Cara Mengatasi Gugup dalam Public Speaking

Cara Menghilangkan Gugup dalam Public Speaking


GUGUP, nervous, atau grogi adalah salah satu kendala dalam public speaking --pidato, presentasi, siaran radio, dll. Apa penyebab gugup? Bagaimana menghilangkannya? Berikut ini Cara Mengatasi Gugup dalam Public Speaking.

Tidak semua orang pandai berbicara di depan umum. Namun, tuntutan pekerjaan maupun tugas tertentu terkadang mengharuskan seseorang presentasi di depan umum.  

Jika tidak mempersiapkan diri, presentasi di depan umum akan menimbulkan rasa gugup dan cemas. Ini menyebabkan pikiran tidak fokus, jantung berdetak lebih cepat, dan tangan berkeringat. 

Rasa gugup sering kali muncul saat tubuh akan bersiap melakukan sesuatu. Gugup merupakan respons tubuh terhadap sesuatu yang mengganggu pikiran. 

Mengatur napas dan menenangkan pikiran mungkin belum bisa menghilangkan rasa gugup. Nah, inilah beberapa cara untuk mengatasi gugup saat akan berbicara di depan umum.  

Penyebab Gugup 

Gugup dalam Public Speaking adalah hal wajar. Bahkan orang yang biasa tampil di depan umum pun, tidak ada jaminan tidak gugup.

Berikut ini penyebab gugup:

1. Stress

Menurut sehatq.com, gugup atau rasa tegang (grogi) sangat wajar muncul sebagai respons tubuh saat merasa stres. Ada faktor hormonal dan fisiologis yang berperan saat menghadapi sesuatu yang dianggap “mengancam”.

Ketika berhadapan dengan situasi menegangkan, tubuh akan memproduksi adrenalin. Di saat bersamaan, jantung berdetak lebih kencang.

Jadi, gugup muncul karena merasa tertekan. Kadang tekanan datang dari dalam diri sendiri, misalnya merasa harus tampil prima atau sempurna. Padahal, no body's perfect 'kan?

2. Rasa minder 

Gugup bisa muncul ketika di antara hadirin ada orang yang kita anggap lebih hebat atau lebih pandai, juga lebih tinggi jabatannya. 

Jadi, penyebab gugup lainnya adalah rasa minder kepada kelebihan orang lain. Padahal, yang dianggap lebih hebat itu adalah hadirin seperti biasa. Anda lah yang lebih siap saat itu untuk tampil. Anda siap berbicara, sedangkan mereka hanya siap mendengarkan.

3. Persiapan yang kurang

Persiapan adalah hal terpenting sebelum public speaking. Baik persiapan fisik, mental, maupun materi. Jika tidak siap atau kurang persiapan, gugup adalah risikonya.

Tidak ada yang lain selain saat persiapan kita yang kurang. Kita lebih mudah gugup dan minder saat harus berbicara di depan umum saat kita tidak menyiapkan semuanya dengan baik. 

Mulai dari bahan yang akan dibicarakan, sampai kemungkinan pertanyaan beserta jawaban yang akan kamu terima nantinya. 

4. Tidak Terbiasa

Tidak terbiasa artinya berbicara di depan umum bukan sebuah rutinitas yang biasa dilakukan, sehingga ketika saatnya tiba, kita menjadi gugup seperti orang gagu.

Maka, perbanyak latihan agar terbiasa. Ingat ungkapan "alah bisa karena biasa"? Nah, itulah pentingnya latihan.

"Tidak ada orang hebat, yang ada orang terlatih! There's no great people, but trained people!" 

5. Tidak Menguasai Materi

Jelas, ini penyebab Anda gugup. Siapa pun, profesional sekalipun, jika tidak menguasai tema atau topik pembicaraan, akan merasa gugup.

Karena itu, dalami dan kuasai materi, agar bisa mengatasi rasa gugup dalam public speaking. Kini tersedia banyak sekali literatur di internet. Topik apa saja ada! Googling aja dan baca, pahami.

