Hari Perempuan Desa Sedunia 15 Oktober

Hari Perempuan Desa Sedunia 15 Oktober

TAGAR #PerempuanDesa treding di Twitter, Sabtu (15/10/2022). Hari in dunia merayakan Hari Perempuan Desan Sedunia (International Day of Rural Women) yang diperingati setiap 15 Oktober.

Hari Wanita Pedesaan Sedunia ini sebagai penghargaan untuk seluruh perempuan pedesaan yang umumnya bekerja di bidang pertanian atau perkebunan. 

Karenanya, Hari Perempuan Desan Sedunia 2022 bertema ketahanan pangan "Rural Women Cultivating Good Food for All".

Sejarah Hari Perempuan Desa Sedunia

Hari Perempuan Desa Sedunia atau Hari Wanita Pedesaan Sedunia dirayakan setiap tanggal 15 Oktober. Peringatan ini merupakan bagian dari Hari Pangan Sedunia yang dirayakan tiap 16 Oktober, sehari setelahnya.

Peringatan Hari Wanita Pedesaan Sedunia sebagai tanda adanya pengakuan dunia terhadap kontribusi wanita dalam kemajuan sebuah desa. Sistem pangan di pedesaan bisa berjalan baik berkat peran para perempuan di sana, dimulai dari produksi hingga distribusi pangan.

Untuk mencapai kesetaraan gender, para perempuan pedesaan pun diberikan kesempatan yang sama dengan laki-laki, misalnya seperti eningkatkan produksi pertanian sebesar 2,5-4 persen di daerah termiskin dan mengurangi jumlah orang yang kekurangan gizi sebesar 12-17 persen.

Tujuan peringatan hari perempuan ini adalah pembangunan berkelanjutan yang meliputi infrastruktur, perlindungan sosial akan kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan pedesaan.

Peringatan Hari Perempuan Desa Sedunia pertama kali dirayakan pada 15 Oktober 2008, setelah diresmikan oleh Majelis Umum PBB tahun 2007. Peresmian itu tertuang dalam surat resolusi 62/136 pada 18 Desember 2007.

Sebelum diresmikan oleh PBB, peringatan ini sudah dirayakan tiap tahun selama lebih dari satu dekade, lho. Ide pencetusan hari penting ini ini pernah diusulkan sejak tahun 1995 saat Konferensi Dunia Keempat tentang Perempuan di Beijing, Cina.

Adanya peringatan ini sebagai bentuk apresiasi bagi perempuan pedesaan yang punya peran penting dalam mengentaskan kemiskinan melalui produksi pangan dan ketahanan pangan. 

Setidaknya ada 4 organisasi yang berjasa dalam pembentukan Hari Wanita Pedesaan Sedunia ini, yaitu:
  1. International Federation of Agricultural Producers
  2. Network of African Rural Women Associations
  3. Associated Country Women of the World
  4. Women's World Summit Foundation

Banyak perempuan pedesaan yang membutuhkan uluran tangan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti menyumbang fasilitas hingga dalam bentuk uang. 

Sejak dulu, perempuan harus tunduk dengan berbagai norma dan stereotipe yang membatasi ruang gerak mereka. Meskipun kaum perempuan di kota sudah mulai melawan, perempuan di pedesaan masih terkungkung dengan stigma terhadap mereka. (IDN Times)

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post