Prospek Karier Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi

Prospek Karier Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi


Jurusan ilmu komunikasi biasanya ada di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom). Ada juga yang di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Kehadiran jurusan ilmu komunikasi tidak lepas dari kebutuhan dunia kerja di bidang media massa (wartawan) dan praktisi hubungan masyarakat (humas) di lembaga.

Wartawan dan humas adalah karier utama jurusan ilmu komunikasi. Untuk radio dan televisi, ada juga jurusan penyiaran yang melahirkan penyiar radio dan presenter TV.

Mengutip laman Binus University, komunikasi merupakan studi interdisipliner yang mengintegrasikan linguistik, sosiologi, psikologi, antropologi, politik, dan ekonomi.

Nantinya, mahasiswa akan mengkaji proses komunikasi manusia mulai dari konseptualisasi ide, penyampaian, hingga penerimaan pesan verbal dan nonverbal.

Mahasiswa juga akan belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif baik secara langsung maupun melalui berbagai media (media massa, elektronik, digital).

Dengan kemampuan yang dimiliki, lulusan jurusan ini akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan terutama yang bergerak di bidang media dan komunikasi. Apa saja prospek kariernya?

7 Prospek Karier Jurusan Ilmu Komunikasi

Berikut ini prospek karier lulusan jurusan komunikasi sebagaimana dirangkum detikcom.

1. Public Relations/Humas

Public Relations/humas bertugas untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu yang membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.

Seorang Public Relations menggunakan berbagai media untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara perusahaan dengan stakeholders dan masyarakat.

2. Event Organizer

Bagi mahasiswa yang sering mengikuti organisasi dan menggelar event kampus bisa menjadi modal penting. Karena di dunia kerja, bekal tersebut bisa dilanjutkan menjadi seorang event organizer.

Lulusan ilmu komunikasi dibutuhkan dalam industri ini karena memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, EO juga biasanya bisa bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengadakan berbagai jenis event, seperti Ismaya, DBL Indonesia, Live Nation dan lain-lain.

3. Marketing Komunikasi

Tidak jauh berbeda dengan bidang EO, marketing komunikasi atau markom biasanya ada di berbagai perusahaan. Tugas seorang markom adalah membangun komunikasi pemasaran dengan strategi yang sesuai dengan target perusahaan.

Tim markom juga seringkali menjadi posisi vital dalam berkembangnya sebuah perusahaan di mata masyarakat luas.

4. Presenter

Jika kamu suka berbicara menyampaikan berita, profesi menjadi seorang presenter bisa menjadi pilihan tepat. Terlebih menjadi presenter televisi yang hebat bisa menjadi terkenal, lho. Sebut saja di Indonesia presenter top seperti Najwa Shihab, Feni Rose, Andy.F. Noya, dan masih banyak lagi.

5. Wartawan

Lulusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi seorang wartawan karena memiliki kemampuan menulis dan menyampaikan informasi.

Namun, bagi mahasiswa yang ingin menjadi seorang wartawan perlu memiliki keberanian dan komitmen agar bisa menyajikan berita yang layak dan benar bagi banyak orang.

6. Editor

Selain wartawan, dalam dunia jurnalistik juga ada seorang editor atau sering disebut dengan penyunting. Lulusan komunikasi yang menjadi editor bertugas untuk mencari, memperbaiki, dan mempublikasikan naskah.

7. Copy Writer

Bagi yang suka menulis kreatif, prospek kerja menjadi seorang copywriter sangat terbuka lebar untuk mahasiswa lulusan jurusan komunikasi.

Seorang copywriter harus mampu membuat para pembacanya menjadi nyaman, tidak jenuh membaca tulisan hingga akhir, dan mampu memikat pembaca.

Itu dia  Prospek Karier Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi. Meski demikian, profesi Anda tidak mesti sesuai dengan jurusan. 

Banyak sarjana komunikasi yang menjadi pengusaha dan profesi lainnya, namun dipastikan ilmunya terpakai karena profesi apa pun memerlukan keterampilan komunikasi.

Karier Penyiar dan MC

Khusus untuk menjadi penyiar radio, Anda tidak harus kuliah jurusan komunikasi, meski kuliah di jurusan komunikasi akan jauh lebih baik. 

Apa pun latar belakang pendidikan dan profesi Anda saat ini, Anda bisa menjadi penyiar radio dengan mengikuti Kursus Penyiar plus MC dan Podcaster yang diadakan RKSB Maja FM Bandung.

Setelah menjadi penyiar andal, Anda akan otomatis mahir menjadi pembawa acara (MC, Master of Ceremony) dan Podcaster. Minat? Yuk, gabung RBS! Klik ini: RKSB Broadcasting School.

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post