Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Segera Dibangun

Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Segera Dibangun

Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) akan mulai dibangun tahun depan. Jalan tol baru ini akan menghubungkan Bandung, Tasikmalaya, Garut, dan Cilacap.

Pembangunan jalan Tol Getaci akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Gedebage – Tasikmalaya rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2022 dan selesai di tahun 2024. Sementara untuk tahap kedua yakni Tasikmalaya – Cilacap konstruksinya dimulai pada 2027 dan selesai di 2029.

Saat ini pemerintah tengah merampungkan penyelesaian Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu.

PT Jasa Marga menargetkan konstruksi Jalan Tol Gedebage-Cilacap mulai dilakukan pada kuartal II-2023. Saat ini, proses pengerjaan tol terpanjang di dalam negeri tersebut masih dalam tahap inventarisasi lahan untuk konstruksi tahap pertama, yakni Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer (Km).  

Pengelolaan Tol Gedebage-Cilacap akan dilakukan oleh anak usaha Jasa Marga, yakni PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC). 

Pengerjaan Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara akan dilakukan di tiga daerah, yani Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Garut.  

"Hingga saat ini progres kebutuhan lahan untuk Kota Bandung dan Kabupaten Garut sudah dalam proses inventarisasi. Sementara itu, untuk Kabupaten Bandung, saat ini masih dalam proses penerbitan surat keputusan pembentukan tim pengadaan tanah,” kata Direktur Utama JGC Johannes Mancelly dalam keterangan resmi, Selasa (21/6/2022).  

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menerbitkan penetapan lokasi konstruksi Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara. Keputusan penetapan lokasi tersebut diterbitkan pada Februari 2022.  

Total panjang Tol Gedebage-Cilacap mencapai 206,65 kilometer dan melintasi dua provinsi, yakni Jawa Barat sepanjang 169,09 Km dan Jawa Tengah sekitar 37,56 Km. Dengan kata lain, jalan bebas hambatan ini akan mengambil julukan tol terpanjang di Indonesia.

Mancelly mencatat, Tol Gedebage-Cilacap terbagi menjadi empat bagian:

  • Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 Km, 
  • Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 Km, 
  • Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 Km, 
  • Seksi 4 Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 Km.  
Konstruksi Tol Gedebage-Cilacap akan dibagi menjadi dua tahap, yakni Seksi 1 dan Seksi 2 sepanjang 95,52 Km, setelah itu konstruksi Seksi 3 dan Seksi 4 sepanjang 111,13 Km akan dilakukan.  

Tol Gedebage-Cilacap akan dilengkapi dengan 10 buah simpang susun dan 1 buah junction, yaitu Junction Gedebage yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Padaleunyi dan rencana Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road.   

Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan dibangun dengan 2x2 lajur. Lebar tiap lajurnya sebesar 3,6 m serta akan dibangun dengan desain struktur at grade sepanjang 175,27 km, struktur elevated sepanjang 22,26 km, serta pile slab sepanjang 9,12 km di daerah Gedebage. (Katadata).


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post