Radio Maja FM Bandung Siap Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi

Radio Maja FM Bandung Siap Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi dalam Program Kampus Merdeka.

Radio Maja FM Bandung Siap Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi

Radio Komunitas Seni dan Budaya (RKSB) Maja FM Bandung siap berkolaborasi atau bekerja sama dengan perguruan tinggi dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Melalui Program Kampus Merdeka ini, perguruan tinggi di Indonesia memberikan kesempaatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat, dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Program Kampus Merdeka mendorong kolaborasi antara pihak pendidik atau perguruan tinggi dengan dunia industri serta mendorong mahasiswa untuk memaksimalkan kemampuannya dengan berkesempatan 1 semester di prodi lain atau 2 semester di kampus kehidupan.

Program dengan nama resmi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini juga merupakan solusi untuk memenuhi tantangan dalam mempersiapkan mahasiswa sesuai kebutuhan dunia industri dan usaha. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang tidak cakap dalam hal pengetahuan, tetapi juga memiliki ketrampilan praktis.

Menurut General Manager RKSB Maja FM, Novi Sumengkar, pihaknya siap menjadi "laboratorium praktik" bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan komunikasi, khususnya komunikasi siaran radio, termasuk podcasting dan vlogging.

"Khususnya mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, kami siap menjadi lab praktikum. Mahasiswa bisa praktik langsung siaran radio," katanya.

Menurut Novi, tidak hanya siaran, mahasiswa juga bisa menjadi content creator lain, seperti reportase dan menulis berita (jurnalistik), podcasting, dan vlogging.

"Kami tidak hanya siaran radio, tapi juga mengembangkan konten digital, terutama website, podcast, dan vlog. Kami merintis kanal Youtube RKSB TV," jelasnya.

Dengan demikian, lanjut Novi, mahasiswa yang magang atau berkolaborasi dengan RKSB Maja FM dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka, tidak hanya bisa mengasah keterampilan siaran radio, tapi juga praktik jurnalistik, baik reportase radio maupun menulis berita.

Suasana dan peralatan yang ada di studio RKSM Maja FM juga mendukung pembuatan podcast dan vlog yang merupakan konten digital popular di internet saat ini. 

Dalam podcasting dan vlogging, RKSB Maja FM didukung tim dari media bisnis dan komunikasi multimeda Katalisnet

"Satu lagi, mahasiswa juga bisa mempraktikkan atau menerapkan kemampuan menjadi event organizer (EO). Radio Maja FM punya banyak rencana kegiatan off air atau on land yang melibatkan pemerintah setempat, UMKM, dan masyarakat sekitar pada umumnya," pungkas Novi.

Pendiri Radio RKSB Maja FM yang akrab disapa Apih Anom ini juga menjelaskan, radionya selama ini sudah sering menjadi tempat magang dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa dari kampus-kampus di Kota Bandung, khususnya mahasiswa jurusan ilmu komunikasi.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post