Pengertian Konten dan Cara Menjadi Content Creator

Pengertian Konten dan Cara Menjadi Content Creator


Apa Itu Content Creator dan Bagaimana Menjadi Pembuat Konten? Artikel ini membahasnya sebagai panduan bagi pemula yang ingin menjadi content creator. Menulis dan berpikir kreatif adalah inti dari menjadi penulis dan pembuat konten.

Anda hanya perlu mendaftar ke pemberitahuan pekerjaan LinkedIn, untuk melihat semakin banyak perusahaan yang menjanjikan pekerjaan media digital bergaji tinggi. Banyak di antaranya berfokus pada pembuatan konten.

Tapi apa yang diperlukan untuk menjadi pembuat konten, dan bagaimana Anda bisa memulai karier sebagai pembuat konten?

Jika Anda bertanya-tanya apakah pekerjaan sebagai pembuat konten cocok untuk Anda, ingin membangun bisnis sebagai pembuat konten, atau sedang dalam perjalanan dan ingin meningkatkan permainan Anda, baca terus untuk semua yang perlu Anda ketahui.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Apa itu Content Creator?

Secara bahasa, content creator artinya pembuat konten.

Per definisi, pengertian content creator adalah seseorang yang membuat materi yang menghibur atau mendidik untuk diekspresikan melalui media atau saluran apa pun.

Materi yang dibuat content creator bisa berupa teks (tulisan), audio (podcast atau musik), video, infografis. Konten sendiri adalah sebutan bagi isi media internet, yaitu di website (terutama media sosial) dan aplikasi (app).

Content creator lebih banyak tertuju ke media sosial. Pasalnya, media sosial paling banyak dibuka di internet, selain situs berita dan marketplace untuk belanja online.

Pembuatan konten (content creation) terutama berkaitan dengan konten digital, karena di situlah sebagian besar konten dikonsumsi (dan di mana uangnya, jika Anda ingin mendapatkan penghasilan melalui usaha Anda).

Untuk bisnis, pembuatan konten dapat berarti menyusun buletin, email, materi pemasaran digital, brosur, media sosial, artikel, laporan tahunan, advertorial, editorial, dan komunikasi perusahaan, dan banyak lagi.

Pengertian Konten

Untuk sepenuhnya memahami apa itu dan apa yang dilakukan pembuat konten, penting untuk memahami apa itu "konten" (content).

Dalam industri penerbitan, komunikasi, dan seni, konten dapat didefinisikan sebagai semua informasi dan pengalaman, seperti tulisan, pidato, atau berbagai seni lainnya, yang diekspresikan melalui media untuk mengkomunikasikan nilai kepada pengguna akhir.

Lebih penting untuk bisnis, konten adalah hal-hal yang menjadi nilai bagi pengguna, pembaca, atau pemirsa (audiens).

Pada tingkat yang paling dasar, konten meliputi:
  1. Informasi dan/atau pengalaman
  2. Media/saluran tempat informasi disampaikan
  3. Fitur bermanfaat apa pun yang ditambahkan media ke informasi atau pengalaman
Perlu dicatat di sini, bahwa meskipun media penyampaian sangat penting untuk konten, itu bukan bagian terpenting dari ketiganya di atas. 

Informasi dan pengalaman adalah raja. Tanpa mereka, media pada dasarnya tidak memiliki nilai. 

Lagi pula, apa artinya saluran YouTube tanpa video atau majalah favorit Anda tanpa artikel atau gambar?

Semakin banyak, bisnis memahami nilai bekerja dengan pembuat konten. Mereka melihat bahwa konten berkualitas tinggi menginspirasi pengguna untuk mengambil tindakan dan dapat menumbuhkan komunitas dan loyalitas melalui interaksi dengan merek, komunitasnya, atau keduanya.

Jenis-Jenis Konten

Ke mana pun Anda melihat, ada konten yang dibuat oleh seseorang yang mungkin dibayar untuk membuatnya. 

Salinan di belakang kotak sereal Anda, surat sampah yang Anda lempar belum dibuka, slogan di T-shirt Anda, cuplikan berita pagi, video yang Anda tonton di Instagram, teks yang Anda baca sekarang? Itu semua konten.

