Bambu Hoki: Tanaman Hias Indoor, Manfaat, dan Cara Perawatannya

Bambu Jepang atau bambu hoki (lucky bamboo) adalah tanaman hias dalam ruangan (indoor). Berikut ini manfaat tanaman hias bambu hoki dan cara perawatan "bambu Jepang" ini.

Manfaat Tanaman Hias Bambu Hoki dan Cara Perawatan

Bambu hoki merupakan salah satu tanaman bambu yang dipercaya bisa memberikan rezeki bagi siapa pun yang menanamnya di rumah. Karenanya, jenis tanaman hias indoor (dalam ruangan) ini disebut juga "bambu keberutungan" (lucky bamboo) dan "bambu sri rezeki".

Bambu hoki juga merupakan salah satu tanaman yang bisa dipadukan dengan akuarium dan Anda bisa menanamnya dengan mudah di dalam air, asalkan bagian daunnya tetap berada di atas permukaan air.

Disebut juga sebagai dracaena sanderiana, bambu hoki merupakan salah satu spesies tanaman bambu yang pada awalnya pertama kali ditemukan di daerah Afrika.  Disebut juga bambu Jepang, tanaman berasal dari China. 

Istilah "hoki" dari tanaman ini sebenarnya memiliki sebuah dasar fengshui yang sangat kuat. Tanaman ini sengaja dibuat dengan susunan sedemikian rupa dan setiap susunan memiliki cerminannya sendiri yang melambangkan beberapa elemen berbeda:
  • Batu atau kerikil di dalam wadah tanaman melambangkan tanah atau bumi.
  • Batang yang tegak menggambarkan kayu.
  • Batang bambu biasanya terendam di dalam air.
  • Terdapat beberapa ornamen yang terbuat dari besi untuk melengkapi batu dan kerikil.
  • Pita berwarna merah biasanya ditambah untuk melambangkan api.

Manfaat Bambu Hoki

Tanaman bambu hoki dipercaya bisa memberikan atau mendatangkan rezeki -karenanya disebut "hoki" atau keberuntungan. 

Baik di Cina atau Jepang, selain memberi kenyamanan, tanaman ini dipercaya memiliki energi "tersendiri". 

Berfungsi sebagai penyaring udara yang baik, Bambu Hoki atau Bambu Jepang ini bisa mendatangkan chi atau energi positif 

Tanaman bambu bisa melemparkan energi negatif keluar dari rumah Anda dan membuat suasana rumah menjadi lebih menyenangkan.

Tampilan dari rumah akan terlihat lebih indah karena tanaman bambu merupakan tanaman hias yang sangat menarik dan tidak membutuhkan ruang yang besar untuk menyimpannya.

Tanaman ini akan membuat aura dari rumah Anda akan terasa lebih nyaman sehingga siapa pun yang tinggal di dalamnya akan merasa nyaman dan tenang.

Berdasarkan kisah tradisional Tiongkok, jumlah dari bambu yang terdapat di dalamnya dan Anda bisa menyesuaikan jumlah bambu tersebut untuk memberikan efek keberuntungan yang berbeda bagi Anda dan keluarga. 

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai jumlah bambu yang ada dengan maksudnya:
  • Dua buah batang melambangkan cinta.
  • Tiga buah batang melambangkan kebahagiaan, kekayaan dan umur yang panjang.
  • Lima buah batang akan melambangkan kehidupan yang bahagia seperti spiritual, mental, emosional dan fisik.
  • Enam batang melambangkan keberuntungan dan kekayaan.
  • Tujuh batang akan melambangkan kesehatan tubuh yang baik.
  • Delapan buah batang bambu melambangkan tumbuh dan perkembangan yang positif.
  • Sembilan melambangkan sebuah kemujuran yang baik dan bisa memberikan hoki.
  • Sepuluh batang bambu melambangkan kesempurnaan dan perfesionalitas.
  • Dua puluh satu batang bambu melambangkan sebuah berkat yang baik dan kuat.
Pada kepercayaan orang China, hindari untuk membuat dan menanam tanaman bambu hoki dengan jumlah batang empat buah karena angka empat memiliki arti kematian dan bisa memberikan dampak yang sangat buruk bagi keluarga Anda di kemudian hari. 

Manfaat Tanaman Hias Bambu Hoki dan Cara Perawatan

Cara Perawatan Bambu Hoki

Tanaman bambu ini membutuhkan air dalam jumlah yang banyak. Pastikan agar akar bambu selalu terendam di dalam air atau selalu dalam keadaan yang basah. 

Usahakan agar air di dalam wadah terisi dengan jumlah yang cukup. Gantilah air di dalam wadah pot tersebut setiap minggu, dan bersihkanlah kerikil yang ada di dalamnya agar tidak ada lumut yang menempel.

Tangkainya yang tangguh bisa bertahan hidup dalam vas berisi air murni atau ditanam di tanah, dengan berbagai macam kondisi pencahayaan. 

Bahkan, dalam kondisi cahaya yang buruk pun ,bambu hoki mampu bertahan dalam waktu lama. 

Meski kebanyakan hidup secara hidroponik (dalam air), bambu hoki dapat ditanam di pot atau tanah biasa. 

Satu hal yang patut diwaspadai : daun bambu hoki mengandung racun walau kadarnya ringan. Oleh sebab itu, tanaman ini harus terlindungi untuk menghindari kemungkinan terjamah hewan piaraan atau pun anak Anda. 

1. Pencahayaan

Bambu hoki lebih senang hidup dalam kondisi cahaya terang dengan sinar matahari yang tersaring. Hindari sinar matahari langsung karena akan membuat daun bambu mengering. 

Bambu hoki akan lebih toleran dengan kondisi sedikit cahaya ketimbang terlalu banyak sinar matahari. 

2.  Pengairan 

Bambu hoki sebenarnya dapat tumbuh baik pada sebuah vas atau gelas sederhana yang diisi batu-batu kecil ditambahkan air setinggi sekira satu inch. 

Namun begitu, mereka sangat sensitif terhadap klorin dan zat kimia lain yang sering ditemukan dalam air keran. 

Tuangkan ke dalam vas sekira satu botol air murni atau air keran yang telah diendapkan selama 24 jam sebelumnya untuk menghindari kandungan klorin. 

Ciri-ciri bambu hoki yang sehat akarnya berwarna merah, oleh sebab itu jangan heran bila Anda melihat akar-akar kemerahan pada gelas atau vas Anda. 

Untuk kesehatan bambu, gantilah air dalam vas Anda secara rutin seminggu sekali. 

3. Temperatur 

Bambu hoki menyukai kondisi hangat dengan temperatur antara 18,3ºC hingga 32,2ºC. Jangan tempatkan tanaman di depan pendingin udara atau ventilasi pemanas. 

4. Media Tanam

Selain di dalam air, bambu hoki dapat tumbuh di tempat yang selalu dialiri air, atau media tanam dalam pot. 

Jagalah selalu kelembaban tanah dalam pot, tetapi jangan sampai terendam. 

5. Penyubur: Bambu yang ditanam dalam air hanya perlu diberi makanan setiap dua bulan sekali atau lebih menggunakan pupuk cair. Kini Anda juga dapat menggunakan pupuk cair bambu hoki yang tersedia di toko tanaman .

Demikian manfaat tanaman hiar bambu hoki dan cara merawatnya. Terlepas dari  "kepercayaan" atau "mitos" yang ada di dalamnya, yang jelas tanaman hias ini menyegarkan ruangan karena warna hijau dan rimbunnya. (Rumah, Kompas)

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post