Jenis-Jenis Program Radio Siaran


Program Radio Siaran adalah acara yang disajikan stasiun radio bagi pendengarnya. Secara umum, program radio siaran dari segi materi ada dua jenis, yaitu siaran informasi dan siaran hiburan.

Dari segi teknik siaran, juga ada dua jenis siaran, yaitu siaran kata dan siaran musik (lagu).

Jenis-Jenis Program Radio Siaran


Program siaran radio ditelaah dari karakteristiknya dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu siaran artistik dan siaran jurnalistik.

1. Siaran Karya Artistik 

Siaran artistik adalah acara siaran radio yang diproduksi melalui pendekatan artistik, yaitu proses produksinya mengutamakan segi keindahan. 

Karya artistik dapat dijabarkan berdasarkan jenis masing–masing program tersebut sebagai berikut :

1. Pogram Musik.

Program musik adalah suatu program yang materi siarannya mengutamakan aspek atau yang berkaitan dengan musik dan lagu penyajian siarannya. Misalnya acara tangga lagu, Profil artis musik, program jenis musik, Request song, nonstop music dj style.

2. Program drama radio

Suatu program yang menyajikan secara audio pola pelakonan/dramatisasi para tokoh atau karakternya dalam suatu tema cerita teetentu yang dibawakan naratif, monolog, dialog yang diselingi dengan suara musik, lagu, serta efek suara seperlunya.

3. Program kuis radio

Suatu program yang materi siarannya didasararkan pada pertanyaan-pertanyaan, teka-teki, permainan/games bersifat auditif yang ditujukan kepada pendengar, agar menanggapinya sebagai suatu bentuk partisipasinya atau interaktif, yang dikompensasikan dengan suatu hadiah.

4. Program variety show 

Suatu program sajian yang terdiri dari sejumlah kombinasi dari beragam format acara, yang dikemas secara dinamis dan menarik dengan diselingi musik dan efek suara. Isi program variety show terdiri dari beberapa segmen.

5. Program komedi/humor

Suatu program yang menyajikan unsurunsur yang menggelitik dan mengundang kelucuan secara auditif sehingga merangsang pendengar tersenyum atau tertawa.

6. Program sponsor

Suatu program yang isi siarannya dimuati oleh informasi dan data produk tertentu yang disajikan dengan gaya perbincangan atau wawancara.

7. Program cerita dongeng atau legenda

Bentuk penyajian program yang disajikan secara dramatisasi atau naratif berdasarkan kisah-kisah dongeng dengan cerita legenda yang sudah dikenal luas.

2. Siaran karya jurnalistik

Jenis program radio siaran yang kedua adalah siaran karya jurnalistik, yaitu siaran yang diproduksi melalui pendekatan jurnalistik yaitu suatu proses produksi yang mengutamakan segi kecepatan, termasuk dalam proses penyajian kepada khalayak.

Karya jurnalistik dibagi menjadi beberapa program, sebagai berikut :

1. Program Buletin berita

Suatu sajian beragam berita aktual yang dikemas dalam tingkatan gradasi sangat penting, penting dan kurang penting yang perlu diketahui masyarakat.

2. Program dokumenter

Program yang didasarkan pada peristiwa penting yang telah berlalu dan memiliki relevansi aktualitas kekinian.

3. Program majalah udara

Program adopsi dari majalah cetak yang disajikan dalam bentuk versi auditif yang berisi aneka ragam topik, tema, serta peristiwa yang perlu diketahui masyarakat.

4. Program feature

Merupakan program informasi yang membahas suatu topik persoalan melalui berbagai pandangan yang saling melengkapi, mengurai, dan mengkritik, yang disajikan dalam berbagai format.

5. Program talk show

Program yang mengutamakan sajian perbincangan atau obrolan yang didasari penentuan tema, topik, serta bahasan yang dikemas secara dinamis dan aktual, faktual juga menghibur.

Demikian Jenis-Jenis Program Radio Siaran. Radio Komunitas RKSB Maja FM 107,8 MHz Bandung berusaha menghadirkan program radio siaran yang menarik dengan fokus kepentingan, kebutuhan, dan keinginan komunitas.

Sumber: A. Ius, Yudo Triartanto. 2010. Broadcasting Radio : Panduan Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.