Dampak Ngerokok Sambil Ngopi

Dampak Ngerokok Sambil Ngopi

Kopi dan rokok adalah kombinasi "sempurna" bagi seorang perokok di pagi hari. Apa dampak ngerokok sambil ngopi? Perokok tak peduli bahwa rokok membahayakan kesehatan.

Sebuah studi oleh tim dari University of Florida yang dipublikasikan di jurnal Neuropharmacology, senyawa kimia yang ditemukan dalam biji kopi panggang meringankan efek mengidam nikotin di pagi hari. 

Peneliti mengidentifikasi dua senyawa kopi yang tampaknya secara langsung memengaruhi reseptor nikotin tertentu yang sangat sensitif di otak. 

Bagi perokok harian, reseptor ini akan menjadi hipersensitif setelah malam panjang yang dihabiskan tanpa nikotin. 

Ketika penemuan tersebut belum dipelajari dan diuji pada manusia, seorang profesor farmakologi di UF College of Medicine, Roger L. Papke, PhD, membahas tentang ini. Riset ini merupakan langkah besar dalam pemahaman tentang bagaimana kafein dan nikotin berkolaborasi untuk memengaruhi reseptor nikotin. 

"Banyak orang menyukai kafein di pagi hari, tetapi ada molekul lain dalam kopi yang mungkin menjelaskan mengapa perokok menginginkan kopi," jelasnya. (Kompas)

Paduan Rokok dan Kopi Bahayakan Jantung

Namun demikian, paduan kopi dan rokok membahayakan jantung, menurut medis sebagaimana dibahas di laman Emc.

Penelitian oleh Charalambos Vlachopoulos dan beberapa peneliti lainnya dari Departemen Kardiologi Athens Medical School Yunani menunjukkan, zat kafein dan rokok yang dikonsumsi berbarengan dapat berinteraksi dan menghasilkan efek negatif pada jantung.

Hasil studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology menunjukkan peningkatan risiko kekakuan pada pembuluh darah lebih mungkin terjadi pada partisipan yang minum kopi dan merokok dalam sesi yang sama.

Kombinasi kopi dan rokok dapat mempercepat kerusakan jantung karena kandungan nikotin dalam rokok dan kafein dalam kopi bisa meningkatkan kerja jantung jadi lebih cepat, keduanya juga bisa menimbulkan hipertensi.

Karena efeknya sama, maka kafein dalam kopi serta nikotin dalam rokok bekerja saling menguatkan. Ketika jantung bekerja terlalu cepat akibat efek kedua senyawa tersebut, maka beban yang ditanggungnya akan meningkat sehingga lama-kelamaan akan cepat rusak.

Bahaya Minum Kopi sambil merokok:
  • Memperkuat ketergantungan dikarenakan faktor kebiasaan.
  • Menyebabkan tekanan darah tinggi. Saat mengonsumsi kopi dan rokok secara bersamaan, kopi akan menyebabkan aliran darah meningkat, sementara rokok akan mempersempit arteri. 
  • Kombinasi keduanya dapat menyebabkan berkembangnya plak pada arteri yang membuatnya kaku dan kehilangan elastisitas.
  • Menyebabkan penyakit kardiovaskuler.
  • Minum Kopi dan merokok secara bersamaan mampu meningkatkan kekakuan pembuluh darah dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
Bagaimana, masih suka ngerokok sambil ngopi?

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post