8 Maret Hari Perempuan Sedunia

Selamat Hari Perempuan Sedunia 8 Maret

TANGGAL 8 Maret diperingati sebagai International Women's Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional atau Hari Wanita Sedunia. Berikut ini sejarah dan tujuan Hari Perempuan Sedunia yang dihimpun dari berbagai sumber.

Hari Perempuan Internasiona dirayakan tanggal 8 Maret setiap tahun untuk menandai dan merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik perempuan dan meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan perempuan, mempercepat kesetaraan gender.

Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 1911. Hari istimewa bagi kaum hawa sedunia ini tumbuh dari gerakan buruh menjadi acara tahunan yang diakui oleh PBB.

Sejarah Hari Perempuan Sedunia

Tahun 1908, sebanyak 15.000 wanita berbaris melalui New York, Amerika Serikat, menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan hak untuk memilih. 

Setahun kemudian, Partai Sosialis Amerika mendeklarasikan Hari Perempuan Nasional pertama.

Clara Zetkin, seorang aktivis komunis dan pembela hak-hak perempuan, yang mengusulkan pembentukan hari internasional.

Ia memasukkan idenya ke Konferensi Internasional Wanita Pekerja di Kopenhagen tahun 1910 - dan 100 wanita di sana, dari 17 negara, menyetujuinya dengan suara bulat.

Pertama Dirayakan  1911

Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 1911, di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss. Seratus tahun dirayakan pada tahun 2011, jadi tahun ini kami secara teknis merayakan yang ke-111.

Hal-hal dibuat resmi pada tahun 1975 ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa mulai merayakan hari itu.

Tema pertama yang diadopsi (tahun 1996) adalah "Merayakan Masa Lalu, Merencanakan Masa Depan".

Hari Perempuan Internasional telah menjadi tanggal untuk merayakan seberapa jauh perempuan telah datang dalam masyarakat, politik dan ekonomi, sementara akar politik dari hari itu berarti pemogokan dan protes diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran akan ketidaksetaraan yang berkelanjutan.

Gagasan Clara untuk Hari Perempuan Internasional tidak memiliki tanggal yang pasti.Itu tidak diformalkan sampai pemogokan masa perang pada tahun 1917, ketika wanita Rusia menuntut "roti dan perdamaian"; empat hari setelah pemogokan, tsar dipaksa turun tahta dan pemerintah sementara memberikan hak pilih kepada perempuan.

Pemogokan dimulai pada 8 Maret dan ini menjadi tanggal Hari Perempuan Internasional dirayakan.

Ungu, hijau dan putih adalah warna IWD, menurut situs web Hari Perempuan Internasional.

"Ungu melambangkan keadilan dan martabat. Hijau melambangkan harapan. Putih melambangkan kemurnian, meskipun konsep kontroversial. Warnanya berasal dari Serikat Sosial dan Politik Perempuan (WSPU) di Inggris pada tahun 1908," kata mereka.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post