Asal-Usul Cikadut

Asal-Usul Cikadut

Cikadut adalah nama sebuah desa di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Berikut ini asal-usul nama Cikadut.

Pada tahun 1870, Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan yang disebut Re-Organisasi Priangan. Salah satu isinya yaitu membuka seluas-luasnya kepada para pemodal swasta untuk berusaha di wilayah Priangan.

Sejak dikeluarkannya peraturan tersebut, para pengusaha swasta Eropa mulai menanamkan modalnya di Priangan, termasuk di wilayah Ujungberung. Usaha yang mereka kembangkan adalah ternak sapi.

Bila di wilayah Ujungberung Kulon lebih banyak dikembangkan ternak sapi perah, maka di wilayah Ujungberung Wetan adalah ternak sapi potong.

Di sebelah utara Cikadut terdapat dua perusahaan ternak sapi potong milik orang asing. Sebelum sapi dijual ke pasar tradisional, sapi melalui proses pemotongan terlebih dahulu. Bagian daging dan jeroan sapi (salah satunya kadut/perut sapi) dipisahkan.

Kemudian, kadut berisi kotoran sapi tersebut dikumpulkan di Lumbung, semacam gudang di pinggir sungai dekat Cikadut. 

Dalam proses pembersihan, terutama isi kadut sapi dibuang ke sungai, sehingga sekitar tempat proses pembuangan isi kadut sapi itu dikenal dengan sebutan Cikadut.

Itu dia asal usul nama daerah Cikadut. (Sumber: Buku Toponimi Kota Bandung, T. Bachtiar, Etti R.S., Anto Sumiarto & Tedi Permadi⁣⁣⁣⁣)


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post