Manfaat Mendengarkan Radio

Mendengarkan Radio banyak manfaatnya. Apa saja Manfaat Mendengarkan Radio? Simak ulasan berikut ini. Mendengarkan Radio dapat Menyehatkan Mental dan Meningkatkan Kecerdasan lho!

Seiring dengan perkembangan zaman, radio juga nggak mau kalah eksis! Beralih dengan dunia serba teknologi, radio juga mulai merambah dunia streaming.

Bukan hanya persoalan teknologi, tapi radio pun juga memberikan efek yang berbeda kepada setiap pendengarnya. Bahkan, mendengarkan radio sudah menjadi gaya hidup masa kini lho!

Kita semua dapat menghargai pentingnya radio di berbagai sisi periklanan. Namun, sebagian dari kita menganggapnya penting untuk hiburan musik. 

Itulah alasan mengapa radio meningkatkan jumlah pendengar sekitar 12% selama beberapa tahun terakhir. 

"Bagi kebanyakan dari kita, radio yang bagus memperbesar ruang sosial kita,” kata Peter D. Kramer, seorang psikiater.

Berkenaan dengan kontribusinya pada media arus utama, bidang psikologis juga sekarang mengakui potensi musik dalam membantu kesehatan mental. 

Namun perlu diketahui, proses itu tidak terjadi begitu saja dalam semalam.

Pentingnya mendengarkan radio pernah dikritik bertahun-tahun yang lalu oleh banyak orang. Untungnya, pada generasi sekarang, segalanya jauh lebih berbeda. 

Dr. Frank Farley, presiden divisi psikologi media dari American Psychological Association, mengatakan bahwa acara bincang-bincang radio mewakili awal era baru, dan ia kurang senang. 

“Ada kontroversi di sini, tidak diragukan lagi,” katanya. 

“Pada dasarnya kami menentangnya; pasti ada sentimen menentangnya. Pertemuan jangka panjang, tatap muka sangat penting. Ini bukan terapi. Asosiasi sekarang sedang menyusun kode etik tentang masalah ini."

Manfaat Mendengarkan Radio

Berikut ini merupakan manfaat dan segala keuntungan dari mendengarkan radio:

1. Musik dan Visual

Inovasi sekarang sedang berupaya untuk mengglobalisasi teknologi informasi. Seperti yang Anda lihat, salah satu kontribusinya yang signifikan bagi dunia adalah internet. 

Dengan kekuatan internet, kita sekarang dapat menonton berbagai hal secara online, termasuk video musik. Tetapi jauh sebelumnya, mendengarkan radio dengan musik favorit, pada kenyataannya, lebih menyenangkan daripada menonton visual dengan “the music on.” 

Itu karena fokus mendengarkan musik membuat indera pendengaran lebih fungsional. Itu meningkatkan kemampuan pendengaran untuk memproses kata-kata, tempo, waktu, dan ketukan seperti itu. 

Karena dalam perbandingan di era saat ini, konsentrasi otak akan bercampur dengan detail visual dan auditori terpisah dari musik tertentu yang ditampilkan di video.

2. Musik dan Pikiran

Penasaran kenapa radio bisa meningkatkan kecerdasan? Sebagai media auditif, sudah pasti radio mengutamakan suara atau audio dalam siarannya.

Ketika kamu menikmatinya hanya dengan indra telinga, bukan indra yang lainnya, otak kamu dituntut untuk menangkap informasi dengan memahami suara atau musik yang disiarkan oleh radio

Rata-rata orang dapat mendengarkan musik hingga empat hingga enam jam sehari pada kesempatan terpisah pada waktu itu. Ketika dihitung, itu kira-kira sekitar tiga belas tahun kehidupan seseorang. 

Itu menjadi lebih baik karena banyak dari kita sekarang menganggap musik sebagai terapi kesadaran. Ini menciptakan dampak positif yang signifikan terhadap kondisi mental kita. 

Jadi ketika kita mendengarkannya melalui radio, efeknya menjadi lebih menguntungkan secara psikologis.

Karena mendengarkan membuat kita fokus pada indera khusus kita, yaitu indera pendengaran kita, kita menjadi kreatif. Kita membiarkan pikiran kita memikirkan hal-hal dengan bantuan suara yang hanya kita dengar. 

Dengan itu, kita menerima peningkatan fungsi kognitif. Tetapi penting untuk menyadari bahwa tidak semua musik bermanfaat bagi kesehatan mental. 

Beberapa membantu terapi, tetapi beberapa merusak fungsi otak dalam beberapa hal. Dengan itu, kita harus lebih berhati-hati dengan pilihan musik kita.

