Bagi Penyiar Radio, WFH adalah Topi Tua

Bagi Penyiar Radio, WFH adalah Topi Tua

Bagi penyiar radio, bekerja dari rumah atau work from home (WFH) adalah "topi tua" (old hat) atau bukan hal baru. 

Sejak lama, penyiar bisa siaran dari rumahnya, tanpa harus datang ke studio siaran. Ada alat yang memungkinkan penyiar siaran dari rumah dan menyapa pendengar seakan-akan dari ruang siaran di studio.

Teknologi internet kian memudahkan penyiar untuk siaran dari rumah. 

Ungkapan "Bagi Penyiar Radio WFH adalah Topi Tua" adalah judul artikel di laman The Broadcaster Bridge. Berikut ini sadurannya.

Hari-hari ini, para penyiar TV bekerja dengan tergesa-gesa untuk menyusun alur kerja produksi jarak jauh baru untuk talenta yang tinggal di rumah, tetapi untuk penyiar radio, ini berjalan seperti biasa. 

Faktanya, banyak insinyur telah menemukan bahwa fitur kendali jarak jauh yang telah mereka gunakan untuk pemecahan masalah sangat dapat diperluas dan dapat sedikit dimodifikasi untuk digunakan oleh staf produksi.

Mereka yang telah melakukan transisi sebagian atau penuh ke Audio modern melalui infrastruktur studio IP memiliki posisi yang sangat baik untuk menangani serangan cepat pembatasan staf terkait virus.

“Banyak konsep yang terkait dengan siaran jarak jauh sama dengan siaran jarak jauh biasa yang telah dilakukan stasiun radio selama beberapa waktu,” kata Shaun Dolan, Insinyur Dukungan Senior di Telos Alliance. 

“Menggunakan alat perangkat lunak yang dirancang untuk pemantauan dan diagnostik jarak jauh, Anda dapat mengontrol konsol dan berbicara kembali dengan produser atau teknisi di stasiun dari mana saja di dunia.”

Oleh karena itu, jika Anda sudah memiliki sistem audio over IP modern, Anda tidak memerlukan infrastruktur inti baru. 

Anda mungkin harus menambahkan beberapa perangkat lunak untuk membuatnya beroperasi seperti yang Anda inginkan dari jarak jauh, tetapi fungsionalitas inti sudah ada untuk meningkatkan investasi Anda dalam sistem AoIP modern.

Memiliki kontrol penuh atas konsol memerlukan pembukaan firewall dan pengaturan akses untuk individu yang tepat. 

Anda tidak hanya perlu menyiapkan semuanya dengan benar di pihak Anda, tetapi Anda juga harus mendukung produser dan DJ dengan hal-hal seperti aplikasi instant messenger. Itu berarti koneksi internet rumah tangga harus solid dan dapat diandalkan.

Di rumah, pembawa acara siaran secara teratur menggunakan komputer mereka untuk persiapan pertunjukan, sambil tetap membuka panel bakat di ponsel mereka untuk kontrol mikrofon dan komentar balik yang mudah.

Di rumah, pembawa acara siaran secara teratur menggunakan komputer mereka untuk persiapan pertunjukan, sambil tetap membuka panel bakat di ponsel mereka untuk kontrol mikrofon dan komentar balik yang mudah.

“Kami telah melihat penyiar membagikan hotspot seluler untuk tim mereka ketika koneksi internet tidak stabil,” kata Dolan. 

“Ada beberapa orang yang telah melakukan hal-hal dengan aliran logika Pathfinder Core PRO untuk mengurangi keheningan jika mereka kehilangan koneksi.”

Telos menawarkan tiga aplikasi perangkat lunak berbeda yang sekarang digunakan untuk produksi jarak jauh. 

