Pengertian Healing Bukan Piknik, Wisata, atau Refreshing

Pengertian Healing Bukan Piknik, Wisata, atau Refreshing

Kata healing kini populer di media sosial. Sayangnya, ada salah persepsi tentang pengertian healing yang diidentikkan dengan pikinik, refreshing, atau bepergian ke tempat wisata.

Jadi, apa sebenarnya arti healing? Berikut ini ulasannya. Piknik, wisata, atau refreshing bisa menjadi bagian dari cara healing. Yang jelas, healing bukan piknik atau jalan-jalan.

Pengertian Healing

Healing berasal dari bahasa Inggris. To heal artinya menyembuhkan. Kamus Google mengartikan healing sebagai "proses membuat atau menjadi sehat atau sehat kembali" (the process of making or becoming sound or healthy again).

Kamus Merriam-Webster mengartikan healing sebagai "membuat bebas dari cedera atau penyakit : untuk membuat suara atau keseluruhan; sembuh kembali : memulihkan kesehatan."

Jadi, healing artinya penyembuhan dari penyakit. Bukan hanya penyembuhan sakit fisik, arti healing juga dapat dikaitkan dengan penyembuhan jiwa, perasaan, batin, dan pikiran.

Healing juga sering disebut self healing atau penyembuhan diri. Namun, self healing bisa diartikan dalam cakupan yang lebih khusus lagi.

Self healing ialah sebuah proses penyembuhan luka batin yang bisa mengganggu kondisi emosi seseorang. Tak bisa dipungkiri jika setiap orang memiliki sebuah luka, salah satunya adalah luka batin.

Proses terjadinya luka batin ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perasaan gagal melakukan sesuatu. Selain itu, luka batin pada diri seseorang sebenarnya memiliki jangkauan waktu yang berbeda-beda bagi setiap orang yang mengalaminya.

Namun secara umum, luka batin bisa saja terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Meski begitu, ada beberapa cara untuk menyembuhkan luka batin ini. Misalnya, dengan melakukan yoga, meditasi, hingga relaksasi.

Demikian pengertian healing yang berbeda dengan refreshing, piknik, jalan-jalan, atau wisata, meski berwisata bisa menjadi salah satu metode healing. (Gramedia)

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post