Kekuatan Radio

Kekuatan Radio yang tidak dimiliki media lain.


Kekuatan Radio (The Power of Radio)

Radio sangat kuat karena menjangkau audiens yang besar dengan cepat dan karena memungkinkan orang-orang di audiens yang besar itu untuk berinteraksi satu sama lain lebih mudah daripada televisi pemirsa atau pembaca surat kabar.

Ada berbagai jenis stasiun radio: komunitas, komersial dan publik. Mereka punya berbagai jenis pemilik dan pemirsa dan program yang berbeda, tetapi mereka berbagi tujuan bersama: untuk terhubung dengan pendengar dengan cara yang langsung dan relevan.

Radio kuat karena memiliki kemampuan untuk menjangkau dan mempengaruhi begitu banyak orang. 

Radio sangat kuat karena: Langsung. Berita bisa dilaporkan lebih cepat di radio daripada di koran atau di televisi, karena teknologi lebih sederhana.

Radio menghadirkan tantangan karena: Dapat diakses. Anda dapat menyetel ke radio di mana pun Anda berada. Anda dapat membawa radio ke ladang, atau mendengarkannya di dalam mobil. Anda juga bisa melakukan hal-hal lain sambil mendengarkan.

Inklusif. Radio dapat menjangkau kebanyakan orang, termasuk orang miskin, yang terpinggirkan dan mereka yang tidak bisa membaca atau menulis.

Radio dapat diakses oleh semua orang, tetapi mendapatkan perhatian orang bisa menjadi tantangan.

Siaran radio membutuhkan pemenuhan tenggat waktu yang ketat.
  • Radio memungkinkan pendengar untuk merespon dan membuat pandangan mereka diketahui.
  • Radio memungkinkan pendengar menjadi sebuah komunitas.
  • Menjangkau Publik

Manfaat Radio

Menjangkau Masyarakat - Radio merupakan media yang paling mudah diakses karena dapat menemani Anda dalam apa pun yang Anda lakukan, dan ke mana pun Anda pergi:
  • Mengemudi di dalam mobil
  • Bekerja di ladang
  • Memasak makan malam
Anda tidak perlu melek huruf atau kaya untuk mendengarkan radio atau memanfaatkan sumber dayanya.

Faktanya, para pendidik dan organisasi telah menemukan bahwa radio adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi penting pesan di seluruh - terutama kepada perempuan di daerah pedesaan yang mungkin tidak memiliki akses ke koran atau televisi.

Menjangkau publik sekarang - Radio langsung. Ini adalah padanan modern dari desa pendongeng. Melalui kata-kata, suara, dan suara manusia, radio berbicara kepada audiens secara langsung. 

Bagaimana? 

Dengan mengajak pendengar untuk mengeksplorasi pengalaman baru, tempat baru, ide baru. Dia memberi pendengar cerita yang perlu mereka ketahui untuk lebih memahami dunia.

Tantangan

Memahami bagaimana dan di mana orang mendengarkan radio - Radio dapat diakses, jadi pendengar bisa tune in di mana saja dan kapan saja. Ini adalah keuntungan, tetapi juga menciptakan tantangan.

Ketika orang mendengarkan radio, mereka biasanya melakukan sesuatu yang lain pada saat yang bersamaan.

Pendengar mungkin hanya memiliki satu telinga di radio, sehingga mudah untuk melewatkan yang penting informasi, atau untuk mendapatkan gambaran yang tidak akurat atau tidak lengkap tentang apa yang dikatakan.

Di radio, Anda harus sangat berhati-hati dengan cara Anda berkomunikasi. Ini mengarah ke tantangan lain.

Melakukannya dengan Benar - Saat Ini - Karena radio meliput apa yang terjadi sekarang, ia menempatkan banyak hal tuntutan pada Anda sebagai praktisi. 

Misalnya, ketika Anda berada di bawah tekanan untuk menjadi pertama dengan berita, seringkali tidak ada banyak waktu untuk memeriksa fakta. 

Hal ini dapat menyebabkan kesalahan. Anda harus berhati-hati untuk tidak melaporkan dengan cara yang sensasional, membingungkan rumor dengan fakta atau menunjukkan bias dalam pelaporan Anda.

Keterampilan dan Tanggung Jawab untuk Radio

Stasiun radio memiliki banyak orang dengan keterampilan dan tanggung jawab yang berbeda. Ada itu suara siapa yang terdengar di udara, seperti pembawa acara talk show dan reporter, dan ada juga orang-orang yang bekerja di belakang layar seperti sound engineer, produser, pemasaran manajer, peneliti, dan penyaring panggilan.