1. Axia SoftSurface

SoftSurface merupakan aplikasi Windows berkemampuan multitouch untuk kontrol konsol; 

2. Axia IP-Tablet

Aplikasi yang dibuat untuk fungsionalitas layar sentuh dan kontrol sistem dan prosesor mikrofon yang sangat portabel; 

3. Axia PathFinder Core PRO.

Pathfinder adalah sistem berbasis logika yang lebih besar yang dapat digunakan untuk menangani berbagai fungsi kontrol yang mungkin mencakup otomatisasi sistem telepon Audio over IP (digunakan untuk wawancara bakat).

Misalnya, konsol Axia Fusion (dan StudioEngine) dapat dikontrol melalui aplikasi SoftSurface, IP-Tablet, atau Panel Pengguna Pathfinder Core PRO HTML5. 

Pengguna dapat menjalankan aplikasi kontrol konsol ini pada tablet produsen yang terhubung ke VPN untuk pengalaman multisentuh penuh. Untuk pengaturan yang lebih cepat, atau ketika kondisi jaringan buruk, aplikasi dapat berjalan di PC di fasilitas studio atau di rumah, diakses oleh layanan desktop jarak jauh yang ada.

Kebanyakan talent terbiasa melihat dan mengontrol status mikrofon mereka, jadi memiliki cara bagi mereka untuk melakukan ini dari jarak jauh penting agar mereka merasa nyaman saat menerima tamu dari rumah. 

Menggunakan Pathfinder Core PRO, panel bakat dapat dengan cepat dibuat untuk memungkinkan kontrol saluran codec yang digunakan host. Produsen dapat mengirimkan tautan ke panel ini melalui email (diakses melalui VPN) ke host yang dapat membukanya di browser modern apa pun. 

Ini berarti bahwa tuan rumah dapat menggunakan komputer mereka untuk persiapan pertunjukan, sambil tetap membuka panel bakat ini di ponsel mereka untuk kontrol mikrofon dan komentar balik yang mudah.

IP-Tablet sangat berguna jika Anda ingin beroperasi dari jarak jauh sambil mengontrol semua sistem Anda—sistem telepon, penundaan kata-kata kotor, dan prosesor mikrofon.

Banyak penyiar mendapati bahwa mereka tidak memiliki codec perangkat keras tradisional sebanyak yang mereka inginkan. 

Menggunakan aplikasi softphone, pengguna dapat menelepon ke sistem talk show siaran VoIP menggunakan codec HD Voice. Hal ini memungkinkan reporter atau bakat berulang lainnya untuk menyumbangkan audio suara berkualitas tinggi tanpa perlu mengikat codec perangkat keras yang berharga.

Pengguna jarak jauh juga perlu membuat banyak perubahan perutean cepat. Menggunakan sistem perutean AoIP modern, seorang insinyur dapat membuat perute selektif untuk menunjukkan perute XY yang disederhanakan pada basis per stasiun untuk menghindari pencarian melalui ribuan sumber dan tujuan yang berpotensi.

Pilihan lainnya adalah membuat panel switching sederhana untuk perubahan rute umum, seperti merutekan sistem otomasi, studio cadangan, atau penerima satelit ke udara.

“Stasiun kami membutuhkan cara bagi para insinyur dan staf non-teknis untuk mengidentifikasi apa yang disalurkan ke udara dan membuat perubahan dengan cepat,” kata Cameron Boswell, seorang konsultan teknik. "Panel Pengguna dapat dibuat untuk setiap rantai udara untuk memungkinkan kontrol sederhana ini dari mana saja."

Otomatisasi

Meskipun ada banyak keuntungan memiliki operator papan yang bertugas, beberapa stasiun mencari cara untuk membiarkan otomatisasi mengambil alih dan memungkinkan lebih banyak staf untuk tinggal di rumah. 

Namun, ini tidak berarti bahwa teknisi stasiun harus meninggalkan rumah untuk menyambungkan penutup baru dari penerima satelit ke kotak relai.

