Penuhi Syarat Monetisasi Youtube, Agar Video Anda Menghasilkan Uang

Penuhi Syarat Monetisasi Youtube, Agar Video Anda Menghasilkan Uang


Bukan rahasia. Banyak Youtuber kaya-raya berkait channel Youtube. Videonya sudah monetisasi dan menghasilkan jutaan rupiah per bulan. Apa syarat monetisasi Youtube agar video menghasilkan uang?

Selebritas, pesohor, atau artis biasanya mudah menghasilkan uang dari video atau kanal Youtube-nya. Subsciber banyak hal mudah bagi selebritas atau orang terkenal. 

Namun, bagi orang biasa, mendapatkan 1000 subscriber --salah satu syarat monetisasi Youtube-- sangatlah sulit. Semua jurus dan tips sudah dilakukan. Namun, pelanggan masih puluhan atau ratusan. Susah ya?

Postingan berikut ini akan membahas syarat dan cara menghasilkan yang dari Youtube atau dikenal dengan monetisasi Youtube.

Syarat Monetisasi: Menjadi Partner YouTube


Agar video Anda di Youtube menghasilkan uang, maka channel Anda harus memenuhi syarat. Google --pemilik Youtube-- menyebutnya sebagai "Persyaratan Program Partner YouTube".

Kita harus menjadi Partner YouTube agar bisa monetisasi atau menghasilkan uang dari video yang kita buat dan unggah ke YouTube. 

Berikut ini syarat monetisasi video Youtube Anda sebagaimana dilansir laman resmi Google.

Hal terbaru adalah Pembaruan November 2020. Dalam pembaruan ini, Google/Youtube melengkapi bagian FAQ dan menjelaskan beberapa hal terkait mengapa Anda melihat iklan ditayangkan di video dari channel yang tidak tergabung dalam Program Partner YouTube.

Poin pentingnya, syarat utama monetisasi Yotube adalah channel YouTube sudah mencapai 1000 subscriber

Monetisasi ini disebut Program Partner YouTube (YPP). Program ini memberi kreator akses lebih besar ke berbagai referensi dan fitur YouTube, seperti akses langsung ke Tim Dukungan Kreator. 

Program ini juga memungkinkan pembagian hasil dari iklan yang ditayangkan di konten. 

Persyaratan kelayakan minimum 

Anda harus mematuhi semua kebijakan monetisasi YouTube.

Kebijakan monetisasi YouTube merupakan kumpulan kebijakan yang memungkinkan Anda melakukan monetisasi di YouTube. 

Jika Anda adalah partner YouTube, perjanjian Anda yang mencakup kebijakan program partner YouTube mewajibkan Anda mematuhi kebijakan monetisasi ini supaya berpotensi menghasilkan uang di YouTube.
  1. Memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam 12 bulan terakhir.
  2. Memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
Namun, meskipun telah memenuhi syarat di atas, tidak ada jaminan kalau monetisasi akun bakal diterima oleh YouTube. 

Hal yang terpenting adalah Anda harus mengaktifkan dulu monetisasi atau istilah lainnya mengaktifkan Google AdSense. 

Berikut ini tahapan-tahapan cara aktifkan Google AdSense.
  1. Klik ikon akun YouTube di pojok kanan atas
  2. Masuk ke pilihan “Creator Studio”
  3. Di bagian kiri menu pilih “Channel”
  4. Lalu klik “Status and features”
  5. Klik enable di pilihan “Monetization”
  6. Ikuti perintah yang tertera di halaman tersebut
Kemungkinan besar yang membuat monetisasi ditolak oleh YouTube adalah karena tidak memenuhi kebijakan dan persyaratan yang diminta. Jika ditolak, Anda bisa melakukan pendaftaran lagi dalam rentang waktu 30 hari setelahnya. 

Cara monetisasi YouTube 


Setelah memastikan kamu sudah memenuhi persyaratan, dan daftar Google AdSense YouTube sudah diterima, berikut ini ada beberapa cara monetisasi YouTube yang bisa Anda pilih.

Berdasarkan peraturan YouTube, cara monetisasi tidak cuma lewat iklan, tetapi juga ada banyak cara lainnya, lewat Membership Channel, Super Chat, Merchandise, dan YouTube Premium. 

1. Dari iklan atau Google AdSense 

Cara monetisasi Youtube yang satu ini adalah dengan mengandalkan iklan sebagai pemasukan utama. Anda bisa mengatur iklan yang tayang di kontenmu dan juga letak posisi iklan itu ditayangkan.

Fitur ini bakalan ada jika pendaftaran akun Google AdSense yang sudah tertera di atas disetujui oleh YouTube.

