Kota Bandung Dinobatkan Kota Terbaik bagi Pelajar dan Mahasiswa

Kota Bandung Dinobatkan Kota Terbaik bagi Pelajar dan Mahasiswa

Kota Bandung dinobatkan sebagai kota terbaik bagi pelajar dan mahasiswa, diikuti Jakarta di urutan kedua dan Surabaya di posisi ketiga. 

Bandung juga menempati peringkat 120 dunia sebagai kota pelajar terbaik di dunia. Kota Bandung pun layak menyandang sebutan "Kota Pelajar" atau "Kota Pendidikan".

Pemeringkatan tiga kota di Indonesia sebagai tempat belajar atau kuliah ini dilakukan QS World University Rankings (QS WUR). Bandung yang berulang tahun ke-212 pada 25 September 2022 dinilai sebagai kota terbaik bagi mahasiswa untuk kuliah. 

QS WUR adalah lembaga pemeringkat dan salah satu sumber informasi utama bagi calon mahasiswa dari seluruh dunia untuk mengetahui perguruan tinggi, kota terbaik bagi mahasiswa. 

Kota terbaik bagi mahasiswa ini dirangking berdasarkan berbagai faktor. Di antaranya memiliki setidaknya dua universitas yang masuk dalam pemeringkatan QS World University Rankings terbaru, keterjangkauan biaya pendidikan serta biaya hidup, jumlah pelajar internasional, keamanan dan kesehatan, hingga survei dari mahasiswa. 

QS WUR menobatkan Kota Bandung menjadi kota terbaik bagi pelajar sekaligus "rumah" bagi beberapa universitas terkemuka. 

Kota Bandung telah menjadi favorit mahasiswa selama bertahun-tahun dan memiliki banyak perguruan tinggi. 

Kota Bandung masuk dalam peringkat pertama QS WUR 2023. Dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bandung masuk ke dalam daftar QS WUR 2023 sebagai kampus terbaik di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Ada juga Telkom University, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Binus, Institusi Seni Budaya Indonesia (ISI), Universitas Katolik Parahyangan, dan masih banyak lagi.

Biaya hidup di Kota Bandung

Biaya hidup di Kota Bandung cukup terjangkau untuk mahasiswa. Untuk harga sewa kos atau apartemen, berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 3 juta per bulan. 

Makanan pun mudah ditemukan di mana saja dengan harga terjangkau, variatif, dan banyak fasilitas, seperti working space bagi mahasiswa saat ingin menyelesaikan tugas atau kerja kelompok. 

Jakarta Jakarta menduduki posisi kedua sebagai kota terbaik bagi mahasiswa. Banyak kampus negeri, swasta juga tersedia di kota ini. 

Sebagai wilayah sentral Indonesia, Jakarta tak hanya diserbu para pencari kerja namun juga diserbu mahasiswa baru setiap tahunnya. Daftar kampus di Jakarta yang masuk QS WUR, adalah Universitas Indonesia, lalu Binus University. Kampus lain, ada Universitas Mercubuana, Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara (Untar), Universitas Katolik Atma Jaya, dan masih banyak lainnya. 

Jakarta juga memiliki deretan kos dan apartemen yang bisa disewa bulanan dan tahunan oleh mahasiswa. Harganya, di kisaran Rp 800 ribu hingga lebih dari Rp 3 juta tergantung fasilitas dan lokasi. 

Perpustakaan nasional pun lokasinya di Jakarta, sangat cocok bagi mahasiswa. Apalagi, banyak coworking space dan berbagai jenis transportasi umum yang akan mempermudah aktivitas sehari-hari. 

Surabaya yang menempati urutan ketiga kota terbaik bagi pelajar dan mahasiswa punya deretan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Misalnya Universitas Airlangga (Unair) yang masuk posisi keempat versi QS WUR, lalu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di posisi keenam. 

Tak hanya 2 kampus tersebut, banyak juga kampus unggulan di Surabaya. Misalnya UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Ciputra, Institut Teknologi Telkom Surabaya, deretan Politeknik dan Poltekkes juga tersedia. 

Surabaya juga sering mengadakan book fair, kegiatan talk show yang diminati banyak mahasiswa. Biaya hidup di Surabaya cukup terjangkau. Misalnya harga kos per bulan mulai Rp 400.000 hingga lebih dari Rp 1,5 juta. 

Makanan pun bervariatif, sama dengan kota pelajar lainnya. Ada pula rumah makan yang menyediakan makanan asli daerah mahasiswa. Misalnya, warung Sunda, warteg tegal (warteg), makanan asli Sulawesi, Bali yang cukup menjadi obat kangen mahasiswa saat rindu masakan rumah. (Kompas)

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post