Pengertian VPN untuk Koneksi Internet Pribadi

Pengertian VPN untuk Koneksi Internet Pribadi

Virtual Private Network atau VPN adalah teknologi yang berfungsi mengamankan koneksi internet dengan cara mengalihkan dan mengenkripsinya.

VPN merupakan solusi aman yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima data melalui internet dengan tetap menjaga privasi dan kerahasiaan data VPN berdasar tingkatan enkripsi.

VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain. 

Dengan kata lain, VPN menghubungkan komputer atau telepon genggam ke perangkat lain di tempat yang berbeda sehingga kamu bisa mengakses internet menggunakan koneksinya.

VPN ini biasanya banyak digunakan untuk membuka website yang tidak bisa diakses, atau website yang diblokir. 

Awalnya, VPN adalah dibuat hanya sebagai cara untuk menghubungkan jaringan bisnis bersama dengan aman melalui internet, atau agar memungkinkan Anda untuk mengakses jaringan bisnis dengan aman dari rumah.

VPN HP Android

Di HP Android, VPN juga menutup akses histori atas jejak digital penggunanya sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses riwayat pengguna lain. Selain itu, pengguna VPN juga akan terbebas dari pembatasan pemakaian data internet.

Cara kerja VPN pada dasarnya adalah dengan membuat jaringan di dalam jaringan, atau sering juga disebut tunneling. Hal ini bertujuan untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan memanfaatkan struktur jaringan lain. Hal ini dapat juga membuat kita mengakses dengan mudah situs-situs yang diblokir.

Akan tetapi, ada beberapa kekurangan dari penggunaan VPN, salah satunya adalah koneksi yang terkadang lebih lambat.

Manfaat VPN

Mengutip Suara, VPN adalah perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya tersambung ke layanan internet secara pribadi.

VPN memberikan akses ke website secara aman dengan jalur koneksi melalui server dengan menyembunyikan jejak data pribadi pemakainya. VPN menjadi penghubung antara satu server dengan server lainnya di sebuah tempat yang memiliki jaringan internet.

VPN memiliki berbagai kegunaan. Terutama dalam melindungi data pribadi. VPN juga menutup akses histori atas jejak digital penggunanya sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses riwayat pengguna lain. 

Selain itu, pengguna VPN juga akan terbebas dari pembatasan pemakaian data internet.

Kegunaan lainnya data pengguna yang tertinggal di dunia digital akan dienkripsi atau diberi kode khusus supaya tidak mudah diduplikasi orang lain. 

Aplikasi VPN akan mengamankan informasi pribadi dengan pemakaian nama anonim.

Perangkat ini akan menyembunyikan tempat keberadaan pengguna internet secara real time. Lokasi yang terdeteksi hanyalah lokasi server VPN yang sedang digunakan. 

Dengan demikian, VPN akan mengaburkan batasan geografis bagi para pemakainya.

Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN adalah dengan melakukan enkripsi atau pengkodean data sebelum jaringan internet publik membacanya.

Ketika pengguna terhubung dengan internet lewat VPN, itu artinya sama saja dengan mengakses internet lewat jaringan khusus sehingga tidak ada orang lain yang mengetahuinya.

Server VPN berfungsi untuk meneruskan koneksi ke situs yang ingin diakses.

Sejumlah pengguna internet masih bertanya-tanya apakah VPN aman saat digunakan. Setiap penyedia VPN memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda tergantung kapasitas teknologi dan aturan hukum yang mengikat layanan VPN tersebut. Namun, dapat dipastikan bahwa VPN merupakan layanan yang legal.

Kedua faktor tersebut, yakni teknologi dan hukum, menuntut pengguna internet bersikap bijaksana dalam menentukan layanan VPN yang akan digunakan. Pastikan membaca semua peraturan sebelum memutuskan untuk menggunakan VPN. (Berbagai sumber).*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post