Ibu Kota Jabar Tetap Kota Bandung, Pusat Pemerintahan Potensial di Tegalluar

Ibu Kota Jabar Tetap Kota Bandung, Pusat Pemerintahan Potensial di Tegalluar

Ibu Kota Provinsi Jawa Barat (Jabar) tetap Kota Bandung, namun pusat pemerintahannya kemungkinan besar di Tegallluar. Wilayah lain yang potensial jadi pusat pemerintahan Jabar yang baru yaitu Walini dan Kertajati.

Demikian dikemukakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (15/10/2022). 

Menurut Emil, yang berpindah bukanlah ibu kota provinsi, melainkan pusat pemerintahan yang akan disatukan dengan pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Tegalluar. Namun itu pun baru pada tahap wacana.

Menurutnya, ibu kota dan pusat pemerintahan adalah dua hal yang berbeda. Ia mencontohkan, Ibu Kota Malaysia adalah Kuala Lumpur, namun pusat pemerintahannya di Putrajaya. 

"Bukan pemindahan ibu kota, tapi wacana penyatuan pusat pemerintahan. Jadi jangan pakai sebutan ibu kota karena itu jelas berbeda," ujarnya 

Emil memastikan, Ibu Kota Jabar tetap Kota Bandung. Namun pusat pemerintahannya diwacanakan berkumpul di tiga kawasan potensial, yaitu Tegalluar, Walini dan Kertajati.

"Jadi Ibu Kota Jabar tetap Bandung, tapi pusat pemerintahan kantornya berkumpul di tiga kawasan potensial, yaitu Tegalluar karena pusat pertumbuhan, Walini dan Kertajati," ujarnya.

Tegalluar paling potensial menjadi lokasi wacana pemindahan pusat pemerintahan Jabar. Daerah yang menjadi titik akhir pemberhentian Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut dinilai strategis karena jadi simpul beberapa ruas jalan tol dan pusat ekonomi lainnya.

"Potensi Tegalluar bagus karena simpulnya di situ, hendak ke Cisumdawu di situ, ke Jakarta, Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya), kereta cepat juga di situ. Jadi kawasan ini sangat strategis. Dari situ ke Stadion GBLA juga tinggal menyeberang, ke Masjid Al Jabbar cuma lima menit," tuturnya.

Lokasi Tegalluar

Tegalluar adalah desa di kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Lokasinya berdekatan dengan Stadion GBLA Gedebaga Kota Bandung.

Desa Tegalluar paling potensial menjadi pusat pemerintahan Jabar yang baru. Menurut Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi, Desa Tegalluar menjadi satu opsi yang besar kemungkinannya untuk ibu kota provinsi Jawa Barat.

Dwiyana mengatakan ada tiga opsi yaitu Walini, Kertajati, dan Tegalluar. Menurut bocoran Ridwan Kamil, Tegalluar menjadi yang paling besar peluangnya.

Ibu Kota Jabar Tetap Kota Bandung, Pusat Pemerintahan Potensial di Tegalluar

Mengutip dari situs resmi Desa Tegalluar, Sabtu, (15/10/2022), daerah ini berlokasi di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. 

Di Wikipedia disebutkan, wilayah Desa Tegalluar memiliki luas 756 hektare dengan jumlah penduduk sekitar 14 ribu jiwa.

Lokasi Tegaluar berbatasan dengan Tol Padalarang-Cileunyi dan Kota Bandung di bagian utara. Di wilayah ini dibangun Stasiun HSR Tegalluar yang merupakan stasiun KCJB yang terletak di Jalan Desa Tegalluar, Cibiru Hilir, Cileunyi, Kabupaten Bandung. 

Meskipun bernama Tegalluar, stasiun ini tidak terletak di desa Tegalluar, tetapi berada di sebelah tenggara desa tersebut.

Stasiun ini termasuk dalam Daerah Operasi II Bandung dan hanya melayani rute KCIC Jakarta-Bandung. Stasiun ini, bersamaan dengan Stasiun Cimekar, juga merupakan stasiun terdekat menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Masjid Agung Al-Jabbar, dan Markas Polda Jawa Barat di Jalan Soekarno-Hatta. (CNN/L6)

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post