Cara Menulis Script Siaran Radio dan Contoh Opening Penyiar

Menyiapkan naskah atau skrip siaran radio itu penting. Membuka siaran atau opening sangat penting. Berikut ini Cara Menulis Script Siaran Radio dan Contoh Opening Penyiar.

Cara Menulis Script Siaran Radio dan Contoh Opening Penyiar

Merencanakan siaran radio Anda adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda siap dan menyampaikan konten sebaik mungkin kepada pendengar Anda. 

Cara yang bagus untuk merencanakan acara Anda adalah dengan membuat skrip atau naskah siaran. Terutama naskah pembukaan atau opening. 

Skrip ini dapat membantu Anda tetap fokus dan memberi Anda arahan yang mungkin Anda perlukan saat menelusuri acara radio langsung. 

Lagi pula, acaranya langsung, jadi skrip pasti bisa berguna jika Anda kehilangan kata-kata. Jadi, untuk membantu Anda memulai menulis skrip, kami mengumpulkan kiat terbaik kami untuk membuat skrip.

Tulis Naskah Anda untuk Berbicara

Menulis naskah Anda untuk cara Anda berbicara alih-alih menulisnya seolah-olah Anda akan membacanya akan membantu membuat naskah Anda terdengar alami. 

Cara kita membaca dan menulis secara formal biasanya jauh lebih kaku daripada cara kita berbicara. Jadi, tulislah naskah Anda dengan suara Anda dan dengan aliran pikiran Anda.

Lukis Gambar dengan Kata-kata Anda

Mengingat pendengar Anda tidak memiliki alat bantu visual, pastikan Anda mengatur adegan kapan pun diperlukan. 

Sekarang, ini tidak berarti bahwa Anda perlu membicarakan setiap detail dari semua yang Anda bicarakan, tetapi ketahuilah bahwa pendengar Anda mungkin memerlukan deskripsi tambahan itu sesekali untuk membantu mereka membayangkan cerita, berita, dll. kepala.

Tetap Ringkas

Menjaga skrip Anda tetap ringkas memberi Anda ruang untuk improvisasi dan ekspansi saat siaran langsung. 

Anda tidak pernah ingin membaca langsung dari skrip Anda karena Anda ingin terdengar alami di udara, jadi memastikan bahwa skrip Anda langsung ke intinya tanpa kata atau kalimat yang tidak perlu memberi Anda ruang dan waktu untuk berkreasi dengan pengiriman Anda.

Beri Diri Anda Fleksibilitas

Ini terkait dengan penulisan naskah Anda seolah-olah akan diucapkan dengan keras. Jika ada kata-kata tertentu yang ingin Anda gunakan dalam siaran, sertakan kata-kata tersebut pada naskah Anda. 

Demikian pula, jika ada cerita, potongan berita, topik, dll. tertentu yang ingin Anda bicarakan saat siaran, sertakan juga dalam naskah Anda. 

Namun, berikan juga pilihan yang berbeda untuk kosa kata, cerita, berita, topik, dll. dan ruang untuk mengeksplorasi apa yang sangat ingin Anda bicarakan saat siaran langsung. 

Fleksibilitas ini dapat membuat acara langsung Anda menjadi lebih menarik. Jadi, pada naskah Anda, berikan diri Anda hanya apa yang Anda butuhkan untuk memberi diri Anda kebebasan itu.

Sebagai panduan, kami telah membuat contoh template skrip radio kami sendiri untuk radio musik dan radio bicara. 

Lihatlah contoh template skrip radio di bawah ini. Ingatlah bahwa templat ini tidak dimaksudkan sebagai skrip lengkap, melainkan contoh yang dapat membantu memandu Anda dalam menulis skrip Anda sendiri.

Template Skrip Radio: Acara Musik

Intro: [Perkenalan Jingle atau Pidato] (Durasi)

Cue DJ: "Halo dan selamat datang di pertunjukan langsung [Sisipkan Nama Stasiun Radio atau Nama Segmen]. Yang pertama adalah lagu dari [Sisipkan Artis]." (Durasi)

(Catatan Artis: Siapkan beberapa fakta tentang lagu/artis yang Anda mainkan dan Anda dapat menggunakannya jika Anda mau saat mengudara. Memiliki fakta yang disiapkan, tetapi tidak dituliskan, memberi Anda kebebasan yang Anda butuhkan.)

Trek isyarat: [Sisipkan Detail Lagu dan Mulai Lagu] (Durasi)

Cue DJ: "Itu benar-benar klasik oleh [Sisipkan Artis]. Sekarang, kita punya banyak hal untuk dibicarakan hari ini. [Sisipkan Berita, Cerita, atau Gosip di sini]." (Durasi)

(Berita, Cerita, Catatan Gosip: Siapkan beberapa fakta tentang cerita yang Anda bicarakan dan Anda dapat menggunakannya jika Anda mau saat mengudara. Memiliki fakta yang disiapkan, tetapi tidak ditulis, memberi Anda kebebasan yang Anda butuhkan.)

Akhir segmen.

