Teknik, Tips, dan Cara Menjadi Penyiar Radio Idola Pendengar

Penyiar atau Radio Announcer adalah seorang penampil yang melakukan pekerjaan penyiar, menyajikan produk komersial, menyiarkan berita atau informasi, acting, acara olahraga, pewawancara, diskusi, quiz, dan narasi.

Saat siaran radio, penyiar tampil sebagai perwakilan stasiun radio. Ia harus membawakan acara dengan baik, menarik, menghibur, dan informatif. Penyiar yang baik akan menjadi idola pendengar.

Berikut ini Teknik, Tips, dan Cara Menjadi Penyiar Radio Idola Pendengar.

Dasar-Dasar Siaran Radio

Kita mulai dari dasar-dasar siaran radio. Lakukan hal berikut ini untuk menjadi penyiar radio yang menarik dan menjadi idola pendengar.

1. Bekali Diri

Sebelum membuat keputusan untuk terjun menjadi penyiar radio, seseorang harus siap, bersedia, dan mengetahui tentang profesi penyiar radio.

Untuk calon penyiar harus membekali diri sendiri. Bekal yang dimaksud dapat berupa pengetahuan yang luas, iman yang kuat dll.

2. Banyak mencari tahu

Seorang calon penyiar radio dituntut untuk banyak tahu. Bayak tahu dalam artian memiliki wawasan yang luas. Hal tersebut disebabkan ketika On Air, para pendengar akan menilai bahwa sang penyiar adalah seorang yang maha tahu. 

Dikarenakan penyiar radio juga merupakan manusia biasa, tentulah tidak semua diketahuinya. Karena itulah seorang penyiar harus banyak mencari tahu untuk menambah perbendaharaan wawasan yang dimilikinya.

3. Cinta music

Pada penyiaran radio, pasti tidak akan lepas dari yang namanya music. Diawali dari pembuka hingga penutup, program radio pasti akan didominasi akan suara music (kecuali program tertentu).

4. Perhatikan attitude

Berani unutk menjadi seorang penyiar berarti berani menjadi sorotan di publik. Dikarenakan seorang penyiar radio nantinya mengundang banyak perhatian orang, maka dari itu seorang penyiar radio harus mampu menjaga attitude (sikap). 

Dengan makin sopan sikap kita, semakin santun tingkah laku kita, seorang penyiar radio akan lebih dihormati dan disegani.

5. Latihan vokal

Ketika penyiar radio tengah dalam On Air, tidak bisa ditampik bahwa suara adalah syarat dan hal yang sangat wajib di radio. Entah suara music, ataupun suara bercerita sang penyiar. 

Terkadang saat kita bercerita, kita akan menemui saat dimana kita akan kesulitan mengucapkan sebuah kata. Sering kali penyiar menghadapi situasi demikian saat membawakan program yang bernuansa semangat. 

Pada program ini, penyiar radio diharuskan untuk berbicara dengan nada semangat. Untuk hal tersebut, kadang penyiar meningkatkan kecepatan berbicaranya (walau tidak semua) agar terlihat semangat. 

Saat berbicara sedikit cepat inilah kadang suatu kata akan terucap tidak jelas, salah pengucapan dll. Untuk hal tersebut, latihan vocal diperlukan. A I U e E O

6. Gaul

Seorang calon penyiar diharuskan untuk gaul. Bukan gaul dalam artian perilaku yang mengganggu, kacau, nakal, dll. Ini dikarenakan adanya penyimpangan dari makna gaul itu sendiri. 

Pada bagian gaul ini yang dimaksud adalah selalu up-date dengan apa-apa saja yang sedang trend dan popular di masyarakat, berita atau informasi apa saja yang ramai dibicarakan. Karena begitu memalukan untuk penyiar radio, jika tidak mengetahui hot news disekitarnya.

7. Berdoa

Menjadi penyiar radio merupakan langkah pertama masuk ke dalam dunia entertain. Sering kali banyak cobaan yang dating. Menjadi persoalan wajib sebagai penyiar radio yang beriman untuk berdoa menurut keimanan masing-masing.

Teknik Siaran Radio

Masalah-masalah teknis yang harus diperhatikan untuk menjadi penyiar radio.

1. Artikulasi yang jelas

Penyiaran radio 100% diterima melalui suara. Untuk itu, artikulasi (kejelasan dalam pengucapan kata) haruslah jelas. Tidak harus cepat, yang penting artikulasi jelas.

2. Pernapasan yang baik

Ketika berbicara, pernapasan adalah hal penting yang perlu dilatih. Tidak boleh sampai kita terkesan seperti orang kelelahan.

