Pengertian Radio Personality dan Onair Personality


Radio Personality dan Onair Personality adalah dua istilah di dunia siaran radio atau radio broadcasting. Keduanya merujuk pada kepribadian (personalitas). Berikut ini Pengertian Radio Personality dan Onair Personality. Catatan Kang Romel.

Pengertian Radio Personality 

Secara bahasa, radio personality adalah kepribadian radio. 

Radio Personality adalah sebutan lain untuk penyiar radio (radio announcer). Penyiar radio disebut radio personality karena ia mewakili stasiun radionya saat siaran.

Penyiar harus mencerminkan visi-misi program dan stasiun radionya selama siaran. Ia mematuhi format siaran dan arahan program director. 
 
Seorang radio personality bisa menjadi seseorang yang memperkenalkan dan membahas genre musik; membawakan acara talkshow radio atau bincang-bincang yang mungkin menerima panggilan dari pendengar; mewawancarai selebritas atau tamu (narasumber); atau menyampaikan berita, info cuaca, olahraga, atau informasi lalu lintas. 

Pengertian Onair Personality

Onair personality secara bahasa artinya kepribadian udara. Maksudnya, penyiar harus "acting" saat siaran.

Sebagai aktor, selam siaran ia harus menunjukkan kepribadian yang mencerminkan identitas radio, juga visi dan misi radio.

Secara umum, kepribadian seorang penyiar selama mengudara (siaran) menunjukkan pribadi yang ramah, santun, riang, ceria, supel, berwawasan luas, dan mudah akrab dengan orang (pendengar).

On Air Personality artinya kepribadian yang “ditunjukkan” oleh seorang penyiar selama siaran di radio. Bisa juga dipahami sebagai sikap (attitude) penyiar selama ia membawakan acara.

Demikian Pengertian Radio Personality dan Onair Personality.