Masa Depan Radio adalah Multi-Platform

Masa Depan Radio adalah Multi-Platform

Perangkat pribadi baru (misalnya smartphone, sistem terintegrasi mobil, speaker pintar) harus mengintegrasikan standar siaran analog dan digital dengan radio internet

Masa depan radio adalah multi-standar dan multi-platform, termasuk melalui 5G untuk penyiaran. Kehadiran 5G bertujuan memberikan kecepatan data sebesar 10 hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini.

Bahkan, jika yang terakhir mungkin hanya dapat digunakan secara komersial untuk radio mulai tahun 2030 dan seterusnya, tindakan diperlukan sekarang untuk mengamankan kondisi yang tepat untuk radio.

Penyiaran (broadcasting) adalah transmisi informasi yang sama dari satu pemancar ke banyak penerima (satu ke banyak, one to many). 

Koneksi seluler biasanya mengaktifkan kontak dua arah antara perangkat dan server sehingga memastikan setiap orang menerima informasi yang disesuaikan (satu-ke-satu). 

5G untuk penyiaran akan menggabungkan keduanya karena seharusnya memungkinkan koneksi satu-ke-satu (5G) untuk beralih ke sinyal siaran yang sangat terlokalisasi jika cukup banyak permintaan untuk program yang sama dikirim oleh perangkat yang terletak di sekitar yang sama. 

Fitur utama 5G untuk siaran harus menjadi "hak istimewa siaran" seperti pada siaran FM / DAB + terestrial (seperti Free to Air, Tanpa SIM, tanpa Gatekeeping pihak ketiga, interaktivitas / addressability wajib).

Penyiar harus memiliki kemungkinan untuk membuat dan mengoperasikan 5G mereka sendiri untuk infrastruktur penyiaran atau melalui pihak ketiga yang ditugaskan.

Radio harus membeli bandwidth tetap dari operator jaringan seluler yang ada dan kemudian mengelola dan mengoperasikan "bagian" ini di bawah kendali dan ketentuannya (dengan / tanpa langganan, tanpa SIM, tetapi saluran balik untuk interaktivitas), peraturan harus memastikan bahwa radio mencadangkan kapasitas yang cukup, dan ketentuan hukum ditetapkan untuk memungkinkan radio menggunakan spektrum yang dipotong seperti kontrol harga ex ante, regulasi akses, tidak ada risiko netralitas jaringan, integritas, dan kondisi jaringan yang aman.

Untuk memastikan transmisi program yang tidak terputus di mana pun, diperlukan penggunaan frekuensi serendah mungkin (dari 470MHz hingga 700 MHz) - juga untuk mengaktifkan sel siaran yang lebih besar dan lebih efisien secara ekonomis. 

Oleh karena itu, penting untuk mengamankan kapasitas spektrum siaran (TV dan radio) di Konferensi Radio Dunia 2023 dari Persatuan Telekomunikasi Internasional (TV dan radio) di Pita IV (470-582 MHz) dan Pita V (582 hingga 694 MHz) agar dapat melayani penduduk. dengan informasi, budaya dan hiburan dan memberikan wacana demokrasi.

Radio adalah media paling intim dan terpercaya (Survei Eurobarometer November 2018 (EB90)). 

Radio menginformasikan, menghibur dan mendidik penonton. Selama bencana akibat ulah manusia atau bencana alam, radio adalah yang pertama - dan seringkali satu-satunya yang tersisa - alat untuk menginformasikan kepada publik. 

Radio yang paling banyak didanai secara komersial adalah UKMM. Dalam peran mereka untuk memberikan konten yang tepercaya, menyelamatkan nyawa, dan beragam budaya, radio memiliki kewajiban nilai publik yang membebani dan oleh karena itu tidak dalam posisi untuk bersaing dengan pemain pasar lainnya untuk mendapatkan spektrum. (Sumber)


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post