Exit Tol Gedebage Bandung Dibuka di H1 Lebaran 2022 M

Exit Tol Gedebage Bandung Dibuka di H1 Lebaran 2022 M

Pintu keluar tol atau Exit Tol Gedebage, Kota Bandung, dibuka di hari pertama lebaran Idul Fitri 1443 H atau Senin, 2 Mei 2022 M. 

Pembukaan ET Gedebage ini sebagai langkah antisipasi potensi lonjakan kendaraan yang akan mengakses tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) saat arus mudik lebaran 2022.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memfungsikan akses Tol Km 149 A Gedebage secara situasional pada H-7 (25 April 2022) sampai H+7 (10 Mei 2022) dari pukul 06.00 WIB hingga 08.00 WIB. 

Menurut Project Director Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) Raddy R Lukman, jalur Exit Tol Km 149 Gedebage hanya digunakan untuk kendaraan golongan 1 nonbus. 

"Pengoperasian hanya untuk akses keluar Km 149, tapi tidak untuk sebaliknya (masuk). Kita akan terus koordinasikan dengan kepolisian. Jika ada kepadatan di Cileunyi, baru jalur ini akan dibuka," kata Raddy dikutip Kompas.com.

Raddy menjelaskan, meski exit tol Km 149 Gedebage hanya menjadi alternatif, tapi persiapannya sudah cukup matang. Pada ruas exit tol tersebut dipastikan telah tersedia rambu-rambu untuk memudahkan pemudik dalam mengakses jalur tersebut. 

"Untuk arus balik juga sudah kami siapkan antisipasi untuk meningkatkan kapasitas jika nanti terjadi lonjakan lalu lintas," ungkapnya. 

Raddy menjelaskan, teknis dalam kondisi apa exit Tol 149 Gedebage akan dibuka. Menurut dia, jika dalam waktu 30 menit antrean gerbang exit tol Cileunyi sepanjang 1 kilometer di belakang gerbang tol tidak juga mencair, maka tim operasional JMTO Area Purbaleunyi akan segera menginfokan pada kepolisian untuk mengalihkan arus kendaraan ke akses Tol Gedebage KM 149. 

Setelah keluar dari Exit Tol 149 Gedebage, arus kendaraan akan diarahkan kembali ke jalan arteri Gedebage-Soekarno Hatta menuju ke Cileunyi atau Garut via Kamojang. 

"Waktu pengalihan durasi tentatif, artinya pada saat antrean gerbang tol Cileunyi berkurang atau tidak mencapai 1 km, maka akses Gedebage akan ditutup. Selanjutnya lalu lintas diarahkan kembali ke exit gerbang tol Cileunyi," paparnya. 

Sejumlah warga juga melaporkan melalui media sosial, bahwa Exit Tol Gedebage Kota Bandung dibuka untuk dilintasi kendaraan di hari pertama Lebaran.

Exit Tol Gedebage Kota Bandung dilaporkan dibuka pukul 11.00 WIB. "Akhirnya Exit Tol Gedebage Kota Bandung dibuka," tulis akun Twitter @andiRis1die dikutip pikiran-rakyat.com.

Pembukaan terhadap Exit Tol Gedebage Kota Bandung masih bersifat situasional.

"Terkait uji coba yang disampaikan Pak Wali Kota adalah fungsional akses darurat melalui Simpang Susun Gedebage dan pelaksanaannya di antara periode H -7 s.d. H +7 dengan diskresi dari pihak Kepolisian dengan memperhatikan juga kepadatan yang terjadi di akses keluar Cileunyi," kata General Manager Representative Office 3 Jasa Marga Metropolitan TollRoad, Thomas Dwiatmanto.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyebut Exit Tol kilometer 149 Gedebage Kota Bandung siap diuji coba pada hari ketujuh sebelum dan sesudah Idul Fitri 1443 H.

Yana berharap dengan adanya jalur ini dapat mengurangi kepadatan kendaraan di beberapa pintu tol keluar yang menjadi akses masuk ke Kota Bandung.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post