Vaksin Moderna Mulai Diberikan ke Warga Bandung

Vaksin Moderna Mulai Diberikan ke Warga Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai menyuntikkan vaksin Moderna kepada warga di empat rumah sakit, yaitu RSUD Ujungberung, RSKIA Bandung, RS Al-Islam, dan RSHS Bandung. 

Vaksin Moderna yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemerintah Kota Bandung sebanyak 4.000 dosis.

"Moderna untuk umum sudah mulai diberikan di empat rumah sakit, Ujungberung, RSKIA Kopo, Al Islam dan RSHS Bandung. Ini untuk dosis satu," ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Senin (4/10/2021).

Yana menuturkan, masing-masing rumah sakit mendapatkan 1.000 dosis vaksin yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Sedangkan vaksinasi bagi tenaga kesehatan memakai vaksin Moderna sudah banyak diberikan.

Pihaknya juga mendapatkan vaksin Pfizer dari pemerintah pusat. Dengan stok vaksin yang ada ditunjang dengan para vaksinator maka pihaknya yakin pada Desember vaksinasi dosis pertama bisa mencapai 100 persen.

"Kami lihat stok vaksin juga dapat tambahan terus vaksinator banyak, fasilitas kesehatan banyak berkeyakinan selama vaksin ada Desember bisa tercapai target," ungkapnya.

Yana menambahkan, pihaknya mendapatkan tambahan vaksin Sinovac sebanyak 600 ribu dosis yang diperuntukkan bagi warga berusia 12 sampai 17 tahun. Pihaknya berharap pemberian vaksinasi dapat berjalan lancar sehingga target Desember dapat tercapai dengan lancar.

"Alhamdulillah baru dapat tambahan lagi Vaksin Sinovac 600 ribu untuk percepatan usia 12 sampai 17 tahun. Mudah-mudahan percepatan pemberian vaksin bisa tuntaskan sampai Desember," katanya dikutip Republika.

Target sasaran vaksinasi di Kota Bandung mencapai 1.952.358 orang. Dosis pertama vaksin telah mencapai 1.669.348 orang atau 85.35 persen. Sedangkan untuk vaksin kedua sudah mencapai 1.134.801 orang atau 58.12 persen.

Vaksin Buatan Amerika

Menurut laman Alodokter, Vaksin Moderna adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 atau COVID-19. 

Vaksin Moderna atau mRNA-1273 dikembangkan sejak Januari 2020 oleh Moderna and Vaccine Research Center at the National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) di Amerika.

Vaksin Moderna merupakan jenis vaksin mRNA (messenger RNA). Vaksin ini tidak menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan, melainkan menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein. Protein tersebut merupakan bagian dari permukaan virus Corona.

Vaksin Moderna kini bisa juga digunakan untuk masyarakat umum. Beberapa penelitian lainnya menerangkan bahwa Moderna efektif mencegah ganasnya virus Covid 19 varian Alfa dan Beta. 

Bahkan Moderna sendiri menyebutkan vaksin ini ampuh untuk melawan varian Beta, Delta, Eta, dan Kappa. Tetapi, efikasi vaksin Moderna terhadap varian Delta masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Meski begitu, beberapa ahli meyakini Moderna mampu bekerja sama hebatnya dengan vaksin Pfizer, sebab keduanya adalah vaksin jenis mRNA. Inilah perbedaan vaksin Moderna dan Pfizer dari Sinovac dan Astrazeneca.

Kasus Covid-19 Bandung

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat hingga Ahad (3/10) kemarin, konfirmasi aktif Covid-19 sebanyak 103 kasus, meninggal dunia 1.421 kasus. Konfirmasi sembuh 40.948 dan konfirmasi total 42.472 kasus.*


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post