WiFi Gratis di Ujungberung Tidak Berfungsi Sejak Lama

WiFi Gratis di Ujungberung Tidak Berfungsi sejak Lama

Jaringan WiFi di Ujungberung dari program Pemkot Bandung era Ridwan Kamil sudah tidak berfungsi lagi.

Seorang pengurus masjid di Ujungberung, Tubagus Muhamad Nur menyebut koneksi Wi-Fi telah lama mati.

"Sampai Pak Ridwan Kamil selesai menjabat walikota Bandung, WiFi-nya tidak ada lagi (putus koneksi). Tetapi alatnya masih ada, cuma gak dipake lagi,” terangnya, Kamis (1/4/2021).

Ia menyebut ada dua router WiFi di Masjid Ujung Berung, dulu keduanya selalu diaktifkan, kecuali ketika waktu salat datang. 

Kehadiran internet di masjid disebutnya bermanfaat bagi warga. Namun dampak negatifnya banyak anak-anak yang bermain terlalu lama dengan internet.

Walau dikeluhkan warga karena mendadak tidak berfungsi, ia mengaku tidak banyak berharap akan adanya pembaruan WiFi. 

“Bagi saya mau dipasang juga silakan, enggak juga silakan,” katanya.

Selain di masjid, jaringan WiFi juga disediakan di Alun-alun Ujung Berung. 

Senada dengan Tubagus, tukang ojek pangkalan, Herman, juga mengungkapkan jaringan WiFi sudah tidak berfungsi sejak Ridwan Kamil tidak menjabat walikota Bandung.

“Dulu mah 24 jam, dan bebas gak ada password. Mungkin dikhususkan bagi warga yang berkunjung ke Ujung Berung. Jadi siapa saja langsung aktif (terkoneksi). Sekarang kan sama Walikota Oded, gak dilanjutin kayaknya,” ungkap Helmi.

Ia berharap agar Wi-Fi dapat kembali diaktifkan karena dibutuhkan guna mendapatkan informasi terbaru.

Tidak Dikelola Kecamatan Ujung Berung

Linmas Kecamatan Ujung Berung, Guntur, membeberkan bahwa pengelolaan Wi-Fi bukanlah tanggung jawab dari kecamatan, melainkan oleh Pemkot Bandung sendiri.

“Kita tidak tahu menahu, kita hanya memelihara. Cuma kebetulan wilayahnya berada di Ujung Berung. Itu (fasilitas WiFi) cuma titipan,” ujarnya.

Pihaknya hanya berupaya menjaga kebersihan di lingkungan tersebut serta meninjau berbagai fasilitas yang disediakan.

“Kayak lampu mati, itu bukan kita yang kelola. Tapi (selanjutnya) kita laporkan ke Penanganan Jalan Umum (PJU). Jadi ketika ada warga yang nanyain (Wi-Fi), kita gak bisa kasih jawaban karena bukan kita yang kelola,” lanjutnya.

Berbeda dengan Helmi, Guntur berharap agar WiFi tidak diaktifkan dulu, dikarenakan masih rentan akan terjadinya kerumunan.

Perilisan Bandung Smart City

Pemkot Bandung melalui Kepala Kominfo Kota Bandung, Yana A Briliyana, mengabarkan tentang terlaksananya pemasangan router Wi-Fi di 500 titik.

Hal tersebut sebagai perpanjangan rancangan program Bandung Smart City yang telah dicanangkan sejak 2017.

Dalam keterangan yang dikutip dari humas.bandung.go.id, Selasa(30/3/2021), ia mengatakan peresmian WiFi di seluruh titik akan dilaksanakan pada 7 April 2021.

“Mudah-mudahan dengan adanya WiFi itu memberikan dampak positif bagi masyarakat," harapnya. (AB)

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post