Persyaratan khususnya, pemilik akun harus sudah berumur 18 tahun atau paling tidak memiliki wali yang umurnya sudah mencukupi. Hal ini berkaitan dengan syarat penerimaan uang dari iklan-iklan yang tayang. 

Cara memasang iklan di YouTube juga gak bisa sembarangan karena Anda harus memenuhi persyaratan yang dibuat oleh pengiklan.

Selain itu, pastikan cara Anda menempatkan konten untuk bisa dapat monetisasi dari Youtube harus sesuai dengan iklannya juga. Misalnya, jika Anda mau mengatur iklan tempat wisata, tempatkan di konten objek wisata dan konten terkait. 

2. Membership Channel 

Kalau yang ini, Anda mendapatkan bayaran dari akun orang yang terdaftar sebagai member akun kamu. Sistemnya adalah member Anda bakal memberikan bayaran setiap bulannya untuk menikmati konten-konten berkualitas yang kamu tawarkan. 

Persyaratan khususnya adalah, berusia minimal 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 subscriber. 

Berikut ini cara mengaktifkan atau cara monetisasi YouTube lewat Membership Channel, 
  1. Login ke akun YouTube
  2. Buka halaman “Membership“
  3. Klik mulai dan ikuti perintah-perintah yang muncul di layar
3. Merchandise 

Fitur yang satu ini memungkinkan akun yang menonton bisa melihat merchandise yang Anda tawarkan di laman video. 

Syarat khusus untuk bisa berjualan di YouTube adalah harus minimal berumur 18 tahun dan memiliki 10.000 subscribers. 

Cara monetisasi YouTube dengan fitur Merchandise Shelf: 
  1. Login ke “YouTube Studio Beta”
  2. Di menu sebelah kiri kamu bisa melihat menu “Monetisasi”, silahkan di-klik
  3. Klik pilihan “Merchandise”, opsi ini bakal muncul kalau persyaratan khususnya sudah terpenuhi
  4. Ikuti petunjuk yang tertera di layar 
4. Super Chat 

Di YouTube, sekarang Anda sudah bisa melakukan live streaming dan disaksikan oleh masyarakat secara luas. 

Penonton bisa dengan bebas mengirimkan pesan saat live streaming bahkan pesan tersebut bisa disorot oleh orang banyak. 

Cara monetisasi Youtube yang ini dinamakan dengan fitur Super Chat dan ketika Anda menggunakan fitur ini, kamu bakal mendapatkan bayaran.

5. YouTube Premium 

Cara monetisasi Youtube berikutnya adalah melalui fitur Youtube Premium. Di sini Anda cukup mengalihkan akunmu ke versi premium. Dengan cara ini, Anda bakal mendapatkan bayaran dari setiap orang yang menonton konten video Anda.

Sayangnya, fitur yang satu ini belum berlaku di Indonesia, jadi belum ada keterangan apa pun tentang cara pendaftarannya. 

Cara menarik uang dari YouTube 

Dari cara monetisasi YouTube, kini kita beralih ke cara menarik uang yang telah dikumpulkan. Di awal tadi Anda sudah mendaftar Google AdSense. Nah, untuk bisa mencairkan, Anda perlu melakukan verifikasi akun Google AdSense. 

Verifikasi dilakukan dengan memasukkan PIN yang nantinya bakal dikirim ke alamat Anda oleh pihak Google. Berikut ini tahapan-tahapannya. 

  1. Masuk ke akun AdSense sesuai dengan alamat email dan kata sandi yang Anda daftarkan
  2. Klik menu pengaturan dan pilih “Setelan”
  3. Di bagian kiri laman klik “Informasi Akun”, lalu klik “verifikasi alamat”
  4. Masukkan PIN yang telah dikirimkan
Setelah AdSense terverifikasi, Anda tinggal memasukkan data-data rekening untuk pengiriman pendapatan. Uang akan ditransfer setiap bulan, sekitar tanggal 21-26. 

Cara registrasi AdSense untuk bisa monetisasi YouTube

Berikut ini cara melakukan registrasi AdSense YouTube
  1. Login ke akun YouTube, klik “Icon Profile” dan pilih menu “Setting” 
  2. Dari halaman “Setting”, klik kembali “Icon Profile” lalu “Creator Studio”
  3. Dari halaman “Creator Studio”, ada berbagai macam pengaturan, mulai dari memoderasi komentar, menentukan pilihan dalam mengunggah video, melihat hasil analisis statistik, hingga mendaftarkan akunmu ke YouTube AdSense.
  4. Dari halaman “Creator Studio” pilih menu “Other Features” kemudian klik “Monetization”, yang menarik, meskipun belum memiliki video yang diunggah, kamu sudah bisa mengajukan YouTube AdSense dan akan di-review kemudian persetujuannya setelah akun memenuhi syarat yang ditentukan.
Setelah mengklik pilihan “Monetization”, kamu akan masuk ke halaman YouTube Partner Program. Di sinilah langkah-langkah sesungguhnya yang harus kamu perhatikan.