Menggunakan sistem perutean AoIP modern, seorang insinyur dapat membuat perute selektif untuk menunjukkan perute XY yang disederhanakan pada basis per stasiun untuk menghindari pencarian melalui ribuan sumber dan tujuan yang berpotensi.

Menggunakan sistem perutean AoIP modern, seorang insinyur dapat membuat perute selektif untuk menunjukkan perute XY yang disederhanakan pada basis per stasiun untuk menghindari pencarian melalui ribuan sumber dan tujuan yang berpotensi.

“Pathfinder Core PRO dapat memantau banyak penerima satelit melalui jaringan dan menerjemahkan isyarat jaringan menjadi perubahan rute atau perintah untuk memulai tumpukan sistem otomatisasi,” kata Brian Sapp, Mitra di perusahaan konsultan Inrush Broadcast Services. 

“Dengan cara ini, saya dapat mengatur pertunjukan otomatis dengan jeda dan pencitraan yang tepat waktu dari seluruh negeri tanpa intervensi di tempat sama sekali.”

Cadangan Untuk Anda

Meskipun teknisi siaran hebat dalam menyiapkan rencana cadangan untuk kegagalan peralatan atau skenario pemulihan bencana, mudah untuk melupakan memiliki rencana cadangan jika Anda sementara tidak dapat pergi bekerja. 

Dolan dari Telos Alliance mengatakan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan kembali asisten Anda tentang bagian-bagian penting dari infrastruktur siaran yang mungkin tidak ia kenal. Jika Anda tidak memiliki rekan kerja di departemen teknik, Anda dapat menemukan teknisi kontrak lokal melalui direktori Insinyur Kontrak SBE.

“Menghabiskan beberapa jam untuk menunjukkan kepada mereka fasilitas atau dokumentasi Anda mungkin terbukti sangat berharga jika Anda perlu mendesak mereka untuk bertindak pada saat itu juga,” katanya, menambahkan bahwa stasiun harus banyak akal selama masa-masa sulit ini.

Dia mengatakan bahwa karena bakat tidak dapat masuk ke studio, beberapa pelanggan telah memilih untuk mengganti beberapa program langsung mereka dengan program sindikasi yang direkam sebelumnya tentang virus COVID. 

Mengingat pembatasan perjalanan yang diamanatkan, insinyur mungkin tidak ingin melakukan perjalanan ke stasiun. 

Perangkat lunak Pathfinder Core PRO dapat terhubung ke penerima satelit dan tidak hanya mengikis audio dari penerima itu tetapi juga mengambil isyarat untuk pencitraan lokal, jeda iklan, dll. dan secara otomatis menerjemahkan perintah jaringan tersebut menjadi tindakan yang akan diambil pada jaringan AoIP (mengubah rute audio). Atau, PathFinder Core PRO dapat mengontrol stasiun itu sendiri atau sistem pemutaran stasiun.

Dengan menggunakan berbagai opsi perangkat lunak Telos, stasiun dapat mengatur alur kerja tersebut dari jarak jauh, sehingga teknisi tidak perlu pergi ke stasiun.

“Perangkat lunak yang kami kembangkan untuk pemantauan dan diagnostik jarak jauh dapat membantu mengatasi keterbatasan staf,” kata Dolan. 

“Pengguna harus banyak akal dan memanfaatkan teknologi. Dan mereka sudah melakukannya, dengan cara yang berbeda. Jika Anda dapat menginstal Zoom, Anda dapat menginstal SoftSurface.”

Talk Zoom Musasi

Radio RKSB Maja FM dalam beberapa pekan terakhir melakukan uji coba siaran jarak jauh menggunakan Zoom. Penyiar dan kru siaran di teras studio dan di rumah.

Salah satu program yang akan reguler adalah TalkZoom Musasi tiap Jumat malam, pukul 20.00-22.00 WIB.

Bagi Penyiar Radio, WFH adalah Topi Tua


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post