Radio identik dengan musik. Radio dikenal sebagai gudangnya lagu. Mayoritas pendengar mendengarkan radio untuk menikmati musik atau lagu. Mendapatkan informasi terkini menjadi alasan kedua mendengarkan radio.

Materi Siaran Favorit Pendengar Radio


Radio merupakan salah satu media massa yang masih bertahan di zaman internet ini dan masih diminati oleh masyarakat. 

Radio mendapat julukan “kekuasaan kelima” setelah surat kabar (media berita). Hal ini dikarenakan keunggulan radio yang bersifat langsung, tidak mengenal jarak dan rintangan, serta memiliki daya tarik dalam hal suara.

Radio memiliki kekuatan terbesar sebagai media imajinatif, sebab sebagai media yang buta, radio menstimuli begitu banyak suara, dan berusaha memvisualisasi suara penyiar ataupun informasi faktual melalui telinga pendengarnya.

Hasil Survei Pendengar Radio


Berikut ini hasil survei pendengar radio di wilayah Bandung dan Cimahi, Jawa Barat. Jumlah responden sebanyak 230 orang,  terdiri dari Bandung (160 responden) dan Cimahi (70 responden). 

Hasil survei menunjukkan, responden  yang mendengarkan radio berjumlah 140 orang dan tidak mendengarkan radio 90 orang. 

Jenis kelamin responden terbagi ke dalam laki-laki 51,73% dan perempuan 48,26%. Usia responden yang disurvei adalah Generasi Z dengan rentang usia 16-21 tahun (52,60%) dan  usia 10-15 tahun (47,39%). 

Pemilihan Media 


Untuk mendengarkan radio generasi z menggunakan media yang nyaman. Pada tabel 1 temuan yang didapat adalah aplikasi sediaan dari handphone (FM Radio) yang hasilnya sangat dominan 57.14% kemudian media konvensional ternyata masih digunakan generasi z 28.57%. 

Perubahan teknologi berpengaruh pada bagaimana orang mendengarkan radio. Meskipun mendengarkan radio menggunakan media konvensional (dapat dikatakan demikian) namun ada kecenderungan mulai menggunakan media baru (internet).

Tabel 1
Pemilihan Alat untuk Mendengarkan Radio

Pemilihan Alat untuk Mendengarkan Radio

Motif Mendengarkan Radio


Dalam literatur komunikasi, ada empat kategori motif mengkonsumsi media secara umum:
  1. Informasi
  2. Identitats pribadi
  3. Integrasi dan interaksi sosial
  4. Hiburan. 
Motif hiburan adalah motif yang meliputi kebutuhan untuk melepaskan diri dari rutinitas, tekanan, dan masalah; sarana pelepasn emosi dan kebutuhan akan hiburan. 

Pada penelitian ini, hasilnya menggambarkan motif dari pemenuhan kebutuhan hiburan, yakni mendengarkan lagu-lagu yang diputar mendapatkan perhatian sebesar 46,42%.

Tabel 2 
Motivasi Mendengarkan Radio

Motivasi Mendengarkan Radio

Dapat dikatakan bahwa khalayak menginginkan motif pengalihan (diversion) karena ada tiga item pernyataan yang termasuk ke motif tersebut yakni (item 3, 5 dan 6). Jika dijumlahkan memiliki rata-rata hampir 70%.

Selain itu, motif surveillance menjadi data pendukung dari motif generasi z mendengarkan radio. Pada item 1 dan 7, hasil presentasenya walaupun tidak mendapatkan nilai yang tinggi dari motif pengalihan tetapi menjadi temuan menarik.

Memperluas wawasan sebagai tambahan pengetahuan dalam peristiwa atau kondisi terkini.

Temuan lain yang dapat menggambarkan motif khalayak adalah alasan mendengarkan radio pada tabel 2.

Alasan yang sangat dominan dipilih yakni lagunya enak sebesar 50%, alasan kedua informasinya bermanfaat 12,14%. Presentase yang kecil pada pilihan suara penyiarnya enak sebesar 1.42%.

Alasan Mendengarkan Radio


Berhubungan dengan alasan menggunakan media radio sebagai alat untuk pemenuhan kebutuhan khalayak, alasan paling utama adalah mencari informasi dan hiburan.

Oleh karena itu, khalayak radio mau yang ringan-ringan saja. Khalayak radio yakni generasi z pada temuannya tidak ada yang loyal.

Artinya mereka akan mengganti saluran jika tidak sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini berkenaan dengan hasil temuan di lapangan bahwa generasi z memindahkan gelombang ke radio lain dikarenakan iklannya banyak dengan presentase dominan sebesar 28.57%, kemudian acaranya membosankan sebesar 20%, lagunya tidak sesuai sebesar 32%.

Tabel 3
Alasan Mendengarkan Radio

Tabel 5
Alasan Mendengarkan Radio



Materi Siaran


Materi siaran yang disukai adalah musik sebesar 87.14%. Informasi lainnya berkaitan dengan keagamaan, kesehatan, olahraga, pendidikan, gosip tidak banyak mendapatkan perhatian dari generasi z. 
Tabel 4 Materi Siaran yang Disukai

Materi Siaran yang Disukai

Demikian Materi Siaran Favorit Pendengar Radio di Bandung dan Cimahi.*

Sumber: Jurnal Ilmu Komunikasi [JIKA] Vol.6 No. 2, September 2019
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika