersebut serta memberikan jalan bagi pemberdayaan kelompok-kelompok ini untuk menggunakan radio untuk mempromosikan diri dan berbicara langsung dengan masyarakat. 

Untuk lokasi terdekat dengan kliennya, Radio Komunitas melayani komunitas lokal yang diminatinya. Hal ini dapat diakses oleh masyarakat dalam hal kepemilikan, pengambilan keputusan dan keluaran program. 

Dalam sebagian besar kasus, program dibuat oleh masyarakat, dengan fokus pada keprihatinan dan isu-isu lokal. Berbeda dengan kasus media arus utama, bukan hanya berbicara tentang masyarakat, masyarakat sendiri yang membuat program. 

Ini memperkuat budaya lokal dengan pengakuan bahwa ini adalah stasiun mereka; itu menjadi forum untuk beragam pendapat dan pandangan lokal. Demikian peran radio komunitas. (Wikipedia/Openedition).

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post