12 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

12 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Nyamuk adalah binatang kecil menjengkelkan dan membahayakan yang ada di sekitar kita. Kita biasa mengusir atau membasminya dengan obat antinyamuk. 

Agar kamar, ruangan, atau rumah terbebas dari nyamuk tanpa obat, kita bisa menanam atau menyimpan tanaman pengusir nyamuk. Tanaman hias atau bunga antinyamuk ini bisa kita tempatkan di beranda, teras, atau sekitar rumah.

Selain antinyamuk, jenis tanaman hias pengusir nyamuk di bawah ini juga membuat udara segar dan suasana rumah tersentuh nuansa alami.

12 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Berikut ini 12 jenis tanaman hias pengusir nyamuk atau dikenal dan teruji tidak disukai nyamuk, sebagaimana direkomendasikan New York Botanical Garden.

1. Lavender

Jenis tanaman pengusir nyamuk pertama yang sudah populer adalah bunga lavender. Sejumlah penelitian membuktikan, lavender ampuh mengusir nyamuk. Aroma harum dari minyak esensial yang terkandung di bunga lavender ternyata tidak disukai nyamuk.

Lavender Tanaman Antinyamuk

2. Rosemary

Tanaman rosemary dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk alami. Selain ampuh mengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan aromaterapi. Disimpan dalam pot, bunga ini juga cantik untuk menghiasi ruangan.

Rosemary

3. Serai Wangi (Citronella)

Serai wangi adalah tanaman yang beraroma lemon. Citronella dikenal ampuh mengusir nyamuk. Pastikan Anda membeli Citronella dari spesies Cybopogon nardus atau Citronella winterianus yang aromanya paling tajam. Tumbuhan ini cocok ditanam di iklim hangat dengan cahaya matahari berlimpah.

Serai Wangi

4. Marigold

Bunga marigold mungkin memiliki aroma yang tidak terlalu memanjakan indera penciuman. Beberapa daerah bahkan menyebut bunga ini dengan nama "bunga telekan" karena aromanya yang kurang sedap. 

Namun, justru aroma itu yang tidak disukai nyamuk. Marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk. Tanaman ini pun tak disukai kutu daun, lalat putih, dan hama serangga lainnya.

Marigold

5. Catnip

Nepeta cataria atau catnip adalah tanaman dari keluarga mint yang sering tumbuh liar di halaman atau padang rumput. 

Walaupun begitu, tanaman ini juga dipasarkan secara komersial sebagai pengusir nyamuk. Sebuah penelitian oleh Iowa State University menunjukkan, catnip sangat ampuh mengusir nyamuk.

Catnip

6. Scented Geranium (Geranium Berdaun Wangi)

Banyak spesies geranium yang ditemukan di seluruh dunia. Beberapa di antara tanaman bergenus Pelargonium ini memiliki daun yang mengandung minyak aromatik. Minyak inilah yang biasanya tidak disukai nyamuk.

Beberapa jenis geranium berdaun wangi mengandung minyak esensial yang baunya mirip dengan Citronella. Spesiesnya antara lain Pelargonium crispum, Pelargonium citronellum (Pelargonium Mabel Grey), Pelargonium x melissinum, dan Pelargonium citrosum.

Geranium Berdaun Wangi

7. Basil, Kemangi, dan Selasih Hitam

Jenis tanaman pengusir nyamuk lainnya adalah tanaman rempah daun yang juga ampuh sebagai pengusir serangga. Namanya Basil (Ocimum basilicum) yang masih bersaudara dengan kemangi.

Jenis tanaman ini memiliki aroma yang tidak disukai lalat dan nyamuk. Bukan hanya basil, aroma lemon basil alias kemangi dan cinnamon basil (selasih hitam) ternyata juga tidak disukai nyamuk.

Selasih Hitam

8. Bee Balm

Bee balm atau horsemint yang merupakan tanaman dari genus Monarda punya aroma unik. Tanaman ini disukai lebah dan kupu-kupu, namun dibenci nyamuk. 

Ternyata minyak aromatik yang terdapat di daunnya yang tidak disukai nyamuk. Selain itu, bee balm juga memiliki bunga dalam aneka corak warna yang indah.

Bee Balm

9. Mint

Daun mint bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, minuman teh, penyejuk kulit, dan perawatan kulit kepala. Aromanya yang harum ternyata cukup ampuh mengusir nyamuk.

Mint


10. Allium (Bawang-Bawangan)

Tanaman dari genus Allium memiliki aroma yang tajam. Aroma ini juga ampuh untuk mengusir serangga. Beberapa contoh tanaman dari genus Allium yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah bawang merah, bawang bombay, bawang perai, bawang daun, lokio, dan kucai.

Allium

11. Sage

Dikenal sebagai rempah daun aromatik, sage juga berfungsi sebagai pengusir serangga yang cukup efektif. Sage kering yang diolah menjadi obat nyamuk semprot buatan rumah juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk.

Sage


12. Flossflower

Ageratum houstonianum yang juga dikenal dengan nama flossflower dan bluemink memiliki bunga berwarna ungu seperti bulu halus. 

Flossflower

Bunga ini mengandung coumarin yang dapat mengusir nyamuk. Walaupun begitu, bunganya juga bisa menyebabkan keracunan jika sampai termakan oleh manusia dan hewan peliharaan.

Demikian berbagai jenis tanaman yang ampuh mengusir nyamuk dari rumah. Layak dicoba sekaligus mempercantik ruangan atau rumah.  (Merdeka)


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post