Cara Ngobrol Asyik, Hindari 7 Pantangan dalam Obrolan dengan Teman

Cara Ngobrol Asyik, Hindari 7 Pantangan dalam Obrolan dengan Teman


Mengobrol atau "percakapan kecil" (small talk) merupakan kegiatan sehari-hari. Kita biasa ngobrol dengan teman di rumah, kafe, tempat umum, taman, dan lainnya. Agar ngobrolnya asyik, ada 7 pantangan dalam mengobrol yang harus dihindari.

Mengobrol adalah komunikasi lisan. Obrolan bisa ngalor-ngidul, tidak fokus bahas sesuatu. Apa saja bisa diobrolkan. Bisa ngerumpiin masalah aktual, viral, pekerjaan, tempat kerja, peluang bisnis, dan sebagainya.

7 Pantangan dalam Obrolan 

Cara Ngobrol Asyik dengan menghindari 7 Pantangan dalam Obrolan dengan Teman ini merupakan saran para pakar public speaking, sebagaimana dikutip dari CNBC.

1. Jangan berasumsi tidak ada yang ingin berbicara dengan Anda

Jika Anda malu, saya mengerti. Tapi kamu bukan satu-satunya. Jika Anda khawatir tentang tampak percaya diri atau "alami", Anda kehilangan intinya: Berhentilah memikirkan diri sendiri.

Sebaliknya, pikirkan untuk menjangkau sebagai tindakan pelayanan. Setelah berbulan-bulan isolasi sosial karena pandemi, kemungkinan besar orang di sebelah Anda sama bersemangatnya untuk membuat koneksi.

2. Menyela atau mengganggu percakapan yang ada

Waktu adalah segalanya. Jika Anda melihat dua orang atau lebih terlibat dalam percakapan dengan penuh semangat, mereka mungkin belum siap untuk Anda masuki.

Pertama, tunggu jeda. Kemudian begitu Anda mendapatkan perhatian seseorang dan, idealnya, menerima izin non-verbal, itulah kesempatan Anda.

Ingatlah juga jarak; jangan berdiri terlalu dekat atau terlalu jauh. Anda memang ingin didengar. Anda tidak ingin berteriak atau terlihat menyeramkan.

3. Mulailah berbicara tanpa harus mengatakan sesuatu

Jika seseorang tampak jauh atau tenggelam dalam pikiran, pindah ke ruang pribadi mereka dan bergumam "hei" bukanlah pemecah kebekuan.

Coba minta izin (misalnya, "Hai. Bolehkah saya berbicara dengan Anda?" atau "Permisi, apakah Anda keberatan jika saya menanyakan sesuatu?") , “Apakah Anda bersenang-senang?” atau “Bagaimana Anda suka kembali ke kantor?”).

Ini semua tentang menciptakan kesempatan yang nyaman bagi orang lain untuk merespons.

4. Membicarakan topik kontroversial

Jika Anda berbicara dengan seseorang yang baru, biasanya sebaiknya tidak membicarakan topik yang berbobot, tidak menyenangkan, atau mempolarisasi, seperti aborsi atau politik.

Jika Anda tertarik pada topik-topik itu nanti, bagus. Tetapi sebagai permulaan, bidiklah sesuatu yang sederhana dan dekat yang dapat Anda dan orang lain amati bersama. 

Mungkin musik yang Anda berdua dengar, makanan yang Anda berdua cicipi, atau spanduk besar "Selamat Datang Kembali" di kantor yang Anda berdua hadapi.

5. Sulit untuk diikuti

Setelah Anda menjalin hubungan satu sama lain, pertahankan hubungan itu dengan membuat diri Anda mudah dimengerti.

Jika Anda berbicara bahasa yang berbeda, misalnya, perlambat bicara Anda dan ucapkan dengan jelas. Jika Anda cenderung berbicara dalam bahasa gaul, jangan gunakan kata-kata yang mungkin tidak mereka ketahui. 

Jika mereka bertanya apa yang Anda lakukan untuk pekerjaan, jawablah dengan cara yang tidak memakan waktu lima menit atau gunakan banyak jargon di tempat kerja.

6. Berbicara terlalu banyak tentang diri sendiri — atau tentang orang lain

Sering dikatakan bahwa orang suka berbicara tentang diri mereka sendiri, dan mengajukan pertanyaan adalah bahan rahasia untuk percakapan yang baik. Tapi itu tidak benar untuk semua orang.

Tidak ada yang suka merasa diinterogasi, jadi jika Anda merasa bahwa pertanyaan tidak diterima, mundurlah. Alih-alih, ceritakan sebuah kisah, tawarkan pendapat, atau lepaskan mereka dari beban kinerja.

Jika Anda tidak dapat merasakan minat mereka, cobalah bertanya tentang topik yang Anda minati (misalnya, "Hei, menurut Anda, apakah baju ini terlihat lucu?" atau "Apakah Anda pernah ke restoran baru yang bagus di daerah ini akhir-akhir ini? ?).

7. Membuang-buang waktu seseorang

Jika Anda berbicara dengan seseorang, bicaralah dengan mereka. Jangan menatap lantai atau melihat dari balik bahu mereka pada orang lain. Singkirkan ponselmu. Hadir dan beri mereka perhatian penuh Anda.

Sangat mudah untuk mengabaikan obrolan ringan sebagai kebaikan sosial yang tidak tulus, tidak diinginkan, dan tidak penting. Tetapi setiap hubungan yang Anda hargai dimulai di suatu tempat — dengan percakapan awal. Apakah itu mendalam? Apakah Anda menyembuhkan kanker? No Tapi Anda membuat koneksi asli.

Demikian Cara Ngobrol Asyik, Hindari 7 Pantangan dalam Obrolan dengan Teman.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post