PPKM Level 2, Mayoritas Kelurahan di Kota Bandung Bebas Covid-19

PPKM Level 2, Mayoritas Kelurahan di Kota Bandung Bebas Covid-19


Kota Bandung kini masuk Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Saat ini 99 dari 151 kelurahan di Kota Bandung terbebas dari Covid-19. Tinggal menyisakan 52 kelurahan yang masih terdapat konfirmasi aktif Covid-19.

Ada beberapa hal yang menjadi indikator penting Kota Bandung masuk level 2, yaitu konfirmasi aktif yang menurun, konfirmasi sembuh terus meningkat, pelaksanaan vaksinasi juga Bed Occupancy Rate (BOR) hingga positivity rate.

Update terkini kasus Covid-19 Kota Bandung itu terungkap dalam kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa (19/10/2021).

“Per hari kemarin (18 Oktober 2021), kasus aktif Covid-19 di Kota Bandung mencapai 93 kasus. Kondisi saat ini jauh lebih baik, juga keluar Inmendagri bahwa Kota Bandung masuk level 2,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani Apip.

Rosye mengungkapkan, dari 30 rumah sakit rujukan, BOR di Kota Bandung yaitu 6,52 persen. Dengan total 1.059 tempat tidur yang tersedia, sebanyak 69 tempat tidur yang terisi.

“Rumah sakit tetap menyediakan tempat tidur jika terjadi lonjakan kasus. Kita lihat perkembangan kasusnya. Nanti dialihfungsikan dari non-Covid menjadi Covid. Sesuai keadaan yang dibutuhkan,” jelasnya.

Sedangkan positivity rate di Kota Bandung, yaitu 0,14 persen. Angka tersebut terkendali, karena badan kesehatan dunia, WHO menetapkan di bawah 5 persen.

“Artinya terkendali. Jadi kita bisa mengatakan bahwa kondisi covid-19 di Kota Bandung terkendali,” jelasnya.

Untuk vaksinasi, Rosye memastikan terus mengalami perkembangan. Sesuai data Pusicov, Senin 18 Oktober 2021, total vaksinasi dosis 1 mencapai 90,48 persen atau 1.766.496 dari total sasaran 1952.358.

“Perkembangan vaksinasi cukup menggembirakan. Sehingga optimis bisa menyelesaikan target 100 persen pada Desember nanti,” katanya.

Meskipun masuk dalam level 2, Rosye mengimbau warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). 

“Pandemi ini bisa selesai dengan menerapkan pola hidup menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan prokses lainya agar terhindar dari virus covid-19," tuturnya dikutip website resmi Humas Pemkot Bandung.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post