Tips Optimasi Konten Agar Video TikTok Masuk FYP

Tips Optimasi Konten Agar Video TikTok Masuk FYP

TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan penggunanya merekam video singkat durasi maksimal 3 menit. 

Video TikTok bisa diiringi dengan musik beraman genre lagu. Bisa juga suara asli (original sound) sesuai audio yang ada saat direkam.

Aplikasi video pendek ini awalnya bernama Douyin. TikTok dirilis oleh perusahaan asal China, yaitu ByteDance, pada 2016. Hanya butuh satu tahun, Douyin telah memiliki sekitar 100 juta pengguna di dalam China.

Saat ini TikTok memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.  

Di Indonesia sendiri, awalnya TikTok dipandang sebelah mata, dicap sebagai aplikasi "alayers", bahkan pada 2018 sempat diblokir oleh Kominfo. 

Namun, TikTok kembali bersinar sejak pandemi hingga saat ini. Tak tanggung-tanggung, pengguna TikTok di Indonesia pada Agustus 2020 telah tembus angka 22,2 juta!

Salah satu kelebihan TikTok adalah bisa dibuka tanpa harus mendaftar atau membuat akun. 

Kelebihan lainnya adalah video yang dibuat oleh pengguna atau pembuat video (creator) bisa ditonton siapa saja, tanpa harus follow, asalkan masuk halaman depan TikTok yang disebut FYP (For You Page) atau halaman "Untuk Anda".

Agar Video TikTok Masuk FYP

FYP atau For You Page adalah rekomendasi konten pada homepage user saat pertama kali membuka aplikasi.

Keuntungan dari masuknya video ke FYP adalah konten Anda dapat dilihat banyak orang, sehingga like dan jumlah tayangan pun akan meningkat.

Agar masuk FYP, Anda perlu menerapkan tips-tips berikut yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Membuat konten yang sedang trend. 

Karena FYP muncul otomatis berdasarkan popularitas atau trend. Anda bisa mengemas video yang sedang trend dengan niche konten, diedit sesuai ciri khas Anda, dll;

2. Menulis caption dengan tepat. 

Agar TikTok “melihat” konten Anda sesuai dengan trend atau kata kunci. Buat caption semenarik mungkin dan interaktif dengan viewer. Misalnya, berupa pertanyaan atau tantangan, dll;

3. Menggunakan lagu yang sedang populer. 

Walau video singkat kurang dari satu menit, tapi cara inilah yang paling mudah untuk viral. Anda hanya perlu menggunakan lagu-lagu yang sesuai dengan konten;

4. Gunakan hashtag yang sesuai. 

Hashtag membantu video Anda mudah ditemukan pada fitur pencarian. Anda juga bisa menyertakan hashtag #foryoupage #FYP atau #foryou agar sistem algoritma TikTok dapat mendeteksi konten Anda;

5. Buat konten yang memancing audiens menonton hingga akhir. 

Hal ini memungkinkan rating video Anda meningkat dan masuk FYP. Misalnya, step by step video, tutorial, duet atau kolaborasi dengan kreator lain, dll;

6. Interaktif. 

Saling berkomentar, memberi like, dan follow pada konten yang masuk FYP adalah langkah awal interaksi. Hal ini dapat membangun komunikasi ke sesama user agar akun Anda memiliki engagement yang kuat.

Itu dia Tips Optimasi Konten Agar Video TikTok Masuk FYP.

Algoritma TikTok 

Supaya bisa masuk FYP di Tiktok, sebagai pengguna tiktok harus tau cara kerja algoritma tiktok. 

Membuat konten adalah langkah pertama dari rangkaian panjang lainnya. Setelah membuat video dan pertama kali upload, konten nggak langsung bisa masuk dalam FYP. 

Dalam algoritma Tik Tok, konten yang akan didistribusikan ke FYP harus punya 20-25% engagement rate

Engagement rate adalah total angka yang menunjukkan interaksi dari konten, mulai dari likes, shares dan juga comments. Tik Tok hanya akan push sebuah konten masuk FYP kalo engagement rate konten tersebut cukup bagus.

Tik Tok akan berusaha mendistribusikan konten dalam small batch atau jumlah audiens yang kecil. Prosesnya ini dinamakan sampling.

Konten atau video TikTok yang dibuat pengguna akan didistribusikan dalam small batch selama 2 jam. 

Dalam 2 jam tersebut, mereka akan menarik data berupa jumlah interaksi (likes, comments, dan shares) dan juga views dan completion rate. Kalau hasilnya bagus, maka video itu akan disebar dalam batch yang lebih besar (medium batch) dan ke audiens yang lebih luas lagi, selama 8-12 jam.

Kalau angka interaksi (engagement rate) makin besar dalam kurun waktu 8-12 jam, mereka akan mendistribusikannya lagi ke batch yang lebih gede, dengan audience group yang lebih besar lagi. Audience group yang super besar inilah yang kita kenal dengan sebutan ‘for you’ page.

Pada batch yang paling besar ini, konten lo akan didistribusikan selama 4 hari. Jadi selama 4 hari ke depan, semua orang yang buka Tik Tok akan melihat konten lo di FYP mereka

Setelah 4 hari, salah satu staf Tik Tok akan melihat video dan mengkurasi konten secara manual. Staf Tiktok juga bisa menilai apakah konten lo layak untuk jadi video Tik Tok viral. Kalau iya, maka konten lo dipastikan akan berada di FYP seluruh dunia.

Tik Tok punya grading system (sistem penilaian) yang mereka gunakan untuk memberikan penilaian sebuah konten layak atau nggak untuk ‘diviralkan’. 

Mereka akan lihat dari akun (jumlah interaksi) dan juga konsistensi tema. Misalnya, hanya fokus bikin konten soal game dan lo konsisten melakukannya. Maka, Tik Tok akan menilai lo sebagai content creator yang terpercaya dan layak untuk dipertimbangkan

Dengan penilaian yang bagus, video  akan langsung masuk dalam medium batch. Konsistensi akan tema juga penting untuk menarik followers baru dan mempertahankan followers yang udah ada.*


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post