Gempa Guncang Garut, Terasa Hingga Bandung dan Jakarta

Gempa Guncang Kabupaten Garut, Terasa Hingga Bandung dan Jakarta

Gempa berkekuatan 6,4 M mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022). BMKG mencatat, gempa terjadi pada pukul 16.49 WIB.

Akun resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Twitter @InfoBMKG menyebutkan, episentrum gempa tersebut terdapat di 7,51 LS, 107,52 BT dengan jarak 52 kilometer Barat daya Garut dan kedalaman 118 km.

Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Guncangannya terasa hingga Bandung dan Jakarta. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi mengatakan, aktivitas warga Garut kembali normal usai gempa. 

“Gempa terasa hanya sebentar semua pada keluar, tidak lama, mereka sudah beraktivitas seperti biasa,” ujar Satria kepada tvOne, Sabtu (3/12/2022). 

"Beberapa wilayah di Garut memang ada beberapa wilayah yang rawan, kami sementara masih berkoordinasi dengan beberapa Kepala wilayah. Tapi Alhamdulillah untuk wilayah Selatan masih aman dan masyarakat sudah melakukan aktivitas seperti biasa." tambah Satria. 

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa di Garut terasa di sebagian wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur. 

“Dirasakan juga sampai Pelabuhan Ratu, Cilacap, Sawarna, hingga Wonosobo dan Trenggalek artinya dirasakan dirasakan sampai ke Jawa Timur,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Sebelumnya, gempa juga mengguncang wilayah Pangandaran, Sabtu (3/12), sekitar pukul 03.37 WIB.

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post