Pengertian Komunikasi Interpersonal, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Komunikasi Interpersonal, Jenis, dan Contohnya

Komunikasi interpersonal (interpersonal communication) merupakan salah satu jenis komunikasi, selain komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi organisasi, dan sebagainya.

Berikut ini pengertian komunikasi interpersonal, jenis, dan contohnya. Komunikasi antarpribadi ini memainkan peran penting dalam pergaulan sosial dan karier atau di tempat kerja. 

Pengertian Komunikasi Interpersonal

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan berupa informasi, gagasan, pemikiran, dan sebagainya. Interpersonal artinya antarpribadi atau antarindividu.

Dengan demikian, pengertian komunikasi interpersonal adalah penyampaian pesan antara satu individu dengan individu lain.

Menyapa, tersenyum, melambaikan tangan, membungkukkan badan, menanyakan kabar kesehatan lawan bicaranya, dan sebagainya juga termasuk komunikasi antarpribadi.

Dalam literatur komunikasi, komunikasi interpersonal didefinisikan sebagai komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih secara tatap muka dan biasanya spontan, tidak diatur secara formal, dan ada umpan balik atau reaksi secara langsung. 

Contoh komunikasi interpersonal antara lain komunikasi suami dan istri, dua sahabat, guru-murid, dan sebagainya. 

Ahli komunikasi Joseph A. Devito mengartikan komunikasi interpersonal sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang, atau diantara sekelompok kecil orangorang dengan beberapa umpan balik seketika (dalam Effendy, 2003). 

Joseph A. Devito juga menjelaskan bahwa komunikasi interpersonal adalah penyampaian pesan secara verbal maupun nonverbal antara dua orang atau lebih yang saling memengaruhi. 

Sendjaja dalam (Abdul Nasir, 2011:37) mengartikan komunikasi interpersonal sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan diantara dua orang atau diantara sekelompok kecil orang dengan berbagai efek dan umpan balik.

Menurut R. Wayne Pace, komunikasi interpersonal adalah proses komunikasi antara dua orang atau lebih secara tatap muka. Ini memungkinkan komunikator menyampaikan pesan secara langsung dan komunikan menanggapinya pada saat yang bersamaan. 

 Deddy Mulyana dalam buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2010) menuliskan bahwa komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antarmanusia secara tatap muka yang memungkinkan pesertanya menangkap reaksi orang lain dengan langsung, baik secara verbal maupun nonverbal. 

Barnlund mengartikan komunikasi interpersonal sebagai pertemuan dua orang atau lebih yang terjadi secara spontan dan tidak terstruktur. 

Everett M. Rogers berpendapat komunikasi interpersonal adalah komunikasi dari mulut ke mulut yang terjadi dalam interaksi tatap muka antar beberapa individu. 

Jenis-Jenis Komunikasi Interpersonal

Jenis-jenis komunikasi interpersonal dibagi menjadi komunikasi diadik dan komunikasi triadik.

1. Komunikasi Diadik (Dyadic Communication) 

Komunikasi diadik adalah komunikasi interpersonal yang berlangsung antara dua orang, yakni seseorang sebagai komunikator yang menyampaikan pesan dan seseorang menjadi komunikan sebagai penerima pesan, 

Karena perilaku komunikasinya dua orang, maka dialog yang terjadi berlangsung dengan intens.  Komunikator memusatkan perhatiannya pada komunikan. (Murtiadi, 2015) 

2. Komunikasi Triadic (Triadic Communication) 

Dalam komunikasi ini pelakunya terdiri dari tiga orang, komunikator dan dua orang komunikan. Apabila dibandingkan maka komunikasi diadik lebih efektif karena komunikator memusatkan pada seorang komunikan sehingga dapat menguasai frame of reference komunikan sepenuhnya, serta umpan balik yang berlangsung (Murtiadi, 2015). 

Tujuan Komunikasi Interpersonal 

Menurut Suranto (2011), komunikasi interpersonal merupakan suatu action oriented, yaitu sebuah tindakan yang berorientasi pada tujuan tertentu. 

Tujuan komunikasi interpersonal ada bermacam-macam. Setidaknya ada 6 fungsi komunikasi interpersonal: 
  1. Membentuk dan menjaga hubungan baik antar individu 
  2. Menyampaikan pengetahuan atau informasi 
  3. Mengubah sikap dan perilaku 
  4. Pemecahan masalah hubungan antar manusia 
  5. Citra diri menjadi lebih baik 
  6. Jalan menuju sukses.
Demikian pengertian komunikasi interpersonal, jenis, dan contohnya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Penyiar radio ketika siaran juga melakukan komunikasi interpersonal dengan pendengarnya. Hanya saja, komunikasi antarpribadi penyiar-pendengar ini tidak secara tatap muka, melainkan melalui media.

Dalam pengertian komunikasi interpersonal terkini, menelepon, mengirimkan SMS atau pesan WhatsApp, mengirimkan email, komunikasi via Zoom, juga termasuk komunikasi antarpribadi.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post