Masjid Al-Jabbar Gedebage Bandung Diresmikan Jumat 30 Desember 2022

Masjid Al-Jabbar Gedebage Bandung Diresmikan Jumat 30 Desember 2022

Masjid Al-Jabbar di Cimencrang, Kecamatan Gedebage, Kota, Bandung akan diresmikan Jumat, 30 Desember 2022, oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

Peresmian masjid terapung di danau buatan ini menghadirkan sejumlah ustadz kondang tanah air. 

Dalam rundown acara yang dirilis panitia peresmian dan beredar di WhatsApp, pada peresmian ini akan ada acara tablig akbar dan Damai Indonesiaku tvOne bersama Ustadz Jujun Junaedi dengan narasumber Ridwan Kamil.

Masjid Al Jabbar Bandung merupakan bangunan masjid dengan arsitektur unik dengan filosofi Al Jabbar yang merupakan salah satu Asmaul Husna.

Dibangun sejak Desember 2017, masjid terapung ini dibangun di atas embung, atau kolam retensi, serta dilengkapi bangunan penunjang lainnya.

Saat peresmian nanti, sejumlah tokoh ulama dijadwalkan hadir. Kegiatan ceramah dan hiburan Islami siap memeriahkan acara peresmian.

Susunan Acara Peresmian Masjid Al-Jabbar Gedebage Bandung

Susunan Acara Peresmian Masjid Al-Jabbar Gedebage Bandung

Dikelola BULD

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, selama 2 hingga 3 tahun Masjid Al Jabbar masih dibiayai APBD. Tapi suatu hari, harus bisa membiayai diri sendiri.

"BLUD (Badan Layanan Umum Daerah, red) ujungnya. Kami akan mengkonsepkan agar ini mandiri. Seperti rumah sakit pendapatannya nggak usah masuk APBD dulu tapi langsung dipakai untuk operasional. Kan konsepnya harus juga Masjidil Haram," ujar Ridwan Kamil saat meninjau Masjid Al Jabbar, Senin (26/12).

Dikemukakannya, saat ini pengelolaan Masjid Al Jabbar sudah dibentuk.  Ketua DKM-nya Gubernur Jabar sebagai exoficio, Wakil Ketua DKM Wakil Gubernur, dan  Ketua Harian Sekda Provinsi Jabar. 

Serta pengurusnya perwakilan 27 aktivis muslim rekomendasi MUI di tempat masing-masing.

"Masjid ini nanti ada kegiatan ekonomi. Di bawah museum, ada tempat bazar di alun-alun, ada foodcort, ada perahu di kolamnya, mau pre-wedding juga boleh tapi berbayar. Karena harus ada nilai ekonominya supaya masjid ini mandiri," paparnya.

Masjid Raya Al-Jabbar Gedebage Bandung dibangun sejak Desember 2017. Pembangunan masjid ini digagas oleh Ahmad Heryawan ketika menjabat Gubernur Jawa Barat.

Dirancang oleh Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil, filosofinya mengambil nama Al-Jabbar karena merupakan salah satu dari Asmaul Husna dan memiliki kesamaan dengan akronim "Jabar" yang berasal dari kata "Jawa Barat".

Bangunan masjid didesain Ridwan Kamil sejak 2015 saat masih menjabat Wali Kota Bandung. 

Berdiri di atas sebuah danau retensi seluas 25,8170 hektare, peletakan batu pertama dilaksanakan pada 29 Desember 2017 oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat pada waktu itu, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar.

Lokasi Masjid Raya Provinsi Jawa Barat berada di Jalan Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung.  (ROL)

Fasilitas Masjid Al-Jabbar

Masjid Raya Al Jabbar juga mempunyai beberapa fasilitas dan yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi, wisata religi dan lainnya.

Berikut beberapa ragam fasilitas menarik di Masjid Raya Al Jabbar seperti dikutip dari akun Instagram @humas_jabbar:

1. Ma’Rodh

Fasilitas pertama yaitu bernama Ma’rodh, di mana mungkin banyak yang asing dengan kata tersebut. Ma’rodh sendiri bisa diartikan sebagai ruang pamer atau museum ekshibisi.

2. Taman Tematik 25 Nabi dan Rasul

Fasilitas satu ini juga tidak kalah menarik, disebutkan bahwa Masjid Raya Al Jabbar dikelilingi oleh taman tematik 25 nabi dan rasul, seperti taman Nabi Adam, taman Nabi Ibrahim, dan taman Nabi Yunus.

3. Fasilitas Lainnya

Fasilitas lainnya dari Masjid Raya Al Jabbar sendiri yaitu danau retensi yang menopang bangunan Masjid Raya Al Jabbar, serta area parkir, plaza pandang, plaza timur, dan lanskap keseluruhan.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post