Tol Cisumdawu Sudah Bisa Dipakai untuk Mudik Lebaran 2022

Tol Cisumdawu Sudah Bisa Dipakai untuk Mudik Lebaran 2022

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 1 yang menghubungkan Cileunyi-Pamulihan sudah bisa dipakai untuk mudik lebaran tahun ini.

Kepastian Tol Cisumdawu sudah siap digunakan mudik 2022 itu sisampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

"Jadi, sementara informasinya masih itu (seksi I). Nanti kalau ada kabar ada tambahan di exit berikut saya kabarin, tapi per hari ini baru exit itu (seksi I)," katanya di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (18/4/2022).

Emil, sapaan Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu kepastian seksi II-seksi III Tol Cisumdawu bisa juga dioperasikan.

Namun, dalam pertemuannya dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono baru-baru ini, pihaknya baru mendapat informasi; peresmian seluruh seksi Jalan Tol Cisumdawu baru akan dilakukan pada Juni 2022 mendatang.

Hal itu karena Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan kontraktor masih mencoba mengatasi sejumlah longsor di beberapa ruas Tol Cisumdawu.

"Dengan adanya longsor itu memang terkendala tapi sedang diupayakan Juni 2022 sesuai jadwal bisa dibuka. Hanya yang beroperasi itu tentunya yang kemarin dibuka sampai daerah Sumedang," ujar Emil.

Emil juga mengatakan untuk sementara pemudik ke Sumedang bisa menggunakan Gerbang Tol Cileunyi maupun Gerbang Tol Pamulihan.

"Segmen sampai daerah Sumedang, dua exit itu saya kira bisa dimanfaatkan. Orang mudik ke Sumedang bisa gunakan lewat dua exit di jalur Cisumdawu," tuturnya.

Wakapolda Jabar Brigjen Bariza Sulfi menyatakan, Jalan Tol Cisumdawu seksi 2 baru sebatas dijadikan jalur alternatif pada saat arus mudik Lebaran tahun ini.

"Jalur Tol Cisumdawu seksi 2 tersebut belum bisa dibuka dikarenakan masih ada perbaikan dan pembersihan material longsor yang terjadi di jalur tersebut. Namun masih dapat digunakan untuk jalur alternatif apabila ada kepadatan di jalur protokol," ujar Bariza. (cnn)

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post