Cara Mengatasi Gugup dalam Public Speaking

Cara Menghilangkan Gugup dalam Public Speaking banyak dishare para ahli public speaking. Dalam ulasan penyebab gugup di atas, juga sudah tergambar bagaimana mengatasi gugup.

Ini tips cara mengatasi gugup dalam public speaking.

1. Kuasai materi dengan baik 

Hindari presentasi yang hanya membaca tulisan. Menurut situs Mayo Clinic, menguasai materi presentasi dapat mengurangi membuat kesalahan. Jangan lupa untuk memperkirakan pertanyaan yang akan diajukan penonton.  

2. Berlatih terlebih dahulu 

Selain mempresiapkan perlengkapan presentasi, jangan lupa untuk terus berlatih. Rekam latihan presentasi untuk lebih mudah melihat kesalahan sendiri dan datang lebih awal untuk beradaptasi dengan ruangan. 

3. Kontak mata 

Menurut situs Harvard Business Review, salah satu kesalahan terbesar presentasi adalah menyisir ruangan dengan melihat mata penonton satu per satu namun berakhir tidak fokus pada siapa pun.  

Cara terbaik adalah fokus kontak mata dan berkomunikasi pada satu orang di setiap sesi presentasi. 

Menurut Harvard Business Review, ini membuat semua orang di ruangan merasa ikut diajak berbicara dengan Anda.  

4. Pikirkan kesalahan yang mungkin terjadi 

Menurut situs Mayo Clinic, memikirkan kesalahan yang akan terjadi juga penting saat persiapan presentasi. 

Jika kesalahan itu terjadi, Anda tidak terkejut dan sudah memiliki ide untuk menghadapinya.  Biasakan melakukan presentasi. 

Jangan takut untuk terus mencoba berbicara di depan umum. Ini dapat melatih rasa percaya diri Anda dengan cara membiasakan diri berbicara di depan banyak orang. 

5. Persiapkan diri dengan matang

Mempersiapkan diri dengan matang sangat membantu menghilangkan rasa gugup. Banyak hal yang mungkin dapat terjadi. Oleh karena itu, mempersiapkan diri dengan matang dapat membuat pikiran-pikiran yang membuat gugup berkurang.

6. Penuhi kepala dengan pikiran positif

Rasa gugup akan bertambah parah jika tidak memiliki kepercayaan diri. Oleh karena itu, percaya diri akan membentuk diri sehingga rasa gugup menghilang. 

Di samping itu, penuhi diri dengan berbagai hal positif sehingga tidak banyak gangguan negatif yang membuat gugup bertambah buruk.

7. Berbicara dengan seseorang

Berbicara dengan orang terdekat akan sangat membantu menghilangkan rasa grogi. Hal ini akan membuat otak menjadi lebih rileks. 

Sebuah studi pada 2014 menunjukkan, berbagi perasaan dengan orang lain, terutama seseorang yang pernah mengalami situasi serupa, dapat mengurangi stres dan membuat merasa lebih positif.

8. Atur Pernapasan

Salah satu yang membuat tubuh rileks yaitu mengatur pernapasan sebagai cara melatih relaksasi. Pernapasan dapat membantu mengurangi rasa gugup.

Belajar rileks penting untuk mengatasi rasa gugup dan mengelola stres secara umum. Latihan pernapasan hanyalah salah satu cara untuk melatih relaksasi. Terdapat berbagai jenis latihan pernapasan yang terbukti berhasil. 

Manarik napas panjang, berulang-ulang, asalah cara umum mengatasi gugup. Bahkan pesepakbola sehebat Cristiano Ronaldo pun tarik napas dulu sebelum melakukan tendangan penalti atah tendangan bebas. Itu untuk mengatasi rasa gugup karena khawatir bola tidak masuk.

Jelas ya. Itu dia penyebab rasa gugup dan cara mengatasi gugup dalam public speaking --pidato, presentasi, MC, termasuk siaran radio.

Untuk lancar dalam public speaking, ikuti Kursus Penyiar Radio, MC, dan Podcaster RBS. Kuy ah! 


Sumber: IDN, Suara, Kontan, Romeltea


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post