Pengertian Freelancer dan Peluang Kerjanya Saat Ini

Pengertian Freelancer dan Peluang Kerjanya Saat Ini

Freelance atau freelancer kini jadi salah satu pilihan orang untuk menambah penghasilan, bahkan sumber pendapatan utama. Berikut ini pengertian freelancer dan peluangnya.

Pengertian Freelancer

Freelancer adalah pekerja lepas yang tidak terikat sebuah perusahaan. Mereka tidak bekerja dengan gaji tetap untuk satu majikan atau perusahaan.

Menurut Dictionary, freelancer adalah seseorang yang bekerja sebagai penulis, perancang, pemain, atau sejenisnya, menjual pekerjaan atau jasa berdasarkan jam, hari, pekerjaan, dll..

Jadi, pengertian freelance adalah pekerjaan yang dilakukan secara sambilan atau lepas dan tidak terikat dengan perusahaan mana pun. 

Umumnya, orang yang bekerja freelance akan menerima pembayaran setelah menyelesaikan setiap proyek dari pihak yang membutuhkan jasa mereka.

Peluang Freelancer

Saat ini menjadi seorang freelancer merupakan salah satu cara populer untuk mencari uang melalui hobi atau bakat. Anda bebas melamar proyek yang mampu Anda kerjakan atau sukai, dan tidak harus terikat dengan pihak pemberi kerja.

Dikutip dari Forbes, menurut studi Pusat Penelitian Pensiun di Boston College, 75% pekerja wiraswasta berusia 50 tahun ke atas bekerja secara mandiri seperti pekerja lepas dan pekerja pertunjukan.

Menurut hasil survei tiga situs freelancer populer --Freelancer.com, FlexJobs.com, dan SideHusl.com, berikut ini peluang kerja secara freelance atau bidang freelancer paling banyak diminati.

1. Produser Konten

Produser konten (content producer) adalah orang yang memproduksi atau membuat konten (content creator). 

Menurut Hosting Tribunal, saat ini ada sekitar 400 juta situs web aktif di seluruh dunia. Hal itu mendorong permintaan akan orang-orang yang dapat menulis konten yang menarik.

Freelancer.com melaporkan bahwa selama kuartal pertama tahun 2021, postingan untuk penulis blog, penulis medis, dan bantuan penulisan buku semuanya diminati dan ludes.

Kunci dalam pekerjaan menulis adalah memiliki spesialisasi yang membuat Anda memenuhi syarat secara unik. 

Bila Anda memiliki keahlian sejati di suatu bidang, Anda dapat menulis lebih cepat dan berwibawa, menjangkau sumber-sumber utama, dan dapat menargetkan publikasi yang akan menghargai pekerjaan Anda.

2. Layanan Bilingual

Dalam dunia bisnis yang semakin mengglobal, kebutuhan akan orang-orang dengan kemampuan dwibahasa yang dapat menerjemahkan, mentranskripsi, dan menghasilkan konten lebih dibutuhkan daripada sebelumnya. 

Freelancer.com melaporkan bahwa posting untuk penerjemah Jerman, Prancis dan Spanyol meningkat selama kuartal pertama tahun ini (masing-masing sebesar 44%, 24% dan 18%). Dan jumlah pekerjaan bilingual jarak jauh di FlexJobs telah tumbuh 30% sejak awal Februari.

Keahlian terpenting untuk pekerjaan penerjemahan ini adalah kemampuan untuk benar-benar berbicara, membaca, dan menulis bahasa yang dicari dengan lancar.

3. Layanan Dukungan Pelanggan dan Kantor

Akhir-akhir ini banyak kegiatan perusahaan yang dilakukan secara vritual, ada kebutuhan berkelanjutan untuk penyedia dukungan kantor lepas (seperti pemegang buku, manajer media sosial, dan asisten administrasi) serta profesional layanan pelanggan yang dapat menanggapi kebutuhan dan keluhan pembeli.

4. Layanan Dukungan Kesehatan Mental

Banyak orang yang membutuhkan konsultasi kesehatan termasuk kesehatan mental selama pandemi. 

Jadi, tidak mengherankan jika FlexJobs melaporkan peningkatan 28% dalam pekerjaan fleksibel di sektor kesehatan mental sejak 2019. Sementara sebagian besar jenis pekerjaan ini -termasuk pekerja sosial, terapis, dan psikolog- memerlukan gelar yang lebih tinggi.

Misalnya, Flexjobs saat ini memiliki daftar untuk advokat, yang merupakan posisi virtual untuk memberikan dukungan kepada korban kekerasan seksual. Jenis pekerjaan lepas ini membutuhkan enam tahun pengalaman.