3. Musik dan Jiwa

Saat mendengarkan sesuatu, kita membayangkan banyak hal. Kita dapat membuat representasi visual dari skenario tertentu yang menghubungkan kita dengan keadaan perasaan kita saat ini. 

Momen yang tak terhindarkan itu membawa kita ke dalam hubungan batin yang dalam antara emosi dan kesejahteraan mental kita. Itulah alasan mengapa setiap kali kita mendengarkan musik, drama radio, atau podcast; kami merasa nyaman pada saat bersamaan. 

Seluruh gagasan mendengarkan sesuatu dari radio memengaruhi suasana hati kita untuk merasakan kondisi emosi yang kita butuhkan saat ini. 

Musik bermanfaat dalam menemukan keberanian untuk meyakinkan diri sendiri bahwa kita perlu melepaskan emosi kita. Karena itu, mendengarkan radio dapat membantu melepaskan emosi yang tidak seharusnya kita kendalikan.

4. Media dan Informasi

Kita sering menggunakan media untuk keuntungan kita, terutama dengan televisi. Tetapi efek dari mendengarkan radio tidak membuat perbedaan sama sekali. Ketika kita mendengarkan percakapan, wawancara, dan berita di radio, kita juga mendapat informasi. 

Kita menerima jumlah pengetahuan yang sama dengan yang  kita asumsikan hanya kita dapatkan di televisi. Ya, ada masalah di samping kebenaran siaran dan laporan berbasis fakta. Tapi itu sama dengan semua jenis media. 

Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa semua yang kita dengar di radio memiliki jumlah yang sama dari pengalaman kebenaran dan kebohongan yang kita terima dari menonton televisi.

Ada begitu banyak contoh bagaimana mendengarkan dapat menjadi faktor penting dalam meningkatkan fungsi kognitif dan emosional. 

Psikiater Ira Altschuler pernah berkata, “Musik, bahkan lebih dari kata yang diucapkan, cocok sebagai terapi karena ia bertemu dengan sedikit atau tanpa perlawanan intelektual dan tidak perlu menarik logika untuk memulai tindakan.” 

Mungkin itulah alasan mengapa radio masih hidup sampai saat ini. Bahkan memenuhi kebutuhan kita ketika datang ke informasi dan hiburan. Itu fakta. 

Tetapi dalam hal mengatasi masalah psikologis, mendengarkan radio benar-benar banyak membantu dalam mengurus kecemasan, stres, serta depresi. 

Tetapi kita harus sadar bahwa tidak perlu mendengarkan ribuan musik dalam sehari hanya untuk menjadi stabil secara emosional dan mental. Hanya yang kita sukai lebih dari cukup untuk menangani produktivitas neurologis kita.

5. Penyuluhan

Banyak orang di luar sana memiliki masalah sosial yang berbeda yang dapat diselesaikan melalui konseling. 

Jika Anda merasa terganggu secara mental, ini adalah kesempatan yang tepat untuk mendengarkan radio Anda. 

Sebagian besar stasiun radio memiliki bagian yang berbeda di mana konselor dapat memecahkan sebagian besar masalah yang diangkat oleh pendengar.

6. Penghilang Stres

Ketika Anda keluar dari pekerjaan, dan Anda terjebak kemacetan, Anda mungkin kehilangan kesabaran dan merasa bosan. 

Namun, kabar baiknya adalah bahwa ada penghilang stres dalam kasus ini. Ketika Anda menghidupkan radio mobil, Anda cenderung mendengarkan lagu-lagu favorit Anda yang akan mengaktifkan suasana hati normal Anda. 

Selain itu, Anda dapat meminta lagu-lagu terbaik yang Anda inginkan, dan ini dapat membantu Anda menghilangkan stres Anda.

7. Tidak akan merasa kesepian

Last but not least, kemudahan mengakses radio di manapun, kapan pun, dan bagaimanapun, membuat kamu selalu merasai ditemani oleh radio kesayangan kamu.

Saat makan, tidur, memasak, nyuci baju, beres-beres rumah atau kost-an, atau bahkan lagi gabut mau ngapain, radio siap selalu menemani kamu!

8. Melatih kesabaran

Kalau kamu adalah pendengar radio aktif, pasti kalian tau banget ‘kan rasanya nungguin request atau lagu favoritmu diputar?

Belum lagi, kamu harus menunggu iklan dan juga suara penyiar (talk in), kalian harus ekstra sabar. Itu dia manfaat mendengarkan radio. Anda juga mendengarkan Radio Komunitas RKSB Maja FM 107,8 MHz Bandung? Werrr... ah!