Langkah 1: Menyetujui syarat dan ketentuan dalam Program YouTube Partner. 

Caranya mudah, kamu hanya perlu membaca daftar syarat dan ketentuan yang tertera dan, jika setuju, meng-klik pilihan “I accept”.

Selain itu, di halaman ini, kamu dapat mengatur persetujuanmu terkait pengiriman informasi terbaru dari YouTube Partner melalui e-mail. Jika kamu ingin dikirimi informasi tersebut, centang kotak yang disediakan.

Langkah 2: Membuat atau menghubungkan akun YouTube dengan AdSense. 

Belum memiliki akun AdSense? Di tahap ini Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang tersedia untuk membuat akun AdSense yang bisa Anda gunakan khusus untuk YouTube. 

Silakan mengisi data, seperti nama dan negara, dalam form yang ada kemudian klik “Create Account”. 

Setelah itu, Anda akan masuk ke dalam halaman Google AdSense dan kembali mengisi informasi terkait akunmu.

Jangan lupa mengisi alamat dengan benar karena, di masa depan, Google akan mengirimkan kode verifikasi untuk mencairkan saldo jika sudah cukup ke alamat rumah. 

Namun, jika kamu sudah memiliki akun AdSense, kamu tinggal menghubungkannya dengan memilih “Sign up for AdSense”.

Langkah 3: Atur pilihan monetisasi. 

Anda dapat mengatur posisi iklan yang hendak kamu tampilkan. Caranya, dalam halaman “Monetization” pilih “Set Monetization Preference” lalu klik “Start” dan akan muncul 4 tampilan iklan, yaitu:

Display Ads

Berada di bagian kanan layar, iklan ini akan ditayangkan dari awal hingga akhir video. Meskipun demikian, iklan jenis ini tidak akan mengganggu suara video yang sedang diputar karena tidak tampil dengan autoplay sound.Pengunjung baru bisa mendengar suara dalam iklan jika mengklik gambar iklan. Iklan tipe ini juga hanya bisa dilihat oleh pengunjung melalui perangkat desktop.

Overlay Ads

Berada di bagian layar, mungkin ini adalah jenis iklan yang paling sering kita lihat. Posisinya di bagian layar dengan ukurang sekitar 480×70 pixel membuat video yang hendak ditonton sedikit tertutupi. Namun jangan khawatir, iklan ini bisa ditutup dengan mengklik lambang x di bagian iklan secara manual.

Sponsored Cards

Muncul di bagian kanan atas video, iklan tipe ini akan menayangkan semacam teaser ke penonton selama beberapa saat kemudian berganti menjadi ikon kartu.Mirip dengan iklan jenis. Display Ads, pengunjung juga dapat menutup iklan atau justru mengkliknya untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait iklan tersebut.

Skippable Video Ads

Muncul di bagian awal atau akhir video, iklan jenis ini juga tentu tak asing buat kita karena diikuti pilihan “Skip Ad”. 

Namun, sebelum bisa mengklik tombol “Skip Ad” penonton harus menyaksikan iklan tersebut selama beberapa detik, biasanya 5 detik.

Nah, sudah tahu jenis iklan apa yang ingin kamu gunakan? 

Jika belum, cobalah pertimbangkan dengan tampilan video yang akan diputar agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung akun YouTube milikmu, ya. Jika terbuka untuk semua jenis iklan, kamu bisa memilih untuk menggeser pilihan “Monetize all existing and future videos” menjadi enable.

Langkah 4: Memenuhi syarat 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber. 

Pendaftaran AdSense sudah, lalu selanjutnya apa?Selanjutnya, kreativitasmu yang akan menentukan dengan membuat konten menarik dan bermanfaat supaya syarat 4.000 jam dan 1.000 subscriber bisa tercapai dengan cepat.Jika syarat ini sudah terpenuhi, YouTube akan mengirimkan hasil pertimbangannya apakah akunmu layak menjadi YouTube Partner atau tidak melalui e-mail.

Itulah cara registrasi AdSense YouTube yang dapat langsung kamu praktikan. Anda bisa mulai membuat konsep-konsep baru untuk kontenmu nanti. Setelah semuanya beres, siap-siap dapat bayaran dari Youtube.

Demikian cara monetisasi YouTube yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan uang tambahan dari konten YouTube.*

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post