5. Jasa Desain dan Renovasi Rumah

Pasar perumahan yang sedang naik ini mendorong permintaan akan pekerja lepas yang dapat membantu penjual dalam menyiapkan pasar atau membantu pembeli memilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di Freelancer.com, postingan untuk desain interior, arsitektur, dan desain rumah naik setidaknya 15% selama Q1 tahun 2021. Untungnya, Anda tidak perlu menjadi desainer atau arsitek yang terampil untuk mendapatkan keuntungan dari jenis pekerjaan lepas ini.

Bagaimana Memulai Jadi Freelancer?

Bagaimana memulai profesi freelancer? Anda harus memiliki keterampilan tertentu untuk menjadi freelancer. Misalnya, menulis.

Untuk latihan menulis yang baik, saat ini sudah tersedia platform blog seperti Blogger atau Wordpress yang menjadi sarana mengasah keterampilan menulis.

Banyak lembaga memerlukan penulis untuk mengisi website mereka.  

Menurut Upwork, klien mencari pekerja lepas yang sukses untuk memecahkan masalah mereka di hampir setiap industri, pekerjaan, dan keahlian. 

Terlepas dari pekerjaan Anda, klien mencari pekerja lepas seperti Anda untuk menyelesaikan masalah mereka. Di bawah ini adalah beberapa pekerjaan lepas paling populer di tahun 2021:

  1. Pengembang perangkat lunak (software developer)
  2. Penulis
  3. Pemasar digital
  4. Pengembang web/seluler
  5. Perancang grafis

Jutaan bisnis menggunakan pasar kerja Upwork untuk menemukan pekerja lepas berbakat berdasarkan lebih dari 5.000 keterampilan dan 100+ kategori pekerjaan. Lebih dari 10.000 peluang freelance diposting di Upwork setiap hari.

Tujuh langkah menjadi freelancer di bawah ini akan memandu Anda melewati banyak rintangan umum yang dihadapi pekerja lepas baru.

1. Tentukan layanan & penawaran Anda

Mengubah keterampilan Anda menjadi layanan adalah langkah pertama untuk menjadi pekerja lepas. 

Untuk melakukan ini, Anda harus memahami bagaimana keterampilan Anda dapat membantu calon klien. Cobalah untuk menempatkan diri Anda pada posisi klien ideal Anda. Masalah apa yang mereka miliki, dan bagaimana keterampilan Anda dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut?

Sangat penting untuk menyadari bahwa klien mencari solusi untuk suatu masalah. Untuk menjadi pekerja lepas yang sukses, Anda perlu memahami situasi klien dan menggunakan layanan Anda untuk mengatasi masalah mereka. 

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan menjadi dasar bagaimana Anda mengemas keterampilan Anda sebagai sebuah layanan. Sekarang saatnya untuk membuat deskripsi singkat tentang layanan yang membantu Anda menjual layanan freelance Anda ke perusahaan. 

Coba jelaskan secara singkat apa yang dapat Anda lakukan, bagaimana Anda melakukannya, dan untuk jenis bisnis/klien apa. Jangan khawatir tentang harganya; kita akan membahasnya di langkah selanjutnya.

2. Temukan audiens target Anda

Sekarang setelah Anda memiliki layanan freelance untuk ditawarkan, Anda harus menemukan audiens target. Mulailah dengan mengidentifikasi jenis klien yang cocok untuk layanan Anda. Apakah klien-klien ini memiliki masalah dan karakteristik yang sama? Apakah mereka dalam industri tertentu?

Sebagai pekerja lepas baru, hanya menjadi hebat dalam apa yang Anda lakukan tidak cukup untuk secara otomatis membuat klien mencari Anda. Sangat penting untuk memposisikan diri Anda di depan klien potensial Anda sehingga mereka dapat belajar tentang layanan Anda. 

Anda harus berperan aktif dalam menemukan klien potensial. Bagi sebagian besar pekerja lepas, ada tiga cara untuk mendapatkan klien:

  • Platform posting pekerjaan freelance
  • Manfaatkan koneksi dan jaringan yang ada
  • Pemasaran, periklanan, dan penjangkauan

Memahami opsi mana yang paling cocok untuk Anda adalah kunci untuk menemukan klien yang relevan untuk layanan Anda.

3. Mengembangkan struktur harga

Setelah Anda mendefinisikan layanan dan target pasar Anda dengan jelas, inilah saatnya untuk menetapkan harga Anda. 