Sebagai bidang yang luas, tanggung jawab pembuat konten dapat sangat bervariasi, tetapi kemungkinan besar mencakup beberapa atau semua hal berikut:
  1. Menulis, mengedit, membuat blog, dan memperbarui konten untuk segala hal mulai dari brosur, dan materi pemasaran dan promosi hingga email, situs web, blog, dan banyak lagi, itu semua disebut pembuatan konten dan pembuatnya disebut content creator.
  2. Memastikan praktik SEO terbaik diikuti untuk konten digital sehingga mesin pencari seperti Google dapat menemukan konten Anda.
  3. Membuat postingan media sosial dan mengelola akun sosial, termasuk menanggapi komentar dan pertanyaan pengguna.
  4. Bekerja dengan berbagai departemen perusahaan dan berbagi ide konten untuk membantu kebutuhan konten mereka.
  5. Memantau metrik situs web dan media sosial.

Ingin menggali lebih dalam tentang apa yang dibuat oleh pembuat konten? Berikut daftar beberapa jenis konten yang paling umum:
  1. Artikel
  2. Karya seni
  3. Audio
  4. Postingan blog
  5. Brosur
  6. Buku elektronik (e-Book)
  7. Surel (Email)
  8. Bagan
  9. Film
  10. Grafik
  11. Gambar/foto
  12. Infografis
  13. Berita
  14. Naskah produk
  15. Konten media sosial
  16. Video
  17. White Papers

Ya, itu jenis-jenis konten. Banyak ya?

Untungnya, Anda tidak harus menjadi seorang profesional atau memiliki pengalaman dalam semuanya untuk membangun reputasi sebagai pembuat konten yang hebat. Anda perlu menemukan niche Anda berdasarkan keahlian Anda dan jenis pembuat konten yang Anda inginkan.

Platform Paling Populer yang Menghosting Pembuatan Konten

Di mana konten muncul? Berikut adalah beberapa platform media utama yang menampilkan konten:
  1. Bioskop
  2. Internet (blog, podcast, situs web, platform media sosial, e-book, podcast, dll.)
  3. Acara langsung (konferensi, pertunjukan, dll.)
  4. Bahan cetak (buku, brosur, majalah, kemasan, pamflet, dll)
  5. Radio
  6. Smartphone (aplikasi, akses internet)
  7. Televisi

Hanya Anda yang tahu apakah Anda lebih dari seorang blogger, pakar media sosial, copywriter, atau penyiar. 

Jadi, pikirkan tentang minat dan keahlian Anda saat Anda mempertimbangkan platform mana yang Anda bayangkan konten Anda dipamerkan, lalu pertimbangkan jenis perusahaan yang mempekerjakan pembuat konten:
  1. Media (berita, hiburan)
  2. Perusahaan ritel dan e-niaga
  3. Industri perhotelan (restoran, klub, tempat musik)
  4. Merek (hampir semua orang mulai dari makanan, mode, obat-obatan, hotel, kota, hingga rumah sakit)
  5. Blogger/influencer (beberapa influencer pro memiliki tim)
  6. Selebriti (Anda pikir mereka melakukan semua pekerjaan kotor?)

Seluas itu ya? Itu karena setiap perusahaan perlu berkomunikasi dengan konsumen mereka, dan mereka membutuhkan pembuat konten yang berbakat dan terampil untuk membantu mereka melakukannya.

Itulah salah satu keindahan pembuatan konten. Apa pun keahlian Anda (aerodinamika, diet ketogenik, menjahit, kebijakan luar negeri, produktivitas, apa saja), kemungkinan besar ada kebutuhan bagi seseorang untuk memperjuangkannya melalui pembuatan konten.

Bagaimana Cara Menjadi Content Creator?

Pembuat konten yang sukses tahu ada lebih banyak permintaan daripada menulis konten terbaik (meskipun itu awal yang bagus dan berhasil bagi sebagian orang, seperti copywriter).

Ikuti praktik terbaik di bawah ini untuk memastikan Anda dipersenjatai dan siap untuk menguasai dunia pembuatan konten.

1. Update.

Apa pun bidang keahlian Anda, Anda harus mengetahuinya, mengetahui berita terbaru, dan mengikuti tren.

2. Kenali Audiens Anda.

Semakin baik Anda mengenal audiens Anda atau klien Anda, semakin baik Anda dapat berkomunikasi dengan mereka.

3. Gunakan Alat 

Pembuatan konten bukan hanya tentang menyusun kata-kata. Seperti disebutkan di atas, semuanya bisa dari mengelola media sosial hingga mendesain brosur hingga membuat video. 

Jika Anda menggunakan alat terbaru, Anda akan tahu bahwa tidak ada alasan untuk memulai dari awal ketika ada templat online gratis yang melakukan desain grafis berat untuk Anda.