Cue DJ: "Selanjutnya, kami memiliki [Sisipkan Detail Lagu], tetapi pertama-tama, [Sisipkan Berita, Cerita, atau Anekdot yang terkait dengan lagu/artis atau topik lainnya]." (Durasi)

Trek isyarat: [Sisipkan Detail Lagu dan Mulai Lagu] (Durasi)

Cue DJ: "Nah, itu adalah akhir dari jam tayang kami. Terima kasih banyak telah mendengarkan, kami memiliki [Acara terjadwal berikutnya] yang akan datang berikutnya." (Durasi)

Outro: [Speech Outro atau Jingle] (Durasi)

Templat Skrip Radio: Talkshow atau Siaran Kata

Intro: [Perkenalan Jingle atau Pidato] (Durasi)

Cue DJ: "Halo dan selamat datang di pertunjukan langsung [Sisipkan Nama Stasiun Radio atau Nama Segmen]. Yang pertama adalah cerita tentang [Sisipkan Topik Cerita di sini]." (Durasi)

Cerita 1: [Judul cerita Anda] (Durasi)

Pendahuluan: [Ringkasan Cerita/Anekdot yang menarik perhatian pendengar Anda]

Latar Belakang: [Ceritakan sebagian besar Kisah/Anekdot, termasuk info latar belakang apa pun]

Kesimpulan: [Akhiri Cerita/Anekdot dengan jelas dan mudah diingat]

Berita 1: [Judul Berita Anda] (Durasi)

Pendahuluan: [Ringkasan Berita]

Latar Belakang: [Ceritakan sebagian besar Berita, termasuk info latar belakang apa pun]

Kesimpulan: [Akhiri Berita dengan jelas]


Cue DJ: "Nah, itu adalah akhir dari jam tayang kami. Terima kasih banyak telah mendengarkan, kami memiliki [Acara terjadwal berikutnya] yang akan datang berikutnya." (Durasi)

Outro: [Speech Outro atau Jingle] (Durasi)

Kiat: Menyertakan durasi untuk setiap bagian skrip akan membantu Anda menjadwalkan durasi acara langsung dengan benar dan akan membantu Anda tetap mengikuti waktu saat siaran langsung.

Menulis skrip untuk acara langsung Anda adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda siap. 

Namun, menulis naskah tidak harus sulit juga tidak harus lengkap dengan kata demi kata apa yang akan Anda katakan saat siaran. 

Skrip yang baik benar-benar lebih merupakan panduan yang membuat Anda tetap di jalur dan memberi Anda petunjuk yang Anda butuhkan, tetapi memberi Anda ruang untuk kepribadian, kreativitas, dan improvisasi. 

Sejujurnya tidak ada cara yang benar atau salah untuk membuat skrip Anda karena ini adalah skrip untuk stasiun radio Anda, jadi sertakan saja apa yang Anda butuhkan dan atur dengan cara yang sesuai untuk Anda. 

Untuk acara langsung Anda berikutnya, buat skrip singkat sebelumnya dan lihat bagaimana hal itu dapat bermanfaat bagi Anda saat mengudara!

Contoh Opening Penyiar dalam Siaran Radio

Peran pembawa acara radio sangat penting. Dia memberikan kepribadian acara radio. Pengenalan pembawa acara tepat sebelum acara radio juga sangat penting. Ini mengatur nada pertunjukan dan menempatkan fokus yang sesuai kepada pembawa acara radio. Ini juga berfungsi sebagai alat branding penting untuk stasiun.

10 Skrip Luar Biasa untuk Memperkenalkan Host Radio

Pastikan pengantar acara radio Anda layak untuk pembawa acara Anda. Mulailah dengan naskah yang ditulis dengan baik. Berikut adalah beberapa untuk membantu Anda. 

Cukup ganti kata-kata yang dicetak miring dengan nama stasiun radio, acara radio, dan pembawa acara Anda sendiri:

  1. Memainkan campuran terbaik dari jazz halus, R & B, dan Dunia, dengan pembawa acara Anda Mike dan Izabela di RKSB Maja Radio, online!
  2. Ini host Anda Mike... tinggal di 5, 4, 3, 2, 1.
  3. Saatnya dalam seminggu dengan pembawa acara favorit Anda… Mike!
  4. 5, 4, 3, 2, 1… Show Time! Apakah kamu siap? Serahkan pada tuan rumah Anda… Mike!
  5. Ini dia Musik dan Informasi atau Musasi di Radio RKSB Maja FM… dengan pembawa acara Anda, Mike!
  6. Dan sekarang, host Anda… Mike di MRC Radio. Stasiun radio dansa terbaik di belahan dunia ini.
  7. Selamat datang di MRC Show, bagian dari MRC Radio Network. Ini tuan rumah Anda, Mike.
  8. Selamat datang di MRC Radio, dengan pembawa acara Anda Mike… membawakan Anda lagu-lagu terbaru dan terpanas!
  9. Anda sedang mendengarkan MRC Radio… dengan pembawa acara Anda… Mike.
  10. Ini adalah stasiun terpanas di ombak bersih… dengan pembawa acara Anda, Mike!



0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post