Tujuannya adalah untuk memaksimalkan jumlah yang Anda bayarkan tanpa kehilangan pekerjaan potensial. Jadi, mulailah dengan melihat pesaing Anda di pasar. Apa yang mereka kenakan untuk layanan lepas serupa?

4. Buat portofolio Anda dengan pekerjaan sebelumnya

Membuat portofolio yang menarik merupakan langkah integral untuk menjadi freelancer yang sukses. Sebagai pekerja lepas, portofolio Anda menetapkan kualitas kerja Anda dengan menunjukkan pencapaian Anda dan proyek sebelumnya. Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan—bukan hanya memberi tahu—klien apa yang mampu Anda lakukan dan nilai keahlian Anda.

Portofolio Anda harus menonjolkan cara terbaik Andaork terkait dengan penawaran layanan Anda. 

Setiap bagian dalam portofolio Anda harus melukiskan gambaran yang jelas tentang kontribusi Anda dan bagaimana proyek itu menguntungkan klien. 

Beberapa hal yang dapat dimasukkan oleh portofolio yang kuat adalah studi kasus, testimonial, hasil berdasarkan data, gambar, bagan, sampel pekerjaan, dan maket. Penting untuk menerima izin dari klien Anda sebelumnya sebelum memasukkan materi proyek mereka ke dalam portofolio Anda.

5. Tulis proposal yang bagus

Untuk memastikan awal yang sukses sebagai pekerja lepas, proyek pertama Anda harus sangat cocok dengan pengalaman dan kemampuan kerja Anda. Ketika Anda menemukan proyek yang Anda yakin dapat memberikan layanan terbaik, saatnya untuk mengajukan proposal.

Proposal yang tepat dapat berarti perbedaan antara mendapatkan pekerjaan atau tidak, jadi sangat penting untuk memiliki proposal yang sesuai untuk Anda.

6. Ciptakan hubungan dengan klien Anda

Sebagai pekerja lepas, klien Anda adalah bisnis Anda. Meskipun mungkin tampak jelas, penting untuk mengembangkan hubungan kerja yang positif dengan klien Anda. 

Pekerja lepas yang sukses membangun hubungan dengan klien daripada memikirkan pekerjaan sebagai kesepakatan satu-dan-selesai. Membangun kemitraan jangka panjang dapat menghasilkan bisnis yang berulang dan rujukan klien baru. 

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diingat saat membuat hubungan dengan klien Anda:

  • Lakukan pekerjaan yang sangat baik: Pekerjaan berkualitas tinggi diperlukan untuk kepuasan klien. Anda perlu memberikan nilai dan memecahkan masalah klien untuk memiliki kesempatan membangun hubungan jangka panjang dengan klien.
  • Berkomunikasi dengan klien: Komunikasi klien yang efektif menciptakan hubungan bisnis yang lebih kuat dan mendorong klien untuk terus bekerja dengan Anda untuk proyek-proyek masa depan.
  • Bangun kepercayaan melalui konsistensi: Dengan secara konsisten menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu dan memberikan hasil yang akurat, Anda dapat membangun kepercayaan dan menunjukkan bahwa klien Anda dapat bergantung pada Anda di masa depan.

Temukan peluang untuk memberikan nilai lebih: Dengan mengambil inisiatif, mengidentifikasi solusi baru, dan mengambil tanggung jawab tambahan, Anda menunjukkan nilai potensial Anda kepada klien dan membuka cara baru untuk bekerja sama.

7. Terus kembangkan keterampilan Anda

Freelancer dipekerjakan untuk layanan dan keterampilan yang mereka tawarkan kepada klien mereka. Akibatnya, sangat penting bagi pekerja lepas untuk secara konsisten meningkatkan keterampilan mereka, beradaptasi dengan perubahan, dan memperluas pengetahuan mereka. 

Mengikuti tren saat ini juga penting untuk memberikan tingkat layanan tertinggi kepada klien Anda. Sumber belajar online seperti Udemy, LinkedIn Learning, Coursera, dan bahkan YouTube adalah titik awal yang bagus untuk memastikan bahwa keterampilan Anda selalu mutakhir.

Demikian Pengertian Freelancer dan Peluang Kerjanya Saat Ini.

Menjadi penyiar radio juga bisa disebut sebagai freelancer. Anda bisa bergabung menjadi penyiar radio RKSB Maja FM. 

Mulailah dengan mengikuti kursus penyiar radio RBS. Anda akan mengasah keterampilan public speaking dan memulai karier sebagai penyiar, MC, podcaster, lalu youtuber, vlogger, dan peluang lainnya.*


0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post