Ciri-Ciri Positif Covid-19 Sejak Hari Pertama Terinfeksi


RKSBMajaFM.com -- Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) mewabah sejak Desember 2021. Di Indonesia, kasus positif terus meningkat. Hingga kini belum ada tanda mereda.

Infeksi COVID-19 bisa menyebabkan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Namun, bagaimana ciri-ciri Corona hari pertama?

Terlebih gejala COVID-19 memiliki banyak kemiripan dengan sejumlah penyakit lain. Misalnya, demam tinggi yang merupakan salah satu gejala dari infeksi virus Corona juga bisa terjadi saat kita sedang terkena tipes.

Staf medis di sebuah rumah sakit di China menyusun buku tentang infeksi COVID-19. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada ribuan pasien Corona di China, ada pola gejala COVID-19 yang dialami pasien dari hari pertama hingga hari kedua puluh tujuh. 

Berikut gejala COVID-19 dari hari ke hari, dikutip dari Detikcom dari laman Express UK.

Ciri-Ciri Positif Covid-19

Hari ke-1: Demam dan Batuk

Pada hari pertama, pasien Corona umumnya akan mengalami gejala ringan berupa demam dan batuk. Namun, sebagian kecil pasien juga ada yang mengalami diare atau mual pada hari pertama dan kedua.

Hari ke-3: Pneumonia

Hari ketiga menjadi waktu rata-rata pasien Corona di Wenzhou, China, dirawat di rumah sakit setelah muncul gejala. Menurut penelitian yang dilakukan pada 550 rumah sakit di China, pasien Corona yang dirawat di rumah sakit mengalami pneumonia pada hari ketiga.

Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Pneumonia bisa menimbulkan gejala yang ringan hingga berat. Gejalanya meliputi demam, batuk berdahak, pilek, dan sesak napas.

Hari ke-5: Kesulitan bernapas

Pada hari kelima, pasien Corona dengan gejala parah bisa mengalami gejala yang lebih buruk. Pasien mungkin mengalami kesulitan bernapas, terutama pada orang lanjut usia (lansia) atau memiliki penyakit penyerta.

Hari ke-7: Sesak napas

Hari ketujuh menjadi waktu rata-rata pasien Corona di Wuhan, China, mengalami gejala awal. Gejala yang muncul umumnya adalah sesak napas.

Hari ke-9: Sepsis

Sejumlah pasien Corona di Wuhan mengalami sepsis atau kompilasi infeksi penyakit pada hari kesembilan.

Selain demam dan batuk menjadi ciri-ciri Corona hari pertama dan pada hari kesembilan berisiko mengalami sepsis, berikut gejala COVID-19 dari hari ke-10 hingga ke-27. 

Hari ke-10 sampai ke-11: Sakit perut

Pada hari kesepuluh dan sebelas, gejala pasien bisa semakin memburuk dan kemungkinan besar akan dirawat di ruang ICU.

Pasien yang sampai dirawat di ICU tersebut mungkin bisa mengalami sakit perut yang parah dan kehilangan nafsu makan, dibandingkan dengan pasien yang bergejala ringan.

Hari ke-12: Demam sembuh 

Sejumlah pasien Corona mungkin akan sembuh dari demamnya pada hari ke-12.

Hari ke-16: Batuk dan sembuh

Menurut sebuah penelitian, gejala batuk pada sebagian pasien Corona mungkin akan berkurang bahkan sembuh pada hari ke-16.

Hari ke-17 sampai ke-21: Sembuh atau meninggal

Ini menjadi waktu rata-rata pasien Corona di Wuhan sembuh dari COVID-19 dan dipulangkan dari rumah sakit. Namun, ada juga pasien yang tidak tertolong dan meninggal setelah dirawat di rumah sakit selama 2,5 sampai 3 minggu.

Hari ke-19: Sesak napas pulih

Sebuah penelitian juga menunjukkan, gejala sesak napas yang dialami pasien Corona kemungkinan akan pulih pada hari ke-19.

Hari ke-27: Hilang sepenuhnya

Rata-rata pasien Corona di Wuhan yang dirawat di rumah sakit hingga 27 hari tak semuanya bisa pulang, beberapa pasien bisa dirawat lebih lama. Meski diperbolehkan pulang dari rumah sakit, namun bukan berarti gejala yang dialami sudah hilang sepenuhnya.

Beberapa pasien Corona melaporkan gejala COVID-19 selama berbulan-bulan. Gejala yang dialami, yaitu nyeri dada, sesak napas, mual, jantung berdebar-debar, hingga hilangnya kemampuan indra penciuman dan perasa.

Apabila mengalami ciri-ciri Corona hari pertama di atas, maka sebaiknya segera lakukan tes COVID-19 untuk memastikan apakah kamu sedang terinfeksi atau tidak.*