3. Mengerti musik

Hal tersebut berhubungan dengan bagaimana anda menyesuaikan dengan tempo lagu.

4. Mood

Penyiar tak boleh terdengar murung atau tidak bersemangat. Sebab mood yang buruk akan mengakibatkan siaran menjadi tidak optimal. 

Mood yang bagus terkadang susah didapat. Oleh karena itu penyiar radio harus belajar untuk tidak membawa masalah pribadi saat siaran.

5. Pengetahuan yang luas

Sesuai dengan yang dikatakana di atas bahwa penyiar radio harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. 

12 tips untuk menjadi penyiar radio yang baik

Apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi penyiar radio yang baik? 

Pengalaman biasanya di belakang setiap profesional yang sukses, dan tidak ada bedanya dengan penyiar radio. 

Meskipun demikian, selain ini, ada tips penting yang dapat membantu Anda menjadi lebih baik dalam karir ini. Kiat yang akan meningkatkan peluang Anda menjadi penyiar radio yang bagus dan diakui seperti itu. 

Simak ulasan di bawah ini bagaimana Anda bisa menjadi penyiar yang lebih baik:

1 – Persiapan

Untuk menjadi penyiar yang baik, Anda harus mempersiapkan diri. Clealy, ada persiapan terkait dengan pidato itu sendiri, yang melibatkan dari pengucapan yang jelas untuk mengetahui bagaimana mengontrol pernapasan dan mempertahankan diksi yang baik. 

Tetapi ada juga persiapan harian, yang melampaui suara: itu mengacu pada rutinitas Anda di udara.

Penyiar yang baik harus siap dengan apa yang akan terjadi dalam program. Oleh karena itu, datang lebih awal dan berinteraksi dengan subjek dan jadwal hari adalah penting dan sangat diperlukan.

Untuk melakukannya, lihat tips di bawah ini:

– Ketahui sebelumnya urutan lagu yang akan diputar;
– Cari tahu tentang kemungkinan diwawancarai;
– Waspadai berita tersebut.

Seperti yang Anda lihat, mempersiapkan diri untuk menjadi penyiar yang baik dapat dimulai jauh sebelum Anda akan mengudara.

2- Tahu cara berimprovisasi

Penyiar yang baik perlu berbicara secara alami dan ini membutuhkan bantuan untuk berimprovisasi pada banyak kesempatan. 

Ada situasi di mana hal-hal tidak berjalan sesuai rencana dan Anda harus bertindak sendiri.

Entah karena berita-berita terakhir, kesalahan atau bahkan jawaban yang canggung dari pewawancara. Peluang tidak akan kurang menuntut Anda untuk menjadi jalanan.

Oleh karena itu, cobalah untuk menciptakan situasi di mana Anda perlu berbicara tentang masalah acak dan mencari informasi tentang mata pelajaran yang tidak Anda ketahui. Dengan demikian, Anda akan dapat menjadi profesional yang lebih baik setiap hari.

3 – Mampu Mengetahui Informasi Terbaru

Menyadari apa yang terjadi di kota, negara, dan dunia akan memungkinkan Anda untuk dapat membuat komentar tentang peristiwa.

Ini tidak berarti bahwa Anda perlu memahami semua subjek secara mendalam. Yang penting di sini adalah mengetahui cukup untuk memberi informasi kepada pendengar Anda.

Ini akan membantu Anda jika Anda perlu berimprovisasi. Dan, selain itu, Anda akan memiliki kredibilitas lebih sebagai seorang profesional.

4 – Gunakan bahasa yang sederhana

Ingatlah bahwa Anda berada di stasiun radio. Orang-orang akan memperhatikan apa yang Anda katakan, dan Anda perlu memastikan bahwa mereka dapat memahami Anda dengan jelas, sehingga informasi tersebut datang tanpa suara.

Untuk melakukannya, mempertahankan bahasa yang sederhana dengan kata-kata yang jelas mudah dipahami akan membantu Anda dalam mengirimkan pesan Anda. Lebih suka kalimat pendek, sehingga Anda dapat terhubung dengan lebih mudah dengan pendengar Anda.

5 – Jaga suara Anda

Suara Anda bukan satu-satunya faktor yang akan membantu Anda menjadi penyiar yang baik, namun menjaga itu penting. Memang, itu akan menjadi instrumen kerja harian Anda.

Karena itu, ikuti panduan di bawah ini:

– Minumlah air yang cukup;
– Hindari alkohol, serta minuman yang sangat dingin atau panas;
– Sebelum sulih suara, hindari makanan yang dapat mengentalkan air liur dan membuat Anda jernih – seperti susu, yoghurt, cokelat, dan keju;
– Hindari makanan dengan efek anestesi, karena mereka dapat menyembunyikan masalah yang Anda miliki dengan suara;
– Jangan merokok, karena rokok merusak sistem pernapasan;
– Jalankan pencucian mulut untuk menghindari infeksi di tenggorokan.