4. Sering Menulis

Menulis dan berpikir kreatif adalah inti dari menjadi penulis dan pembuat konten. Mereka juga otot yang perlu ditekuk secara teratur agar tetap gesit. 

Anda bisa mengasah keterampilan menulis ini melalui blogging --membuat blog, gratis dan mudah. Cek: Cara Membuat Blog.

5. Menulis untuk SEO

Anda dapat menulis konten yang akan membuat Shakespeare menangis dan tetap tidak mendapatkan daya tarik, jika Anda tidak menyertakan kata kunci (keywords) yang membantu pekerjaan Anda naik ke bagian atas hasil pencarian. 

Kata kunci SEO memastikan konten Anda terlihat dan memiliki hasil yang terukur. 

SEO adalah singkatan Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari. Google memberikan panduan SEO dasar bagi pemula.

Cara Menjadi Pembuat Konten Pro

Setelah Anda mengetahui jenis konten yang ingin Anda buat dan untuk jenis industri apa, inilah saatnya untuk menampilkan diri Anda di depan klien potensial. Begini caranya.

1. Buat Portofolio

Tentu, Anda dapat menunjukkan kepada klien potensial akun media sosial Anda (dan Anda harus melakukannya jika mereka hebat). 

Tetapi langkah pro adalah membuat dan membagikan portofolio digital yang menampilkan karya terbaik Anda. Belum punya pekerjaan untuk ditampilkan? Buat beberapa untuk klien imajiner!

2. Jaringan

Lupakan apa yang orang lain katakan. Itu adalah siapa yang Anda kenal. Tampilkan diri Anda di hadapan jenis klien yang Anda inginkan, baik di pameran dagang, konferensi, acara peluncuran, atau pertemuan lainnya dan berteman di tempat yang tepat. 

Jaringan online juga penting. Ikuti dan komentari akun media sosial yang Anda kagumi. Tawarkan untuk berkolaborasi. Menampilkan dan menandai merek yang ingin Anda ajak bekerja sama. Pertahankan dan hubungan akan tumbuh.

3. Promosikan Diri Anda

Jangan menunggu pekerjaan datang kepada Anda. Sebaliknya, secara aktif mengejar peluang. Tahu restoran yang bisa mendapat manfaat dari bantuan media sosial atau merek butik dengan buletin biasa-biasa saja? Tawarkan untuk membantu meningkatkan keterlibatan mereka (tanpa menginjak kaki).

4. Jangan Menyerah

Menumbuhkan bisnis dan basis klien yang solid membutuhkan waktu. Beri diri Anda waktu, setidaknya enam sampai delapan bulan, sebelum mengharapkan hasil.

5. Dibayar

Selain pengambilalihan AI, tidak akan pernah ada waktu ketika pembuatan konten menjadi usang. 

Investasi apa pun yang Anda lakukan untuk keterampilan Anda sekarang akan terbayar terus-menerus. Pembuat konten dapat membebankan biaya dengan berbagai cara: berdasarkan proyek, per jam, atau per bulan sebagai kontraktor independen. Mereka mungkin juga karyawan yang digaji.

Biaya bervariasi tergantung pada keterampilan, harga pasar lokal, menengah, dan materi pelajaran. Pada musim gugur 2020, Glassdoor melaporkan kisaran gaji pembuat konten sebagai $ 35.000 hingga $ 73.000 per tahun, sementara pekerja lepas yang mengelola akun media sosial untuk klien dapat mengenakan biaya mulai dari $ 15 hingga $ 120 per jam.

Tanyakan sekitar untuk mengetahui tarif yang dapat Anda tetapkan secara wajar dan jangan menjual diri Anda sendiri. Anda dapat mengantisipasi bahwa ketika keterampilan Anda tumbuh, begitu juga gaji Anda.

Yang terpenting, keluarlah dan mulailah berkreasi. Semakin Anda tenggelam dalam keterampilan, alat, dan komunitas pembuat konten, semakin baik Anda dalam membuat konten epik. 

Tak lama kemudian, Anda akan menemukan bahwa sebagai pembuat konten, Anda memegang kunci dunia pertunangan—dan mencari nafkah menggunakan kreativitas Anda.

Demikian Pengertian Konten dan Cara Menjadi Content Creator. Peluang begitu terbuka. Teknologi internet memungkinkan semua orang menghasilkan uang dari kreasi konte. (Sumber)

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post