Cara Merekam Layar Komputer atau Laptop dengan Mudah

Cara Merekam Layar Komputer atau Laptop dengan Mudah

MAU merekam layar (screen recording) komputer atau laptop tapi belum tahu caranya? Ini dia Cara Merekam Layar Laptop dengan mudah, tanpa aplikasi ataupun menggunakan aplikasi.

Merekam layar komputer/laptop dapat menjadi pilihan saat presentasi, video conference, pelatihan online, kuliah online, dan sebagainya. 

Merekam layar mudah dilakukan. Anda bisa merekamnya untuk langsung dishare atau untuk disimpan (direkam), edit, dan upload kemudian. 

Simak cara merekam layar laptop berikut ini. Baca juga Cara Screenshot di Laptop dan HP.

Cara Merekam Layar di Windows 10

Laptop yang menggunakan sistem operasi (OS) Windows 10 memiliki program bawaan bernama Game Bar yang dapat digunakan untuk merekam layar tanpa perlu instal aplikasi baru. 

Game Bar awalnya dirancang untuk merekam gim yang Anda mainkan, tetapi Game Bar juga dapat merekam layar laptop dan secara otomatis akan disimpan sebagai file video MP4. 

Sebelum merekam layar, pastikan Game Bar sudah aktif. Caranya:

  1. Buka Settings > Gaming > Game Bar 
  2. Pilih opsi “Record game clips, screenshots, and broadcast using Game bar”. 
Jika sudah aktif, ikuti cara merekam layar laptop Windows 10 di bawah ini. 

  1. Tekan tombol Win+G untuk membuka Game Bar. 
  2. Untuk merekam layar, tekan tombol Win+Alt+R  atau klik “Start Recording”. 
  3. Untuk berhenti merekam, klik tombol “Stop Recording” pada bagian kanan atas. 
Setelah selesai, notifikasi akan muncul. Klik notifikasi tersebut dan secara otomatis File Explorer akan membuka lokasi rekaman. 

Merekam Layar Laptop di Windows 7, 8, 10 dengan Aplikasi OBS

Bila Anda tidak menggunakan Windows 10 atau ingin mencoba menggunakan aplikasi, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam layar laptop Windows 7, 8, dan 10 dengan mudah. 

Salah satunya yang populer digunakan adalah Open Broadcaster Software (OBS) Studio

OBS Studio adalah perangkat lunak untuk merekam layar laptop gratis dan membagikan langsung tanpa watermark dan batas waktu. 

Aplikasi ini dapat merekam layar dengan suara dan langsung membagikan rekaman (live streaming) ke YouTube, DailyMotion, dan banyak lagi. 

Tak hanya itu, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan beberapa efek dalam layar yang direkam seperti efek green screen, mask/blend, crop, color correction, dan noise reduction. 

Namun, OBS Studio tidak mendukung fungsi pause untuk merekam layar.  Artinya, kita bisa menghentikan sejenak perekaman layar di OBS.

Cara merekam layar menggunakan OBS Studio 

  1. Dowload dan install OBS Studio
  2. Buka aplikasi 
  3. Klik tombol “+” pada kotak “Sources” pada kiri bawah 
  4. Untuk merekam layar, pilih “Display Capture” 
  5. Buat judul rekaman. 
  6. Pilih layar yang akan direkam. 
  7. Pada bagian kanan bawah, klik “Settings” 
  8. Pilih lokasi penyimpanan dengan klik Output > Recording Path. 
  9. Untuk mulai merekam layar, klik “Start Recording” 
  10. Untuk berhenti merekam, klik “Stop Recording” 
  11. Rekaman akan disimpan dalam lokasi yang sudah dipilih.
Cara merekam layar menggunakan OBS Studio

Dari banyak aplikasi live streaming maupun recording, OBS Studio masih menjadi favorit. Ada beberapa kelebihan yang menjadikannya banyak jadi pilihan.

Melalui aplikasi OBS, Anda akan lebih mudah dalam mengatur apa saja yang akan ditampilkan pada live streaming atau recording. Di bagian source, Anda bisa menambahkan browser windows, webcam, teks, gambar, capture window dan masih banyak lagi. Dengan fitur ini, Anda akan lebih cepat dalam mengatur apa saja yang akan ditampilkan.

Scene merupakan tampilan yang akan ditayangkan pada saat Anda melakukan live streaming. Anda bisa membuat beberapa scene sekaligus dan mengatur urutan penayangannya saat live streaming berlangsung. Cocok digunakan untuk broadcasting seperti untuk menayangkan acara musik atau olahraga.

Di OBS, Anda bisa mengatur sendiri beberapa audio yang bakal dimasukan, seperti Desktop Audio, Mic, Video Capture Video hingga Audio Input Capture.

Saat ini, OBS Studio mendukung banyak platform seperti YouTube, Facebook Live, Twitch hingga NimoTV. Anda akan lebih mudah dalam menghubungkan aplikasi OBS dengan saluran yang Anda gunakan. 

Karena banyak kelebihannya, OBS masih menjadi Andalan sampai saat ini. Aplikasi ini juga terbilang ringan sehingga cocok untuk banyak jenis laptop maupun PC. Anda bisa menggunakan aplikasi ini kapanpun karena memang tersedia secara gratis.

Itu dia Cara Merekam Layar Komputer atau Laptop dengan Mudah. Untuk aplikasi, OBS Studio paling populer digunakan karena paling lengkap fiturnya, selain gratis.*


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post