6 – Jalankan latihan lisan

Melakukan latihan yang membantu menjaga suara tetap jernih sangat penting untuk menjadi penyiar yang baik. Ini karena mereka akan menghindari cedera pada pita suara Anda.

Dianjurkan agar, setiap hari, Anda berlatih latihan lidah dan bibir untuk merilekskan pita suara.

7 – Istirahatkan suara Anda

Untuk menjadi penyiar yang baik, Anda harus menyimpan suara saat keluar dari studio. Istirahat vokal adalah penting, karena itu akan memastikan bahwa Anda siap untuk bekerja pada hari berikutnya.

Selain itu, ketika Anda mengudara, Anda perlu khawatir tentang hal-hal lain. Suara Anda dan jika itu akan menangani rekaman hari itu tidak bisa – dan tidak boleh – menjadi salah satu dari keprihatinan ini.

8 – Memiliki kinerja yang baik

Berkinerja baik ketika Anda merekam program jauh lebih baik daripada berbicara dengan baik. Cobalah tenang dan kendalikan kecemasan, jika Anda siaran langsung.

Karena itu, penting untuk bernafas dengan baik dan tetap santai. Bersiap akan membantu Anda merasa lebih percaya diri dan, akibatnya memiliki kinerja yang lebih baik ketika Anda bekerja.

9 – Hindari penyalahgunaan bahasa

Satu hal untuk memiliki slogannya, frasa yang Anda kenal. Yang lain adalah penyalahgunaan languagem, menggunakan kata-kata atau ekspresi berulang kali.

Beberapa contoh adalah:

– Baik;
– Bukan itu;
– Ah;
– Seperti itu;
– Jadi

Tidak ada formula ajaib di mana Anda dapat menyingkirkan kebiasaan ini. Kiat di sini adalah untuk mengendalikan diri Anda sendiri, memperhatikan banyak situasi di mana Anda memilih untuk menyalahgunakan bahasa. 

Hanya dengan melakukan itu Anda akan dapat menciptakan cara Anda sendiri untuk membebaskan diri dari masalah ini.

10 – Pertahankan ritme bicara

Tips yang layak yang akan membantu Anda menjadi penyiar radio yang baik adalah mengetahui cara berbicara dengan tenang dan sengaja. 

Selalu ingat bahwa pendengar bergantung pada suara Anda untuk tetap diperbarui tentang apa yang terjadi. Dan, oleh karena itu, Anda tidak dapat mencurahkan kata-kata, berbicara dengan cara yang dipercepat.

Karena itu, usahakan untuk mempertahankan ritme ucapan. Dan memahami bahwa berbicara dengan sengaja tidak berarti lambat, tetapi jelas.

11 – Ikuti berbagai stasiun dan program radio

Menindaklanjuti pekerjaan penyiar radio dan profesional lainnya adalah cara meningkatkan diri Anda sebagai seorang profesional. 

Ini akan membantu Anda menempatkan diri di tempat pendengar melihat fungsi apa dan apa yang tidak berfungsi.

Anda akan dapat melihat seberapa baik profesi berurusan dengan situasi yang tidak biasa dan, dengan demikian, dapat belajar dengan hits dan kehilangan mereka.

Pada awalnya, Anda dapat mendasarkan diri pada seorang profesional terkenal. Meskipun demikian, gunakan pembelajaran ini untuk menemukan cara dan gaya Anda sendiri.

12 – Kenali audiens Anda

Dari saat Anda berada di radio atau program yang ditentukan, penting untuk mengetahui profil mereka yang menindaklanjuti pekerjaan Anda. Ini akan membantu Anda mengarahkan diri Anda lebih baik kepada pendengar Anda.

Baik pada saat memilih kosa kata atau melihat subjek yang ditentukan, mengetahui audiens adalah dasar untuk menjadi penyiar yang lebih baik. Karena audiens Anda yang juga akan menilai hasil akhir dari pekerjaan Anda.

Karena itu, jika radio memiliki Facebook, cari waktu untuk memeriksa siapa yang berinteraksi melalui fanpage. 

Juga sah untuk memperhatikan profil pendengar yang menelepon. Semua ini akan membantu Anda mengetahui siapa pendengar Anda dan mengenal mereka dengan lebih baik.

Itu dia Teknik, Tips, dan Cara Menjadi Penyiar Radio Idola Pendengar. (SumberSumber).

Mau jadi penyiar radio dan MC? Yuk, ikut Kursus Penyiar Radio RBS!