Terkadang satu orang dapat mengambil beberapa peran. Di stasiun radio yang lebih kecil, acara bincang-bincang host juga dapat melakukan penelitian atau pembaca berita dapat mengajukan laporan dari lapangan. 

Bahkan lebih besar stasiun, produsen sering terlibat dalam penelitian dan pemesanan tamu. Apa pun itu struktur atau ukuran stasiun, ingatlah bahwa radio yang sukses bergantung pada kerja tim dan semua peran sama pentingnya.

Tanggung jawab

Jurnalis profesional, baik yang bekerja di radio, televisi atau media cetak, diharapkan untuk berpegang pada prinsip dasar. Wartawan harus:
  • Akuntabel
  • Seimbang
  • Mandiri

Struktur Skrip

Struktur naskah tergantung pada tujuannya. Apakah itu laporan berita? Apakah tujuannya untuk menghibur? Membujuk? Atau untuk berbagi sesuatu yang penting?

Perjelas tentang bagaimana skrip akan mengalir. Informasi apa yang akan dimasukkan? Dalam apa memesan? Sementara sebuah berita membutuhkan gaya dan pendekatan yang lebih formal, tips ini bisa menjadi berguna untuk skrip:

1. Bayangkan berbicara dengan seorang teman. 

Pertanyaan apa yang diajukan teman? Menjawab ini pertanyaan satu per satu akan membantu Anda menulis dengan mempertimbangkan pendengar.

Buat sketsa garis besar berdasarkan latihan "berbicara dengan teman" di atas. Memutuskan apakah akan menceritakannya secara kronologis, dengan fakta yang paling penting terlebih dahulu atau lainnya cara.

2. Mulailah dengan kalimat yang menahan - disebut "kait" - di awal untuk menarik dan menahan minat pendengar.

3. Akhiri cerita dengan memuaskan pendengar bahwa semua pertanyaan penting telah terjawab menjawab.

Isi

Gunakan tips berikut untuk menulis untuk telinga. Ingat bahwa tips umum ini perlu disesuaikan saat menulis berita.

• Menulis dalam frase pendek. Tetap pendek, punchy dan langsung. Gunakan hanya satu ide per kalimat.
• Bulatkan angka-angka yang rumit dan tuliskan dengan kata-kata.
• Cobalah untuk memanusiakan statistik, fakta dan angka.
• Gunakan penunjuk arah verbal seperti "dan", "tetapi" dan "begitu" untuk menunjukkan struktur yang lebih panjang potongan pembicaraan dan untuk membantu pendengar mengetahui di mana mereka berada.
• Melukis gambar dengan kata-kata. Ingat, pendengar harus menggunakan imajinasi untuk memvisualisasikan apa yang terjadi.
• Tulis seolah-olah hanya berbicara dengan satu orang dan buat koneksi dengan pendengar dengan menggunakan kata-kata pribadi seperti "Anda" atau "kami".
• Gunakan kontraksi seperti "tidak bisa", "tidak akan", dan "kami akan". Mereka akan membuat cerita terdengar lebih alami.

Berikut adalah latihan untuk membantu Anda berpikir tentang menulis untuk radio.

Nada

Mendapatkan konten yang benar tidak cukup. Nada, atau suara, sama pentingnya. Pendengar tidak seharusnya dihina atau dipermalukan oleh nada yang tidak pantas.

Nada untuk penulisan berita harus:

 Tidak emosional.
 Langsung dan dinamis, tetapi tidak sensasional.

Dalam jenis program radio lainnya, seperti acara bincang-bincang atau program majalah:

Jadilah hangat, ramah dan antusias.

 Perlakukan pendengar dengan hormat. Jangan menggurui mereka.
 Bicaralah dengan pendengar tetapi jangan menceramahi mereka.

Menulis untuk Telinga

Menulis untuk radio berarti menulis dengan cara orang berbicara. Ingatlah tips berikut:

 Melanggar aturan tata bahasa bila perlu. Kejelasan adalah tujuannya.
 Katakan dengan lantang apa yang telah Anda tulis untuk memastikannya masuk akal.
 Bayangkan seseorang sedang mendengarkan saat Anda menulis dan berpura-pura sedang berbicara kepada pendengar itu.
 Tetap sederhana dengan hanya menggunakan satu ide per kalimat dan hindari kata-kata yang panjang.

Sumber

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post