9 Maret Hari Musik Nasional

9 Maret Hari Musik Nasional

TANGGAL 9 Maret adalah Hari Musik Nasional merujuk pada tanggal lahir pahlawan nasional Wage Rudolf Soepratman.

WR Supratman adalah seorang guru, wartawan, violinis, dan komponis Hindia Belanda yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia, “Indonesia Raya”. 

Peringatan Hari Musik Nasional pertama kali dilakukan pada 9 Maret 2013 melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional.

Mengutip website kemdikbud.go.id, Keppres tersebut menyebutkan, musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Rencana penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional telah disusun sejak tahun 2003 atas usul dari Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI). 

Hanya saja, butuh waktu selama satu dekade untuk membuat rancangan tersebut diresmikan yaitu tepatnya pada 9 Maret 2013.

Tanggal 9 Maret sebagai hari kelahiran W.R Soepratman adalah hasil penetapan berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor 04/Pdt/P/2007/PN PWR pada 29 Maret 2007. Putusan pengadilan tersebut disetujui oleh keluarga WR Supratman.

Sebenarnya W.R Soepratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903, sehingga penetapan Hari Musik Nasional tersebut sempat menjadi perdebatan.

Meski demikian, jika merujuk pada Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 10 tahun 2013, hari musik sejatinya adalah bentuk apresiasi masyarakat Indonesia terhadap musik Indonesia, juga untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia dan meningkatkan prestasi dunia musik.

Sehingga meski tanggalnya berbeda dengan kelahiran asli W.R Soepratman, esensi dari peringatan hari musik diharapkan tetap diperoleh.

Pengertian Musik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan

Musik juga diartikan sebagai nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Musik adalah unsur dari seni yang di dalamnya terdapat bunyi, ritme, melodi, warna suara atau timbre, tempo, dinamika dan harmoni yang bergabung menjadi satu sehingga terdengar indah di telinga.

Musik terdiri dari beberapa unsur, yaitu melodi, harmoni, ritme, dan timbre. Musik termasuk sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki, dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Musik adalah sebuah fenomena unik yang dihasilkan oleh beberapa alat musik. (Wikipedia)

Radio identik dengan musik. Radio adalah gudang lagu. Sebelum era internet yang melahirkan beragam media audio, radiolah yang berjasa mempopulerkan beragam jenis musik dan lagu.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post