Pengertian Internet dan Sejarahnya

Pengertian Internet dan Sejarahnya


Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Apa sebenarnya arti internet? Berikut ini pengertian internet.

Internet mengubah gaya hidup masyarakat modern. Kehadiran internet memunculkan banyak hal, termasuk istilah baru, seperti warganet atau netizen dan pembuat konten atau content creator.

{tocify} $title={Table of Contents}

Pengertian Internet

Istilah internet ditulis dalam dua cara, yaitu "i" kecil (internet) dan "i" besar (Internet).

Menurut Bob Wyman, staf teknologi Google dan pakar Net lama, “I” harus ditulis dengan huruf kapital untuk memperjelas perbedaan makna antara Internet (jaringan global yang berevolusi dari ARPANET, jaringan Pentagon awal), dan internet generik, atau jaringan komputer yang menghubungkan sejumlah jaringan yang lebih kecil. (Romeltea)

Menurut Wikipedia, internet merupakan singkatan bahasa Inggris dari interconnected network. Arti harfiahnya "jaringan yang saling berhubungan".

Per definisi, pengertian internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. 

Sejumlah ahli dan akademisi juga merumuskan pengertian internet. Di antaranya:

1. O’Brien: internet adalah suatu jaringan komputer yang berkembang dengan sangat pesat. Dimana, dengan penggunaan internet tersebut dapat membawa manfaat serta dampak positif bagi dunia pendidikan, bisnis, hingga pemerintahan.

2. Berners Lee: internet adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan di dalamnya. Konsep tersebut berarti, suatu jaringan komputer atau lokal yang terhubung dengan jaringan yang lain.

3. Sarwono: pengertian internet adalah kumpulan jaringan dengan skala global, dimana tidak ada seorangpun yang bertanggung jawab untuk mengerakkan internet itu sendiri.

4. Lani Sidharta: internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap. 

2. Khoe yao tung: intenet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.

Pengertian Internet dan Sejarahnya


Sejarah Internet

Asal usul Internet berasal dari penelitian yang ditugaskan oleh pemerintah federal Amerika Serikat pada tahun 1960-an untuk membangun komunikasi yang kuat dan toleran terhadap kesalahan dengan jaringan komputer. 

Jaringan prekursor utama, ARPANET, awalnya berfungsi sebagai tulang punggung untuk interkoneksi jaringan akademik dan militer regional pada 1980-an. 

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

ARPANET mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969. 

Secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan nonmiliter seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. (Wikipedia)

Timeline Perkembangan Internet


Timeline Perkembangan Internet

Berikut ini timelime sejarah dan perkembangan internet sebagaimana dikutip dari laman Lifeboat.

1965: Konsep "hiperteks" dan "tautan" yang dapat diklik. Tapi demonstrasi terbatas pada satu komputer atau jaringan lokal. Mouse pertama dipatenkan pada tahun 1967. Namun selama 15 tahun berikutnya, hanya sedikit orang yang menggunakan mouse atau alat penunjuk.

1970-an: Internet dan pendahulunya, Arpanet, adalah konstelasi alat akses terminal jaringan yang menghubungkan universitas dan laboratorium penelitian. Menemukan materi dan mengaksesnya membutuhkan jargon baris perintah yang membatasi penggunaannya. Anda dapat mengakses web dan sebagian besar standar sudah ada—tetapi tidak ada browser universal yang menyertakan tautan hypertext.

1983: Apple memperkenalkan Lisa (pendahulu Macintosh). Ini termasuk mouse, yang kebanyakan orang belum pernah digunakan sebelumnya. Tidak mau kalah, Microsoft menawarkan Mouse aftermarket seharga $ 195 yang dibundel dengan Word dan Notepad.

1991: Publik memperoleh akses pada tahun 1991 setelah Tim Berners-Lee, memposting ringkasan proyek dan standar http yang dia rintis.

1995: Netscape memperkenalkan Mozilla (kemudian berganti nama menjadi browser Netscape). Ini memulai migrasi data bertahap dari server FTP dan Usenet ke halaman web (protokol http) dan ledakan dalam layanan dan pelanggan.

Penggunaan di rumah masih memerlukan peralatan khusus (modem telepon) dan aplikasi harus diinstal dari CD atau beberapa disket. Aplikasi ini memodifikasi sistem operasi dengan menambahkan tumpukan TCP dan Windows Socket API. Sebelum hal-hal ini dibundel ke dalam PC baru, prosesnya sangat menakutkan. Jadi, selama 10 tahun ke depan, banyak orang mengakses internet dari warnet, sekolah, atau perpustakaan.

1999: Standar WiFi diperkenalkan pada tahun 1997. Namun memiliki keterbatasan teknis yang membatasi daya tariknya. Pada tahun 1997, 802.11b, standar WiFi pertama yang banyak digunakan dan didukung, menghadirkan kebebasan bergerak ke dalam rumah. Ini terjadi pada waktu yang hampir bersamaan dengan banyaknya orang yang berpindah dari komputer desktop atau tower ke laptop.

WiFi-b dan yang lebih baru g dan n membantu mendorong akses Internet yang nyaman dari mana saja di dalam rumah. Selama dekade berikutnya, konsumen mengharapkan sinyal WiFi yang tersedia di kantor, sekolah, restoran, hotel, dan bandara.

2003: Kebangkitan Media Sosial

Myspace bukanlah platform media sosial pertama. Friendster mengalahkannya hampir satu tahun. Tapi Myspace adalah yang pertama menjadi viral dan nasional di antara banyak demografi. Seiring dengan Facebook—yang melampaui Myspace dalam pertumbuhan pelanggan—platform media sosial mengubah banyak pengguna yang jarang menjadi konsumen yang selalu terhubung.

  • Friendster Maret 2002
  • MySpace Agustus 2003
  • Facebook Februari 2004
  • Twitter Maret 2006

2007: Apple dan AT&T memperkenalkan iPhone di musim panas. Sebelum tahun 2007, ponsel flip menawarkan akses web melalui browser kasar yang dibangun ke dalam Palm atau Symbion, OS yang digunakan oleh Palm Pilot, Nokia, Motorola, dan lainnya. Tapi iPhone menggebrak Smart Phone, kategori baru gadget konsumen yang harus dimiliki, yang mengarah ke akses internet seluler di mana-mana.

2007: Apple dan AT&T memperkenalkan iPhone di musim panas. Sebelum tahun 2007, ponsel flip menawarkan akses web melalui browser kasar yang dibangun ke dalam Palm atau Symbion, OS yang digunakan oleh Palm Pilot, Nokia, Motorola, dan lainnya. Tapi iPhone menggebrak Smart Phone, kategori baru gadget konsumen yang harus dimiliki, yang mengarah ke akses internet seluler di mana-mana.

1995 ~ 2020

Lambat laun, Internet menjadi fenomena pasar massal. Tetapi kecepatan koneksi yang lambat dan kebutuhan untuk menangguhkan panggilan telepon membatasi penggunaannya. Antara 1978 dan 1996, modem telepon secara bertahap meningkatkan teknologi dari 300 bps menjadi 56.000 Baud (akses pada ~25 kbps).

Setelah tahun 1996, konsumen secara bertahap beralih dari menggunakan saluran telepon mereka ke layanan internet khusus. Rumah terhubung ke ISP (Penyedia Layanan Internet) melalui kabel telepon yang ada (ISDN), kabel TV, Fiberoptic atau Wireless-to-home.

Demikian Pengertian Internet dan Sejarahnya. Berkah internet. Radio RKSB Maja FM pun bisa menjangkau audiens di seluruh dunia melalui Streaming.*


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post