10 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Kucing merupakan hewan lucu dan menggemaskan. Berikut ini 10 Manfaat Memelihara Kucing. Pelihara Kucing ternyata bagus buat kesehatan kho!

10 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Kucing adalah salah satu hewan yang terkenal mampu menyerap energgi negatif yang ada di sekitar kita.

Kucing dikenal sebagai hewan kesayangan Nabi Muhammad saw. Diriwayatkan, beliau memiliki kucing peliharaan bernama Muezza. Satu hari Nabi Muhammad ingin berangkat shalat.

Ketika akan mengambil jubah, Rasulullah Saw menemukan Muezza tidur beralaskan jubah itu. Rasul tidak membangunkan tidur Muezza. Beliau justru memilih untuk memotong sebagian jubah tersebut dan membiarkan Muezza tetap tidur di atas jubah yang sudah terpotong.

Setelah pulang dari shalat, Rasulullah menemukan Muezza telah terbangun dan bersujud padanya, Rasulullah pun membalas dengan mengelus tubuh Muezza sebanyak tiga kali.

Cerita lain pun mengungkapkan, saat memberikan ceramah di rumah, Rasulullah memangku kucing bernama 

10 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Tubuh dan Mental


Secara ilmiah, memelihara kucing ternyata mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. 

Tingkah kucing yang lucu kerap membuat kita merasa terhibur. Bentuk fisik dari kucing yang mungil dan berbulu pun membuat kita gemas ingin memeluk atau sekedar mengelus tubuhnya.

Ada sebagian orang menganggap memelihara kucing tidak bagus untuk kesehatan apalagi terhadap kesehatan perempuan. Kucing dianggap mampu menyebarkan penyakit toksoplasmosis yang mampu sebabkan kematian janin bahkan kemandulan.

Padahal, ada beberapa manfaat memelihara kucing yang bisa kita rasakan. Manfaat memelihara kucing itu pun tidak hanya untuk hobi dan kepuasan diri.

Memelihara kucing akan mendapatkan manfaat lainnya yang juga baik bagi kesehatan tubuh dan mental secara ilmiah. 

1. Menghilangkan Stres

Manfaat memelihara kucing yang pertama yakni membantu menghilangkan stress. Ketika kita memelihara kucing maka kita akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan kucing dan ketika itu otak akan melepas hormon oksitosin. Hormon oksitosin ini berfungsi untuk menciptakan rasa tenang dan rileks.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health menyebut bahwa anak-anak yang berada pada usia di bawah satu tahun memiliki kemungkinan kecil terpapar alergi karena interaksi dengan terhadap kucing.

Kucing dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan menjauhkan alergi yang mungkin saja dapat menyerang tubuh.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Mengelus dan membelai kucing akan memiliki efek menenangkan yang positif. Dengan afeksi tersebut, kucing mampu menurunkan tingkat stres dan menurunkan kecemasan.

Oleh sebab itu, orang yang memelihara kucing memiliki risiko serangan jantung 30 persen lebih kecil dibandingkan orang yang tidak memelihara kucing.

4. Meminimalisir Terserang Penyakit Stroke

Keberadaan kucing di dalam rumah sebagai peliharaan akan membuat kamu tetap sabar. Kamu juga akan merasa lebih nyaman dan tenang karena selalu senang akan tingkah kucingmu.

Seseorang yang mudah mengalami stroke disebabkan karena kehidupannya tidak senang dan memiliki tekanan.

5. Mengatasi Rasa Kesepian

Manusia memiliki kebutuhan akan sentuhan, teman bicara, juga teman bermain. Manfaat itu akan kamu dapat ketika kamu memelihara kucing. Kucing juga mampu menghalau rasa kesepian ketika kehilangan orang yang dicintai.

Bermain dengan kucing dapat membantu kamu memberi dan menerima cinta. Kucing peliharaanmu akan mendengar dalam posisi duduk atau berbaring selama kamu berbicara.

6. Membantu Menjaga Lingkungan

Memelihara kucing berarti kamu akan selalu berada dalam lingkungan yang bersih. Kebersihan rumahmu akan selalu terjaga karena kebiasaan kucing yang bersih dengan selalu buang air di tempat yang telah disediakan.

Selain itu, kucing juga dapat membantu menjaga lingkunganmu dari tikus dan serangga yang berusaha masuk ke dalam rumah. Kucing akan waspada ketika ada hama yang sengaja masuk ke dalam rumah.

7. Orang yang Memelihara Kucing Umumnya Cerdas

Para peneliti yang melakukan survei di Bristol mengatakan bahwa orang yang lebih pintar cenderung bekerja dengan waktu yang lebih lama.

Karena kucing kurang membutuhkan perhatian daripada anjing, mereka adalah pilihan yang lebih baik untuk individu yang sibuk.

8. Menunjukkan Kepribadian Seseorang

Umumnya pecinta kucing adalah seorang yang lebih tenang dan cenderung introvert. Tetapi dibalik kepribadiannya itu dia adalah orang yang dapat dipercaya. Pemilik kucing juga tidak manipulatif dan tampil lebih sederhana.

9. Menumbuhkan Rasa Peduli Terhadap Sesama

Dengan adanya kucing di rumah akan menumbuhkan kepekaan dan kepedulian kamu terhadap sesama. Kebiasaan kucing juga cara mereka merespons sikapmu akan membantu mengendalikan emosi yang kamu miliki.

Kemampuan berkomunikasi dan kepedulian terhadap sesama juga sudah pasti akan meningkat.

10. Penyelamat

Meskipun kucing tidak memiliki tingkat kecerdasan seperti manusia, tetapi ada banyak cerita mengenai hebatnya kucing menyelamatkan pemiliknya dari bahaya. Contohnya adalah kucing di Montana yang membangunkan pemiliknya ketika pipa gas bocor.

Setidaknya, kucing menjadi "satpam" rumah Anda yang siap mengamankan rumah Anda dari ular, tikur, dan binatang sejenis yang suka masuk rumah.

Kucing juga diyakini memiliki kekuatan melindungi rahasia yaitu bisa menjaga rumah dari "roh jahat." Kucing memiliki kekuatan astral kuat yang mampu mengusir roh jahat secara alami.

Nah, itu dia manfaat memelihara kucing bagi kesehatan. Minimal, diijamin keseharian Anda di rumah akan "ceria" jika ada kucing. (Sumber)

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post