Ekonom Prediksi yang Bakal Terjadi Setelah Pandemi Covid-19 Berakhir

Ekonom Prediksi yang Bakal Terjadi Setelah Pandemi Covid-19 Berakhir

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Kasus positif menunjukkan tanda-tanda menurun. Ini menimbulkan harapan pandemi segera berakhir.

Apa yang akan terjadi bila pandemi corona berakhir?

Menurut ekonom senior Raden Pardede, setelah pandemi berakhir, akan ada perubahan. Ia mencontohkan, pada 1334-1350 terjadi pandemi Blackdeath. 

Berakhirnya pandemi ini memberikan sesuatu hal yang positif seperti berakhirnya perbudakan di Eropa dan perbaikan hak kesejahteraan dan akselerasi di abad pertengahan. 

Kemudian setelah Spanish Flu pada 1918 - 1919 terjadi akselerasi ilmu medis modern dan awal golden age.

"Lalu bagaimana dunia paska-Covid-19? Kita lihat sekarang terjadi perubahan sistem kesehatan, akselerasi otomatisasi dan digitalisasi, peningkatan artificial intelligence dan Big Data, perubahan global value chain, peningkatan tele work hingga green recovery," katanya dalam acara Indonesia Knowledge Forum X 2020, Kamis (7/10/2021).

Karena itu, lanjutnya, dibutuhkan strategi normalisasi atau siap menghadapi new normal. Karena manusia tidak bisa dikurung pandemi harus dikendalikan dan ini akan meningkatkan kepercayaan.

"Kita tidak bisa memusnahkan COVID-19 itu ada dalam waktu yang lama. Tapi dengan vaksinasi diharapkan kematian bisa berkurang," imbuhnya.

Raden menyebutkan, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat agar hidup menjadi lebih sehat. Setiap orang harus menjaga diri masing-masing untuk transformasi kesehatan.

Menurutnya, pandemi ini turut menciptakan creative disruption dan menciptakan winner & losers

Untuk yang bisa beradaptasi bisa bertahan dan masuk ke peluang baru. JUga ada game changer seperti vaksinasi, omnibuslaw, hilirisasi, dan transformasi digital. 

"Ini akan menjadi katalis pemulihan dan percepatan ekonomi digital," jelasnya. (Detik)


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post