Oktober Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia

Oktober Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia


OKTOBER adalah Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) Indonesia. Awalnya, Oktober hanya ditetapkan sebagai bulan bahasa, lalu dikembangkan menjadi bulan bahasa dan sastra Indonesia.

Penetapan Oktober sebagai bulan bahasa dan sastra Indonesia terkait Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Dalam sumpahnya, pemuda Indonesia antara lain menegaskan "menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia". 

Inilah yang melatarbelakangi Oktober sebagai bulan bahasa dan sastra Indonesia.

Sejak 1980, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggelar beragam acara terkait bulan bahasa ini. Acara yang digelar bertujuan meemasyarakatan bahasa dan sastra di Indonesia.

Bulan Bahasa dan Satra Indonesia 2021

Dirilis website resmi Badan Bahasa Kemendibud, dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2021, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyelenggarakan berbagai kegiatan kebahasaan dan kesastraan, sebagai ajang mengapresiasi, berdiskusi, berkompetisi, dan berbagi informasi. 

Acara-acara yang digelar antara lain Apresiasi Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Daring dan Media Sosial Lembaga, Diskusi dan Bedah Buku Bahasa dan Sastra, Kompetisi Cerdas Mengulas Buku, Lomba Mendongeng, Debat Bahasa, dan sebagainya.

Acara-acara tersebut bertema sentral "Berbahasa Sehat, Indonesia Tangguh". Acara puncak 28 Oktober 2021.

Sumpah Pemuda

Alasan ditetapkannya Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia tersebut merujuk pada sejarah dikumandangkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 dalam keputusan Kongres Pemuda II di Jakarta

Setiap 28 Oktober bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sejak itu pula bahasa Indonesia ditetapkan pula bahasa resmi sekaligus bahasa pemersatu bangsa Indonesia. 

Isi Sumpah Pemuda yang dibacakan pada Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928, sebagai berikut:
  • Kami Poetra dan Poetri Indonesia Mengakoe Bertoempah Darah jang Satoe, Tanah Indonesia.
  • Kami Poetra dan Poetri Indonesia Mengakoe Berbangsa jang Satoe, Bangsa Indonesia.
  • Kami Poetra dan Poetri Indonesia Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.
Demikian kilas sejarah tentang Oktober Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post